Friday, 29 June 2018

10 Pekerjaan Bagi Lulusan SMA dan SMK

10 Pekerjaan Bagi Lulusan SMA dan SMK_ Lulusan SMA bisa kerja apa? Jangan rendah diri dulu karena ada banyak lowongan kerja untuk lulusan SMA, jadi anda tak perlu khawatir, walaupun saat ini persaingan untuk mendapatkan kerja cukup ketat. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya lulusan perguruan tinggi yang juga masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan.

10 Pekerjaan Bagi Lulusan SMA dan SMK

Jika kita mencoba meng-komparasi antara lulusan SMA dan lulusan kuliah dalam hal opsi untuk diterima kerja, maka sudah pasti lulusan kuliahan lebih diprioritaskan.

Namun rezeki seseorang tidak ada yang tahu, walaupun anda hanya lulusan SMA bukan tidak mungkin anda bisa sukses dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Beberapa pekerjaan memang masih menerima ijazah lulusan SMA.

Rencana setelah tamat SMA memang perlu dibuat agar anda tidak bingung nanti mau kerja apa setelah lulus SMA. Sebenarnya pilihan setelah lulus SMA bisa dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi/kuliah, tapi jika anda masih kekurangan biaya, anda bisa mencari dulu lowongan kerja yang cocok untuk pribadi anda (sesuai bakat dan minat), jika sudah punya biaya anda bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Lantas lowongan kerja untuk lulusan SMA atau SMK sederajat apa saja sih? Berikut beberapa pekerjaan yang bisa didaftari dengan ijazah SMA, SMK.

10 Pekerjaan Bagi Lulusan SMA dan SMK

1. Mendaftar polisi
Bagi anda siswa lulusan SMA yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dan ingin langsung bekerja, maka opsi pertama yang bisa anda coba adalah dengan mendaftar untuk menjadi anggota kepolisian republic Indonesia/anggota polisi

Memangnya bisa mendaftar polisi dengan ijazah SMA? Yah sudah pasti bisa, jabatan sebagai polisi juga merupakan bagian dari apratur sipil Negara (ASN) atau sering kita sebut dengan PNS, jadi ada banyak sebenarnya jika bekerja sebagai PNS. Untuk mengetahui apa saja kelebihan menjadi PNS, anda bisa baca artikel berikut. (Baca juga: 10 Keuntungan menjadi PNS )

Jika anda lulus sebagai anggota polisi dengan ijazah SMA memang masih dalam golongan II (golongan PNS) kalau tidak salah, tapi jangan berkecil hati, pangkat dan golongan anda bisa naik jika masa pengabdian anda sudah memasuki rentang waktu tertentu atau masuk dalam kategori polisi berprestasi.

2. Mendaftar tentara
Jika anda memiliki cita-cita untuk menjaga Negara kita tercinta dari gangguan asing namun hanya memiliki ijazah SMA maka cita-cita anda masih bisa diwujudkan dengan mendaftar menjadi tentara.

Namun untuk menjadi tentara sudah pasti harus memiliki nyali besar, soalnya tugas TNI salah satunya adalah berperang.

Untuk mendaftar tentara anda harus memiliki tinggi badan yang sesuai dengan standar minimal beserta harus melalui beberapa tahapan ujian agar bisa lulus menjadi anggota TNI (tentara nasional Indonesia).

3. Bekerja di Afamidi, Alfamart dan Indomaret
Salah satu opsi yang bisa anda pilih dengan ijazah lulusan SMA yang anda miliki adalah dengan memcoba melamar kerja di Afamidi, Alfamart dan Indomaret. Perusahaan Afamidi, Alfamaet dan Indomaret menerima karyawan yang lulusan SMA, SMK sederajat.

Dan yang paling penting bahwa jika anda bekerja di Afamidi, Alfamart dan Indomaret bisa meniti karir dari jabatan rendah ke jabatsn yang tinggi, karena di Afamidi, Alfamaet dan Indomaret
menerapkan system jenjang karir, jadi usahakan bisa mejadi karyawan yang teladan dan berprestasi.

4. Pegawai Lapas (lembaga pemasyarakatan)
Satu lagi pekerjaan yang bisa anda daftari bermodalkan ijazah SMA/SMK yakni sebagai pegawai lembaga pemasyrakatan. Untuk masalag gaji, pegawai lapas memiliki gaji yang cukup tinggi, mengingat tugasnya yang memang cukup berat yakni menjaga para tahanan.

Pegawai lapas juga termasuk sebagai apratur sipil Negara (ASN)/PNS, jadi pekerjaan sebagai pegawai lapas merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Jadi jika anda bingung mau kerja apa setelah lulus SMA maka profesi sebagai pegawai lapas bisa anda coba.

5. Bekerja sebagai sales
Tahukan apa sales itu? Kalau belum tahu, berikut sedikit penjelasannya. Sales adalah orang yang bertugas untuk menjual produk tertentu. Misalnya saja sales produk kecantikan, sales perumahan (bertugas memasarkan perumahan), sales makanan dan lain-lain.

Berapa gajinya? Gajinya biasanya tergantung berapa banyak produk yang anda bisa jual, jagi jika anda berhasil menjual banyak produk maka komisi anda kan banyak dan sebaliknya jika yang anda jual hanya sedikit maka komisi anda akan kurang.

Profesi sebagai sales membutuhkan orang yang cakap, komunikatif dan pintar dalam memasarkan barang. Misalnya saja jika anda seorang sales perumahan maka anda harus memperbanyak teman yang lagi membutuhkan rumah atau ingin membeli rumah dan komisi untuk sales perumahan cukup besar bisa sampai 2-5 juta per unit yang mampu anda jual.

6. Penulis artikel
Jika adalah lulusan SMA dan punya bakat menulis maka pekerjaan yang bisa anda coba untuk tekuni adalah sebagai penulis artikel. Berapa bayaran untuk setiap artikel yang anda tulis? Bayarannya bisa mulai dari 20-50 ribu,semua tergantung dari kualitas tulisan anda.

Dimana artikel tersebut bisa dijual? Ada beberapa website menerima/membeli tulisan seperti jalantikus.com, babe.com dan lain-lain.

7. Karyawan perusahaan
Hal yang patut anda tahu, bahwasanya saat ini masih banyak perusahaan yang meneriman karyawan yang lulusan SMA sederajat, yang perlu anda lakukan adalah memperbanyak mencari informasi tentang lowongan kerja untuk lulusan SMA dan SMK.

8. Satpam
Mungkin anda mengira jabatan sebagai satpam memiliki gaji yang kecil, padahal gaji satpam cukup lumayan, bisa 1 jutaan ke atas. Kerjaan satpam pun tidak terlalu susah, hanya mengawasi dan menjag keamanan tempat dia bekerja

9. Menjadi blogger dan youtuber
Sebagai seorang lulusan SMA anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah blogger dan youtuber. Blogger adalah penulis  yang mengupload tulisannya di blog sedangkan youtuber adalah pembuat video yang mengupload video hasil karyanya di youtube.

Blog dan youtube sama-sama bisa menghasilkan uang jutaan sampai ratusan juta rupiah, jika anda ingin belajar youtube dan blog anda bisa searching di google.com yang merupakan mesin pencari yang akan menelusuri di dunia maya seputar hal apa yang anda cari.

10. Berwirausaha
Orang yang telah lulus SMA sudah pasti memiliki bekal ilmu yang mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Wirausaha adalah hal yang bisa anda coba lakukan setelah lulus SMA. Dengan bekal pengalaman dan ilmu yang didaptkan saat SMA, bisa menjadi modal awal untuk memulai suatu usaha yang meiliki prosepek menjanjikan.

Bagaimana cara memulai usaha? Untuk memulai usaha seorang mesti memerhatikan, usaha apa yang memiliki prospek menjanjikan, kondisi lingkungan, kebutuhan masyarakat dan sesuaikan dengan modal yang anda miliki. Apa kelebihan menjadi wirausaha? Sudah pasti dengan berwirausaha anda akan menjadi bos atas usaha anda sendiri.

Kemampuan membaca peluang usaha dan kemampuan manajemen usaha adalah hal yang sangat penting untuk dipahami karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha anda. Pemasaran usaha anda bisa melalui online maupun secara konvensional (melalui teman sekolah, keluarga dan lain-lain).

Demikianlah 10 Pekerjaan Bagi Lulusan SMA dan SMK yang bisa anda coba lakukan agar bisa sukses dalam hidup anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon