Sunday, 26 February 2017

10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang

Tags
10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang_ Suasana kelas yang kondusif dan nyaman merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap fokus belajar siswa, kelas yang kondusif meliputi beberapa hal seperti, ruangan kelas yang nyaman, fasilitas di dalam kelas yang memadai, sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang baik. Namun selain itu kemapuan guru dalam memanejeman kelas/mengelola kelas juga memiliki pengaruh terhadap suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.

10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang
10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang

Kelas yang tidak kondusif membuat situasi pembelajaran tidak efektif dan menyenangkan, alhasil membuat siswa tidak bisa maksimal dalam memahami materi pembelajaran, selain itu guru juga akan mengalami kesulitan dalam memberi penjelasan dan pemahaman kepada siswa tentang materi pelajaran yang diajarkan. Beberapa faktor penyebab pembelajaran menjadi kondusif juga disebabkan oleh siswa maupun guru. Berikut faktor-faktor yang menjadi pemicu kelas menjadi tidak kondusif.
 
Faktor pemicu kelas menjadi tidak kondusif

1. Siswa yang ribut dan tidak konsen pada pembelajaran.
2. Siswa yang jenuh dengan metode pembelajaran yang diterapkan guru,
3. Terdapat siswa hiperaktif yang suka menganggu temannya yang lain,
4. Guru yang tidak kreatif dan monoton serta cenderung menerapkan metode pembelajaran yang membosankan.
5. Guru yang kurang tegas sehingga siswa tidak mau mengikuti instruksi guru.
6. Siswa yang mulai kelelahan/kecapean (biasanya pada jam-jam terakhir)
7. Guru yang terlalu otoriter dalam mengajar
8. Motivasi belajar yang mulai berkurang
9. Jumlah siswa yang banyak sedangkan ruang kelas yang tidak cukup luas

Dari gambaran diatas dapat kita ketahui ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kelas menjadi tidak kondusif sehingga berpengaruh pada proses pembelajaran, jadi bagaimana cara mengatasi kelas yang tidak kondusif dan menciptakan suasana pembelajaran yang aktraktif dan menyenangakan. berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk membuat kelas menjadi kondusif dan tenang.

10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang

1. Menerapkan metode/model pembelajaran yang bervariasi.
Kelas yang kondusif sangat dipengaruhi oleh "MOOD" siswa untuk mengikuti pelajaran, metode pembelajaran yang monoton dan itut-itu saja membuat siswa merasa jenuh dan bosan maka dari alangkah baiknya dalam mengajar cobalah beberapa model/metode pembelajaran yang meyenangkan agar siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga perasaan bosan  mengikuti pembelajaran bisa diminimalisir.

2. Menjadi guru yang tegas
Biasanya suasana belajar tidak kondusif disebabkan oleh guru yang kurang tegas terhadap anak didiknya sehingga siswa kebanyakan bermain-main atau melakukan aktivitas lain sementara gurunya sibuk menjelaskan. Alngkah baiknya seorang guru memiliki ketegasan agar murid lebih menghargainya, tegas bukan berarti keras  namun lebih tepatnya memiliki soul inside atau kharisma sehingga murid lebih segang untuk melakukan hal yang kurang baik saat belajar.

3. Menyepakati aturan bersama
Langkah selanjutnya yang bisa anda coba untuk mengatasi kelas yang tidak kondusif adalah membuat aturan bersama siswa, misalkan aturan tata tertib, perilaku dan lain-lain hal ini bertujuan agar siswa tidak melakukan sesuatu yang diluar batas wajar. untuk hukuman jika melanggar aturan yang telah disepakati bersama bisa dengan memberikan hukuman yang mendidik seperti, membersihkan ruang kelas, hafal perkalian.

4. Menjadi guru yang menyenangkan
Membangun komunikasi yang baik, menganggap siswa sebagai anak sendiri, mendengarkan keluh-kesah siswa, minta saran dan pendapat dari siswa adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar disenangi oleh siswa. Kurangi sikap otoriter dalam belajar dan berusahalah menjadi guru yang dirindukan oleh siswa anda.

5. Atur posisi duduk siswa sebaik mungkin
Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang adalah mengatur posisi duduk siswa sebaik mungkin. Posisi duduk siswa bisa juga menjadi penyebab kelas menjadi kurang kondusif, anda bisa merotasi tenpat duduk siswa, anda juga bisa menempatkan anak yang nakal dan suka menganggu temannya di posisi depan agar bisa diawasi. sekali-kali model tempat duduk juga bisa dirubah sperti model tapal kuda, model diskusi, model berhadapan.

6. Mendesain kelas agar nyaman
Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang adalah mendesain kelas agar nyaman. Kelas yang pengap, sempet, berdebu, kotor, bau dan sirkulasi udara yang kurang baik bisa menjadi penyebab pmebelajaran menjadi kurang kondusif. Maka dari itu usahakan agar kelas bisa menjadi ruangan yang sejuk dengan desain yang indah agar siswa merasa betah berada di kelas, selain itu anda bisa menpercantik kelas anda dengan memajang media-media pembelajaran yang bervariasi di dinding kelas

7. Biarkan siswa berkereasi
Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang adalah dengan memberi kesempatan pada siswa untuk berkreasi. Guru adalah fasilitator, motivator, katalisator dan mediator. Guru tidak boleh otoriter dan menguasai pembelajaran namun biarkan siswa yang lebih berkreasi. bukan teacher center melainkan student center, guru memposisikan diri sebagai media, pengarah, motivator.

8. Belajar diluar ruangan
Mungkin persepsi kita selama ini tentang kelas agar keliru, sebagian mengartikan kelas sebagai tempat belajar padahal hal tersebut kurang tepat karena arti kelas adalah rombongan belajar. Misalkan kelas I artinya rombongan belajar tingkat pertama. jadi ajaklah siswa anda belajar diluar ruangan biarkan mereka belajar secara kontekstual dan bermakna.

9. Memberi nasehat.
Nasehat adalah cara yang bijaksana untuk menyentuh hati siswa agar mau berubah menjadi lebih baik, ajaklah atau tenangkan suasana kelas kemudian berikan nasehat yang bisa membuat siswa menjadi sadar akan tugasnya sebagai siswa. Dengan nasehat yang tepat dan baik akan membuat siswa akan sadar sendiri dengan tugas dan tanggung jawabnya sehingga lebih bersungguh-sunggu untuk mengikuti pelajaran.

10. Bercanda
Agar pembelajaran  bisa menyenangkan, terlalu serius juga kurang baik sebaiknya diselingi beberapa candaan lebih tepatnya candaan positif. Dengan menyelingin pembelajaran dengan sedikit candaan maka suasana pembalajaran tidak menjadi tegang dan tidak kakuh sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

Demikianlah 10 Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang yang bisa anda coba aplikasikan dalam proses belajar mengajar. semoga artikel ini tentang Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon