Memahami Perbedaan Rapid Test Corona dan Swab Test Corona

Memahami Perbedaan Rapid Test Corona dan Swab Test Corona_ Masyarakat saat ini harus menerima kenyataan bahwa mereka harus mulai membatasi diri dalam bersosialisasi guna mencegah penularan Virus Covid-19 atau biasa dikenal dengan Virus Corona, pasalnya penyebaran virus corona saat ini sudah sangat massive dan telah terdeteksi atau ditemukan di lebih dari 200 negara di dunia, kondisi tersebut menyebabkan beberapa negara melakukan Lock Down dan sebagian negara menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).


Selain membatasi diri untuk beraktivitas di tempat umum, masyarakat juga dihimbau untuk mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna meminimlisir resiko tertular virus Covid-19, pasalnya dalam beberapa kasus orang yang positif Covid-19, beberapa orang tidak menunjukan gejala telah tertular covid-19 padahal mereka telah positif terjangkit Covid-19.

Untuk mengetahui persebaran virus Covid-19 sebaiknya pemerintah melakukan pemeriksaan massal atau tes massal karena salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah keberadaan orang yang terinfeksi virus Covid-19 namun tak bergejala atau biasa disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada ditengah-tengah masyarakat yang menjadi carrier virus Covid-19 

Lantas bagaimana prosedur yang dilakukan oleh tim medis dalam mendiagnosa seseorang bahwasanya yang bersangkutan telah terjangkit Covid-19. Biasanya ada dua kali tes yang biasa dilakukan oleh team medis dalam mengecek kondisi seseorang, apakah positif atau negatif virus Covid-19, yakni Rapid Test Corona dan Swab Test Corona.

Apa sih perbedaan Rapid Test Corona dan Swab Test Corona?

1. Rapid Test Corona
Rapid Test Corona adalah pemeriksaan awal yang dilakukan oleh tim medis dengan mengambil darah dari pasien yang melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah telah terpapar Covid-19 atau tidak. Sampel darah yang diambil melalui Rapid test selanjutnya akan diperiksa oleh team medis untuk mengetahui apakah darah sampel dari pasien tersebut atau orang yang bersangkutan memperlihatkan adanya IgG atau tidak yang terbentuk dalam tubuh. 

Jika dalam darah pasien menunjukan adanya kandungan IgG maka pasien tersebut akan dinyatakan positif ada infeksi, namun hasil pemeriksaan tersebut bukanlah diagnosa yang menggambarkan infeksi Covid-19, sehingga orang yang dinyatakan positif saat Rapid Test perlu melakukan pemeriksaan selanjutnya, yakni pemeriksaan Swab Test. Berapa lama hasil pemeriksaan Rapid Test akan diketahui? Biasanya hasil pemeriksaan Rapid Test akan diketahui hanya membutuhkan waktu 10-15 Menit saja.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Rapid Test dalam mendeteksi seseorang telah terpapar virus Covid-19? Kelebihan metode Rapid Test adalah mudah dilakukan dan cepat keluar hasil pemeriksaan pasien sehingga bisa segera dilakukan tindakan tepat selanjutnya.

Namun kekurangan dari metode Rapid Test adalah tidak bisa memastikan dengan akurat seseorang telah terpapar Covid-19 atau tidak, dan misalnya anda tertular hari ini maka dibutuhkan sampai 7 hari tubuh untuk mengeluarkan antibodi dan anti bodi inilah yang akan dideteksi melalui Rapid Test sehingga kemungkinan orang yang bersangkutan telah terpapar Covid-19. Akan tetapi jika seseorang tertular Covid-19 hari ini dan besok melakukan Rapid Test maka hasilnya kemungkinan negatif padahal sejatinya orang tersebut telah terpapar Covid-19 sehingga adang disebut sebagai negatif palsu.

2. Swab Test Corona
Swab Test Corona adalah pemeriksaan untuk mendeteksi Virus Covid-19, Swab Test juga biasa disebut PCR (Polymerase Chain Reaction), Prosedur Swab Test Corona adalah dimana petugas medis akan mengambil sampel Apus dari pernapasan melalui mulut atau hidung, selanjutnya sampel Apus tersebut akan diperiksa di bawah miskroskop untuk mengetahui ada tidaknya DNA virus corona

Siapa yang sebaiknya melakukan Swab Test Corona? Yang mestinya melakukan Swab Test Corona
1. Orang dalam Pengawasan (ODP)
2. Pasien dalam Pengawasan (PDP)
3. Pasien yang hasil Rapid Test Positif
4. Orang yang pernah kontak dengan Pasien Covid-19

Prosedur Swab Test Corona bisa dilakukan melalui hidung dan tenggorokan, adapun prosedur Swab Test Corona melalui tenggorokan adalah sebagai berikut:

Prosedur Swab Test Corona melalui tenggorokan
Pertama-tama pasien disuruh untuk membuka mulut lebar-lebar, setelah itu dokter yang bertugas akan mulai memasukan alat swab ke dalam mulut pasien sampai ke belakang tenggorokan, selanjutnya dokter akan mengambil sampel apus dari pasien.

Prosedur Swab Test Corona melalui mulut
Pertama pasien akan diminta bernafas melalui hidung untuk mengecek ada atau tidak sumbatan dalam hidung pasien, selanjutnya pasien diarahkan untuk mendongak kemudian tim medis akan memasukan alat swab berbentuk cotton bud melalui hidung hingga mencapai bagian belakang hidung terkahir tim medis akan mengambil sampel dari pasien tersebut.

Setelah selesai, sampel akan dimasukan ke dalam tabung untuk dikirim ke laboratorium, dan untuk hasilnya tingga ditunggu apakah positif atau negatif covid-19.

Bagaimana sudah mulai paham kan perbedaan Rapid Test Corona dan Swab Test Corona, semoga artikel ini bisa membantu anda semua.

0 Response to "Memahami Perbedaan Rapid Test Corona dan Swab Test Corona"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close