7 Tips Memilih Sofa yang Tepat

Tips Memilih Sofa yang Tepat _ Salah satu perabotan rumah yang bisa membuat penghuni rumah semakin nyaman berada di rumah adalah sofa/kursi, sofa juga menjadi asesoris yang bisa membuat tampilan ruangan semakin menarik dan semakin mempercantik view rumah anda. Namun terlepas dari semua unsur estetikanya sofa memang memiliki peranan yang signifikan dalam suatu rumah. Sofa bisa mejadi tempat untuk duduk istirahat sambil melepaskan penat setelah bekerja seharian atau menjadi tempat berkumpul duduk bersama anggota keluarga sambil berdiskusi hal-hal ringan.

Sumber: https://dekorasirumahjati.com/

Seperti yang kita ketahui ukuran rumah setiap orang berbeda dengan bahasa lain terdapat rumah yang berukuran besar dan rumah berukuran kecil, hal tersebut sudah pasti membuat ukuran ruangan dalam rumah tersebut berbeda, selain besarnya bangunan warna rumah dan desain rumah juga antara rumah yang satu dengan yang lain berbeda.

Baca juga: Tips merawat rumah berkonsep joglo modern

maka dari itu dalam memilih untuk membeli sofa sebaiknya memerhatikan beberapa hal atau mempertimbangkan beberapa hal agar sofa yang dibeli bisa pas dengan kondisi ruangan dimana sofa tersebut akan disimpan. Lantas apa saja yang mesti diperhatikan oleh anda sebelum memutuskan untuk membeli sofa yang tepat? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba lakukan

Tips Memilih dan Membeli Sofa yang Tepat 

1. Kualitas dan Ketahanan Sofa
Hal pertama yang patut menjadi perhatian saat akan membeli sofa adalah "kualitas". Jangan hanya karena modelnya yang bagus dan menarik terus mengabaikan kualitas sofa tersebut, tidak jarang kita membeli sofa dengan harga yang mungkin terbilang mahal namun tidak terlalu memuaskan kualitasnya.

Anda mau bukan punya sofa yang bisa digunakan tahan lama? maka dari itu, sebaiknya sebelum membeli silahkan tanya-tanya penjual tentang bahan-bahan atau material yang digunakan untuk membuat sofa tersebut. Bisa juga anda memeriksa secara detail dari sofa tersebut untuk mengetahui kualitasnya.

Berdasarkan fakta, tidak sedikit sofa yang sudah berusia puluhan tahun namun tetap bagus dan kuat, hal tersebut tak lepas dari kualitas material sofa tersebut. Jadi jangan terburu-buru membeli sofa yang kamu anggap bagus namun pastikan dulu kualitas dan ketahanan sofa tersebut.

2. Desain Sofa yang Elegan dan Dinamis
Pastinya sebelum membeli sofa kemungkinan besar anda akan berfokus pada desain sofa yang akan dibeli, bahkan bisa jadi keinginan untuk memerhatikan desain lebih besar dari pada memperhatikan kualitas sofa tersebut. Bukan rahasia lagi jika desain suatu sofa akan membuat pembeli tertarik untuk membeli.

Memang benar jika desain sofa akan menjadi pemicu suatu ruangan terlihat semakin menarik atau justru tampilan masih biasa-biasa saja. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih desain sofa adalah memerhatikan modelnya. Seperti kita ketahui bahwa sofa biasanya akan dipakai atau bertahan bertahun-tahun, jadi sebaiknya pilih model sofa yang tetap terlihat elegan dan dinamis meskipun banyak perubahan trend.

Anda tidak mau bukan milih desain sofa yang hanya hits pada waktu tertentu, dan pada akhirnya model sofa tersebut akan dianggap ketinggalan zaman. Dalam memilih desain sofa yang tidak luntur termakan trend maka anda bisa seraching di google atau bertanya kepada arsitek atau ahli desain ruangan.

3. Memerhatikan Ukuran Sofa
Ukuran sofa juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi bahan perhatian bagi anda sebelum membeli sofa. Alangkah baiknya sebelum membeli sofa anda mengukur terlebih dahulu luas ruangan dimana sofa tersebut akan ditempatkan.

Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan, misalnya saja ukuran sofa terlalu besar untuk ditempatkan di ruangan yang anda inginkan alhasil anda jadi menyesal atau sebaliknya ukuran sofa terlalu kecil untuk ruangan dimana sofa tersebut akan disimpan alhasil tidak ada chemistry/kecocokan.

Ukuran sofa desain sofa juga beragam, ada sofa yang terpisah dengan bagian sofa lain dan ada sofa yang didesain untuk disusun menyatu jadi jangan sampai ruangan tempat sofa tersebut kurang panjangan padahal sofanya panjang alhasil menutup jalan dan model ruangan menjadi tidak karuan, anda tidak mau buka hal tersebut menimpa anda.

4. Memerhatikan Warna Sofa
Mengapa warna sofa juga penting untuk diperhatikan? Warna sofa penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kontraks warna antara warna ruangan dimana sofa akan disimpan dengan warna sofa yang akan dibeli. Dalam hal desain artistik sebuah ruangan sangat penting untuk menempatkan sesuatu di dalam ruangan yang memiliki desain warna menyatu dengan warna material tertentu termasuk sofa.

Keserasian warna sofa yang anda beli dengan warna ruangan akan menambah nilai artistik dan grafis rumah anda semakin terlihat terkoneksi. Satu lagi yang mesti anda perhatikan dalam memilih warna sofa adalah mempertanyakan bahan dasar kain sofa tersebut, jangan sampai kain sofa tersebut mudah luntur atau mudah kotor, sehingga baru beberapa bulan atau tahun sofa tersebut dibeli sudah kelihatan kayak udah lama sekali atau kuno.

5. Tujuan Membeli Sofa
Sofa biasanya ditempatkan di beberapa titik, misalnya di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang pertemuan. Jadi kita harus tahu tujuan kita membeli sofa akan ditempatkan dimana, misalnya sofa yang ingin anda simpan di ruang tamu dan ruang keluarga pastinya harus berbeda tingkat ketahannya.

Jika sofa di uang keluarga biasanya akan sering digunakan, baik itu untuk bersantai dengan keluarga, nonoton TV, tempat main-main anak-anak, jadi sebaiknya sofa yang akan disimpan di ruang keluarga yang agak kuat dan tahan lama karena akan sering di gunakan.

Sebaliknya sofa yang akan ditempatkan di ruang tamu mungkin tidak akan seintens penggunaanya dengan sofa yang ada di ruang keluarga, namun bukan berarti bisa membeli yang kurang berkualitas. Intinya sofa yang ada di ruang keluarga dan ruang tamu sama-sama harus berkualitas, namun usahkan yang untuk ruang keluarga agar memilih yang kuat dan tahan lama.

6. Sofa Fleksibel
Jika ruangan yang akan ditempati sofa kecil dan rumah anda misalnya berukuran kecil maka anda bisa mengakali hal tersebut jika memang hendak membeli sofa dengan membeli sofa yang bisa dilipat-lipat atau fleksibel, sehingga sewaktu-waktu kalian kedatangan tamu yang banyak dan ruangan di rumah anda tidak cukup untuk menampunnya, kalian bisa melipat sofa tersebut sehingga tercipta space yang lebih luas di rumah anda.

Ada banyak sofa fleksibel yang dijual di toko-toko, jadi kalian tinggal memilih mana yang cocok untuk anda tempatkan di ruangan yang anda inginkan, selain mencari di toko-toko, kalian bisa search di google atau di toko online jika tidak ingin repot lagi.

7. Pertimbangkang Jumlah Budget/Anggaran anda
Budet/anggaran untuk membeli sofa juga sangat penting untuk diperhatikan agar anda tidak terlalu boros dalam membelanjakan uang anda, sehingga uang yang anda ingin gunakan untuk membeli sofa tersebut bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Baca juga: Reparasi sofa di Bandung

Jangan paksakan untuk membeli sofa yang mahal hanya karena tertarik melihat desainnya atau karena hanya kepuasan mata. Jika anda ingin membeli sofa, belilah sesuai budget yang anda punya dan bisa membuat anda nyaman.

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Sofa yang Tepat , semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "7 Tips Memilih Sofa yang Tepat "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close