Wednesday, 25 July 2018

12 Hal yang harus dilakukan Guru dalam Pembelajaran

Tags
12 Hal yang harus dilakukan Guru dalam Pembelajaran_ Sebagai orang yang bertugas menjelaskan sesuatu, guru harus berusaha membuat sesuatu menjadi jelas bagi peserta didik, dan berusaha lebih terampil dalam memecahkan masalah. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam pembelajaran.


Lantas hal apa saja yang mesti diperhatikan guru dalam menerapkan suatu metode dalam proses pembelajaran? Berikut ulasannya.

Baca juga: 10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang

12 Hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar

1. Membuat ilustrasi 
Pada dasarnya ilustrasi menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari peserta didik dengan sesuatu yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama memberikan tambahan pengalaman kepada mereka.

2. Mendefinisikan
Meletakkan sesuatu yang dipelajari secara jelas dan sederhana, dengan menggunakan latihan dan pengalaman serta pengertian yang dimiliki oleh peserta didik.

3. Menganalisis
Membahas masalah yang telah dipelajari bagian demi bagian, sebagaimana orang mengatakan:”cuts the learning into chewable bites”.

4. Mensintesis
Mengembalikan bagian-bagian yang telah dibahas ke dalam suatu konsep yang utuh sehingga memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain Nampak jelas, dan setiap masalah itu tetap berhubungan dengan keseluruhan yang lebih besar.

5. Bertanya
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berarti dan tajam agar apa yang dipelajari menjadi lebih jelas, seperti yang dilakukan Socrates.

6. Merespon
Mereaksi atau menanggapi pertanyaan peserta didik. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru dapat merespon pertanyaan peserta didik.

7. Mendengarkan
Memahami peserta didik, dan berusaha menyederhanakan setiap masalah, seta membuat kesulitan Nampak jelas baik bagi guru maupun peserta didik.

8. Menciptakan kepercayaan
Peserta didik akan memberikan kepercayaan terhadap keberhasilan guru dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi dasar.

9. Memberikan pandangan yang bervariasi 
Memberikan pandangan yang bervariasi melihat bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang, dan melihat masalah dalam kombinasi yang bervariasi.

10. Menyediakan media 
Menyediakan mediauntuk mengkaji materi standar, memberikan pengalaman yang bervariasi melalui media pembelajaran, dan sumber belajar yang berhubungn dengan materi standar.

11. Menyediakan metode pembelajaran
 Menyediakan metode pembelajaran menyesuaikan metode pembelajaran dengan kemampuan dan tingkat perkembangan peserta didik serta menghubungkan materi baru dengan sesuatu yang telah dipelajari.

12. Memberikan nada perasaan
Memberikan nada perasaan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan hidup melalui antusias dan semangat.

Demikianlah 12 Hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar, semoga artikel ini bermanffat untuk anda. Jika masih ada hal yang belum jelas atau jika anda memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon