Tips Merawat Rumah Berkonsep Joglo Modern

Tips Merawat Rumah Berkonsep Joglo Modern_ Semarang merupakan salah satu kota dengan keunikan tersendiri. Banyak bangunan tradisional yang menjadi landmark dan juga pusat kuliner menarik. Beberapa contohnya adalah Lawang Sewu, area Kota Lama, pecinan dan Bandungan. Apabila kamu bermaksud mencari hunian perumahan di Semarang, tentu kamu harus memastikan banyak hal seperti lokasi, harga dan juga fasilitas umum yang tersedia. 


Salah satu karakter dari Semarang sebagai bagian dari provinsi Jawa Tengah adalah rumah Joglo. Rumah ini merupakan rumah tradisional jawa yang memiliki bangunan seperti padepokan. Atap bangunan tersebut berbentuk limas yang tegas. Umumnya, bangunan rumah joglo yang asli didominasi oleh bahan kayu dan warna-warna earth tone seperti cokelat dan merah bata. 

Bagi kamu yang tinggal di rumah Joglo modern, berikut ini ada tips menarik lho. Di bawah ini ada beberapa tips dalam merawat rumah Joglo modern yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah. Yuk kita simak bersama!

Bagaimana Merawat Rumah Berkonsep Joglo Modern? 

Rumah joglo merupakan salah satu jenis rumah tradisional yang kental dengan bahan kayu. Bagi kamu yang memiliki hunian jenis ini ada beberapa hal yang harus kamu rawat agar hunian tetap awet.

Lindungi perabot kayu dari rayap 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan melindungi rumah joglo adalah melindungi perabot kayu dari rayap. Kamu bisa menggunakan bahan kimia pengusir rayap. Hal ini bisa menjadi langkah preventif yang melindungi sudut ruangan dengan bahan kayu. 

Pilih cat dinding yang berkualitas 

Untuk memastikan kayu-kayu pada rumah joglo tetap awet, pastikan kamu menggunakan pelapis berupa cat yang baik. Tujuannya agar kayu yang digunakan sebagai dinding, lantai atau tiang rumah tetap kokoh. 

Pilih perabot yang mudah dirawat 

Rumah joglo umumnya memerlukan perawatan ekstra, sehingga kamu harus pintar dalam memilih perabot yang mudah dirawat. Tujuannya agar kamu tidak kewalahan dalam merawat interior rumah dan perabot yang sensitif atau memerlukan perawatan ekstra. 

Gunakan bahan lantai yang awet 

Umumnya desain rumah joglo saat ini sudah dikombinasikan dengan material modern seperti keramik, marmer atau lantai kayu parket. Bahan-bahan atau jenis lantai tersebut cenderung memiliki usia ekonomis yang lama sehingga akan membuat lantai lebih awet. 

Cek kondisi lingkungan hunian 

Selain beberapa tips di atas ada juga kondisi lain yang bisa menyebabkan rumah joglo awet. Pastinya jika kamu ingin membangun rumah dengan konsep joglo, pastikan untuk mengecek kondisi iklim di sekitar. Cuaca yang terlalu panas dan dekat dengan area pantai bisa merusak kayu dengan lebih cepat. Jadi upayakan area yang akan kamu huni mempunyai cuaca yang sejuk. 

Apabila kamu ingin membuat atau membangun rumah joglo di Semarang, pastikan kamu memilih area Semarang atas. Hal ini karena di bagian atas kota Semarang, cuacanya lebih sejuk dibandingkan Semarang bawah. Kondisi Semarang atas yang lebih sejuk akan memberikan ketahanan yang baik bagi hunian berkonsep joglo. Sementara cuaca di Semarang bagian bawah lebih tinggi karena dekat dengan laut. 

Sebelum kamu memutuskan untuk membangun rumah berkonsep joglo, pastikan kamu memahami referensi harga material yang akan digunakan. Hal ini berkaitan dengan budget yang akan kamu keluarkan nantinya. Banyak rumah dijual di Semarang yang mungkin menawarkan hunian modern, tetapi tak ada salahnya jika kamu membangun rumah joglo di kawasan Semarang atas yang lebih sejuk. 

Itu saja informasi mengenai tips merawat rumah berkonsep joglo. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu ya.

0 Response to "Tips Merawat Rumah Berkonsep Joglo Modern"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close