6 Tantangan Menjadi Seorang Blogger

Tantangan Menjadi Seorang Blogger_ blogger merupakan salah satu profesi yang cukup diminati, hal tersebut tak lepas dari berbagai penghasilan yang bisa didapatkan jika menjadi seorang blogger. Blogger yang sukses bisa mendapatkan penghasilan bahkan ratusan juta rupiah per bulan dari website yang dikelolanya.

Pendapatan dari profesi sebagai blogger bisa didapatkan melalui banyak sumber, hal tersebut yang mungkin membuat sebagian blogger bisa menghasilkan uang yang lumayan banyak dari menggeluti profesi sebagai blogger. Adapun sumber pendapatan seorang blogger misalnya saja:
  1. Pendapatan dari kerjasama sebagai publisher Google AdSense
  2. Pendapatan dari program afiliasi, di mana produk atau jasa afiliasi dipasarkan melalui blog atau website
  3. Pendapatan dari mereview produk
  4. Pendapatan dari konten placement atau backlink
  5. Pendapatan dari pemasangan banner iklan oleh perusahaan ataupun individu.
  6. Pendapatan dari mempromosikan produk bisnis atau barang milik sendiri di platform blogger atau website sendiri
Dari dari berbagai macam sumber pendapatan yang bisa diraih bisa menjadi seorang blogger, maka tak heran semakin hari jumlah blogger di Indonesia semakin bertambah. Namun walaupun demikian tidak sedikit blogger pemula yang akhirnya berhenti menjadi blogger karena ekspektasi untuk mendapatkan pendapatan dari blog ternyata tidak sesuai dengan realita.

Perlu kalian ketahui bahwa jika kalian ingin memutuskan menjadi seorang blogger, tidaknya kalian harus tahu tantangan-tantangan apa saja yang kemungkinan bisa kalian dapatkan jika memutuskan menjadi seorang blogger dan berharap bisa punya pendapatan dari blog yang kalian miliki.

6. Tantangan Menjadi Seorang Blogger

1. Harus konsisten menulis artikel
Berdasarkan pengalaman saya menekuni dunia blogger kurang lebih 8 tahun, bahwasanya agar traffic blog bisa meningkat atau tidak berkurang, maka kita harus selalu konsisten menulis artikel atau mempublikasikan artikel di blog atau website yang kita miliki.

Karena dengan konsisten mempublikasikan artikel maka akan ramai pengunjung, dan memang algoritma Google yang notabene sebagai penguasa search engine lebih memprioritaskan blog yang aktif mempublikasikan konten dan berumur.

Sehingga walaupun kalian dalam kondisi mungkin kurang mood atau lagi capek, kalian dipaksa untuk terus menerus mengupdate postingan yang ada di blog kalian agar tetap bisa konsisten, sehingga traffic blog kalian tidak menurun.

Apa yang saya paparkan di atas bukan suatu teori belaka, karena penulis juga pernah vakum dalam menulis artikel dan mempublikasikannya di blog milik saya, sehingga traffic blog saya menurun, adapun traffic blog saya kembali meningkat setelah saya mulai kembali konsisten menulis dan mempublikasikan artikel di blog saya.

2. Jumlah blogger yang sangat banyak
Saat ini jumlah blogger yang ada di Indonesia sudah sangat banyak, bahkan tiap hari bisa jadi semakin banyak blogger blogger pemula bermunculan untuk bisa meraih cuang dari blog 

Jumlah blogger yang sangat banyak pastinya akan menjadikan kompetisi meraih halaman 1 Google sangat kompetitif, apalagi untuk meraih juara 1 di Google untuk artikel yang ditulis cukup berat, bahkan jika tema atau judul artikel yang kalian tulis itu adalah tema dengan kata kunci atau dengan pencarian yang sangat banyak di Google maka persaingan untuk bisa menembus uang Google cukup berat.

Sehingga jangan heran bagi kalian blogger pemula, jika jumlah orang yang membaca artikel kalian yang telah diposting hanya hitungan jari, namun bila kalian tetap konsisten dan melihat profesi sebagai blogger itu butuh proses maka suatu saat nanti traffic blog kalian akan banyak.

3. Bermunculannya media sosial lainnya
Jika dulu media sosial yang cukup populer misalnya saja YouTube Facebook dan blog atau website, saat ini ada banyak media sosial lainnya yang bersifat informatif memberikan edukasi seperti halnya informasi yang biasanya didapatkan di website.

Sosial media yang saya maksud misalnya saja Tik tok, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Jadi jika biasanya orang jika ingin mempelajari sesuatu atau ingin mengatasi sesuatu mereka tinggal searching di Google dan tinggal membaca artikel yang terkait dengan informasi yang dibutuhkan.

Maka dengan kehadiran platform media sosial seperti Tik tok dan lain-lain menjadi opsi bagi orang yang sedang mencari informasi untuk mencari informasi melalui platform media sosial tersebut.

Apalagi jika konten konten informasi yang mereka cari bersifat tutorial maka pastinya mencari informasi di tik tok maupun YouTube lebih worth it karena berbentuk audio visual atau dalam bentuk video beda halnya konten yang di posting di website yang sebagian lebih kepada tulisan atau artikel.

4. Banyak persyaratan untuk bisa diterima sebagai publisher Google AdSense
Salah satu sumber pendapatan yang bisa didapatkan oleh seorang blogger adalah dengan menjadi publisher Google AdSense, di mana blogger tersebut menampilkan iklan-iklan Google di website mereka, sehingga ketika ada pembaca yang mengklik iklan tersebut maka blogger tersebut akan mendapatkan bayaran.

Namun karena saat ini semakin banyak blogger, maka untuk bisa diterima sebagai publisher Google Adsense ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi.

Sehingga tidak jarang banyak blogger yang butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan baru kemudian bisa diterima untuk menjadi publisher Google AdSense.

5. Butuh traffic besar untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak
Agar kalian bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan sampai ratusan juta melalui website kalian, salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalah meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung website kalian.

Kamu untuk meningkatkan jumlah pengunjung website kalian bukan pekerjaan yang mudah, karena agar bisa banyak yang mengunjungi website kalian terutama artikel-artikel yang telah kalian tulis di website, kalian harus mampu membuat artikel tersebut ada di halaman Google nomor 1 minimal bahkan kalau perlu ada di posisi juara 1 di Google artikel kalian tersebut.

Karena secara fsikologis biasanya ketika orang membuka Google, artikel yang biasanya dibuka atau dibaca adalah artikel yang ada di urutan pertama atau juara 1 di Google, walaupun artikel kalian lengkap dan sangat informatif namun ada di halaman 2 atau halaman 3 maka kemungkinan untuk dibaca tidak besar.

Padahal agar kalian bisa mendapatkan banyak uang dari Google AdSense minimal kalian harus punya banyak pengunjung atau pembaca artikel, semakin banyak yang mengunjungi website kalian maka peluang orang yang membuka website tersebut untuk mengklik iklan Google Adsense kalian semakin besar.

Selain itu sumber pendapatan yang bisa kalian dapatkan melalui konten placement dan backlink, itu biasanya orang tertarik memasang nya di blog yang memiliki traffic tinggi atau pengunjung yang banyak.

Jadi rumusnya adalah semakin banyak pengunjung website maka peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak semakin terbuka lebar dan sebaliknya jika pengunjung sedikit maka konsekuensinya adalah jumlah pendapatan dari website juga akan kurang.

6. Algoritma Google yang terus berubah-ubah
Sebagai seorang blogger yang sudah berpengalaman selama 8 tahun menekuni profesi sebagai blogger, salah satu tantangan yang saya hadapi adalah algoritma Google yang senantiasa berubah-ubah atau selalu di-upgrade

Jadi dalam penentuan perangkingan artikel di Google, walaupun artikel yang kalian tulis lengkap dan memiliki jumlah kata yang sangat banyak namun jika tidak sesuai dengan algoritma Google maka akan kalah rankingnya dengan artikel yang lain dengan jumlah kata dalam artikel tersebut yang hanya sedikit.

Algoritma Google ini menjadi tantangan yang berat bagi blogger karena harus mampu di pelajari dan diimplementasikan dalam menyusun blog mereka.

Besarkan beberapa tantangan menjadi seorang blogger, apakah kalian tetap berminat untuk menjadi blogger atau memutuskan untuk menggeluti profesi lain? Silakan ungkapkan pendapatnya di kolom komentar



0 Response to "6 Tantangan Menjadi Seorang Blogger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close