9 Tips Belajar Menghadapi UN, UNBK dan UAS

9 Tips Belajar Menghadapi UN, UNBK dan UAS_ biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan. Dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dann proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.


Proses pemantauan tersebut dilakukan secara terus – menerus bertujuan untuk dapat membenahi mutu pendidikan. setiap siswa pasti akan menghadapi yang namanya ujian nasional atau serimg disebut UN. Seorang siswa biasanya dari jauh – jauh hari sudah mepersiapkan strategi – strategi atau langkah – langkah untuk menghadapi UN agar dapat mengatasi setiap hababatan sehingga ujian bisa berjalan dengan lancar.

Pada umumnya sebelum menghadapi UN, tentu para siswa belajaran serajin mungkin atau memiliki persiapan khusus lainnya seperti ikut bimbingan belajar dan sejenisnya. Siswa pasti ungun sukss menghadapi yang namanya Ujian Nasional atau UN baik itu untuk tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA. Meskipun saat nilai ujian nasional bukan sesuatu hal yang bisa menentukan lulus atau tidaknya.

Namun tetap sajah ujian nasional atau UN akan selalu membuat peserta ujian deg – degan. Dalam Ujian Nasional sudah hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah menggunakan ujian nasional berbasis computer ( UNBK) DI dibanding menggunakan ujian nasional berbasis kertas pensil ( UNKP ).

Agar anda lebih siap lagi dalam menghadapi ujian nasional (UN) tahun 2020 mendatang, berikut penulis berikan tips agar anda sukses menghadapi UNBK maupun UNKP yang akan datang. Berikut beberapa tips belajar dalam menghadapi UN

9 Tips Belajar Menghadapi UN, UNBK dan UAS

1. Perbanyak Mempelajari Soal - Soal Ujian Nasional 
Seluruh soal ujian nasional berbasis komputer sudah berbentuk dalam pilihan ganda, sehingga belajar menyelesaikan soal – soal yang ada dapat membuat siswa terbiasa dalam ujian, dan meberikan siswa kesiapan secara mental untuk mengikuti ujian nasional.

Ujian nasional juga hanya diberikan waktu yang terbatas sehingga siswa hanyak memiliki beberapa menit saja dalam menyelesaikan 1 soal ujian. Siswa yang mempersiapkan ujian perlu yang namanya berlatih menjawab soal – soal ujian nasioan dengan menjawab soal tahun dari sebelumnya. Percuma belajar hanya membaca atau menghafal materi tanpa membiasakan dalm menjawab atau mengerjakan soal – soal. Tapi anda harus biasakan langsung mengerjakan soal latihan atau soal ujian dari tahun sebelumnya.

Dengan begitu anda bisa mengukur pemahaman anda. Jika anda belum menjawab soal - soal tersebut berarti anda belum terlalu siap untuk menghadapi UN. Soal – soal UN dari tahun sebelumnya sekarang sudah mudah didapat melalui internet, jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa mendapatkan bentuk soal - soal ujian. maka dari itu cobalah mencari berbagai tipe soal, guna memperlancar untuk menghadapi ujian naional (UN).

2. Belajar Menyelesaikan Soal – Soal Dengan Menggunakan Tekhnik Atau Cara Cepat 
Di dalam ujian nasional kita hanya diberikan 90 menit saja untuk menyelesaikan 1 mata pelajaran, sehingga ketika kita terpaku pada 1 soal dalam menjawab soal – soal, kita akan kehabisan waktu. Oleh karenanya kita harus bisa mempelajari dan terbiasa menyelesaikan soal –soal dengan cara atau tekhnik cepat, dan cara ini biasa digunakan dalam menyelesaikan soal – soal matematika.

3. Belajar Dari Jauh - Jauh Hari Sebelum Ujian 
Pada umumnya siswa belajar hanya pada saat atau sudah mendekati pelaksanaan ujian, padahal cara ini sangat tidak dianjurkan dan cara ini dianggap tidak akan efektif dalam belajar, karena konsentrasi dan tingkat pemahaman siswa terhadapa pelajaran akan minim. Langkah yang paling benar adalah dengan belajar jauh sebelum pelaksanaan ujian, sehingga siswa bisa belajar lebih banyak materi ujian dan kisi – kisi yang diberikan.

4. Fokus Belajar Pada Mata Pelajaran Yang Diujikan 
Fokus pada mata pelajaran yang diujikan juga sangat efektif dalam menghadapi ujian nasional, hal ini karena konsentrasi siswa dapat tertuju pada mata pelajaran yang diujikan saja tanpa memikirkan lagi mata pelajaran tambahan. Hal ini pula dapat membuat jam belajar siswa lebih banyak pada mata kuliah yang diujikan sehingga tingkat pemahaman siswa pun akan lebih condong pada kesiapannya dalam menghadapi ujian nasional.

5. Sering Mengikuti Les Atau Pengayaan Yang Dijadwalkan Oleh Guru 
Les atau pengayaan adalah salah satu waktu yang tepat untuk belajar mempersiapkan diri sebelum melaksanakan ujian, ddisan guru akan lebih focus untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang ujian nasional, disana pula siswa diberikan cara atau tekhnik yang benar dan cepat untuk menyelesaikan soal – soal ujian nasional.

Biasanya proses belajar didalam pengayaan hanya akan fokus menyelesaikan soal – soal ujian tahun sebelumnya, hal ini guna membentuk keiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional nantinya.

6. Belajar Pada Waktu Subuh. 
Belajar efektif sebelum menhadapi ujian nasional adalah belajar pada waktu subuh, sebab pada waktu itu otak manusia cenderung lebih focus dan susanan belajar lebih tenang. Hal ini akan memberikan tingkat konsentrasi kita dalam belajar akan lebih baik ketimbang di waktu – waktu lain.

7. Belajar Sebelum Tidur 
Sama halnya belajar pada waktu subuh, belajar sebelum menjelang tidur akan memberikan daya ingat yang lebih tinggi pada apa yang telah kita pelajari sebelum tidur. Jadi sebaiknya usahakan untuk menyempatkan diri untuk belajar beberapa saat atau beberapa menit sebelum belajar.

8. Mengikuti Bimbingan Belajar Tambahan. 
Bimbingan belajar tambahan adalah program belajar yang dilaksanakan diluar sekolah. Artinya, kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan setelah program belajar reguler disekolah selesai. Bimbingan belajar tambahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap materi suatu pelajara. Tujuam ini berkaitan dengan persiapan seorang siswa untuk menghadapi ujian nasional.

Dengan anda mengikuti belajar tambahan akan lebih mempermudah anda untuk menjawab soal – soal pada saat ujian nasional berlangsung. Hasil dari itu anda berpeluang besar untuk memperoleh nilai yang bagus, dari berbagai mata pelajaran yang anda ujiankan, sehingga memudahkan anda untuk melanjitkan dijenjang yang lebih tinggi, yanki diperguruan tinggi atau dibangku perkuliahan.

9. Membuat Atau Membentuk Belajar Kelompok.
Tidak semua orang suka belajar kelompok, karena ketika belajar kelompok kadang sudah lebih banyak bercerita dari pada belajar. Tetapi ada beberapa keuntungan yang anda dapatkan dari belajar kelompok.

Dengan cara belajar kelompok anda dapat saling berbagi pengetahuan dalam menyelesaikan atau memecahkan soal – soal yang dianggap sulit. Dengan cara itu akan membantu anda menyelesaikan soal – soal pada saat ujian nasional. Usah yang maksimal pasti tidak akan menghianati hasil. Jika anda sudah belajar dengan maksimal pasti hasilnya juga akan memuaskan.

Sekian 9 Tips Belajar Menghadapi UN, UNBK dan UAS yang bisa anda gunakan dalam mempersiapkan ujian nasional (UN). Awalnya memang agak sulit untuk melakukanya tapi apabila anda sering berlatih dan terus berlatih pasti anda akan terbiasa dalam melakukannya. Berusahalah semaksimal mungkin agar anda tidak menyesal dan bisa mendaptkan hasil yang memuaskan. Susah sekarang maka, dan berakhir dengan bahagia.. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang hari ini sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional (UN).

0 Response to "9 Tips Belajar Menghadapi UN, UNBK dan UAS"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel