Syarat dan Cara Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019

Syarat dan Cara Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019_ Bagi adik-adik yang nilai ujian nasional yang masih di bawah standar kelulusan boleh berkecil hati karena kemendikbud akan membuka ujian nasional perbaikan (UNP) tahun 2019, jadi kesempatan ini bisa gunakan untuk memperbaiki hasil ujian nasional sebelumnya yang didapatkan agar bisa lulus UN untuk kesempatan kali ini.



Silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jadwal pendaftaran ujian nasional perbaikan (UNP) 2019,

Cara Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019

A. Jadwal pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan
Pendaftaran Ujian Nasional untuk Perbaikan akan dimulai pada tanggal 1 s.d 13 Juli 2019 Ujian Nasional untuk Perbaikan akan dilaksanaan pada tanggal 27 s.d 30 Juli 2019

Ujian Nasional untuk Perbaikan diperuntukkan untuk peserta UN 2017/2018 dan 2018/2019 yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan.

B. Prosedur pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019

1. Calon peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019 mengakses informasi pendaftaran di laman: https://unp.kemdikbud.go.id untuk melihat lokasi sekolah pelaksana UNP.

2. Calon peserta mendaftarkan diri secara langsung ke satuan pendidikan tempat pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) yang dipilih.

3. Petugas pendaftaran pada satuan pendidikan melakukan verfikasi calon peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) dengan cara memeriksa keabsahan dan kesesuaian dokumen persyaratan dengan tampak diri calon peserta.

4. Petugas pendaftaran pada satuan pendidikan memasukkan data calon peserta pada laman yang disediakan dengan langkah-langkah:
1. Login ke halaman https://unp.kemdikbud.go.id menggunakan user dan password petugas
2. Memasukkan data nomor Ujian Nasional (UN) calon peserta UNP
3. Memasukkan data mata ujian yang akan ditempuh oleh peserta :
a. Bagi peserta yang memperbaiki nilai UN, data mata ujian yang dimasukkan adalah mata ujian yang akan dipebaiki saja.
b. Bagi peserta UN SMA/MA/SMK sederajat tahun pelajaran 2018/2019 yang baru pertama kali mengikuti UN, data yang wajib dimasukkan adalah seluruh mata ujian yaitu tiga mata ujian umum dan satu mata ujian pilihan/teori kejuruan.
4. Memasukkan jadwal ujian, sesi ujian, mata ujian yang dipilih siswa
5. Meminta peserta untuk mengisi dan menandatangani surat pernyataan yang bermaterai
6. Mencetak kartu peserta UNP
7. Menempel pass foto dan membubuhkan stempel sekolah pada kartu peserta UNP
8. Menandatangani kartu peserta UNP
9. Menyerahkan kartu peserta UNP ke peserta

5. Peserta login ke halaman https://unp.kemdikbud.go.id menggunakan user dan password yang tercantum dikartu peserta UNP, untuk:
1. Mengecek kesesuaian data di laman tersebut
2. Melengkapi informasi email atau nomor Hp

C. Syarat Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019
Persyaratan Peserta Ujian Nasional untuk Perbaikan Tahun 2019

Peserta yang berhak mengikuti Ujian Nasional untuk Perbaikan tahun 2019 adalah:

1. Peserta UN jenjang SMA/MA, SMK/MAK sederajat dan program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2018/2019 yang telah terdaftar sebagai peserta ujian, namun belum mengikuti UN pada bulan Maret atau April 2019 karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah;

2. Peserta UN Tahun Pelajaran 2017/2018 atau 2018/2019 pada jenjang SMA/MA, SMK/MAK sederajat dan program Paket C/Ulya yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan (nilai UN kurang dari atau sama dengan 55,0); atau

3. Peserta UN yang sudah memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan dapat mengikuti UN untuk perbaikan dengan syarat calon peserta harus memberikan bukti yang sah (berupa surat keterangan dari lembaga yang bersangkutan atau pernyataan resmi yang dimuat dalam laman, brosur atau bentuk lain yang sejenis) dari pengguna yang mensyaratkan capaian nilai dengan kriteria tertentu.

Ketentuan umum:

1. Peserta SMA/MA, SMK/MAK sederajat dan Paket C/Ulya wajib memenuhi persyaratan peserta UN berdasarkan Peraturan BSNP Nomor: 0047/P/BSNP/XI/2018 tentang POS-UN Tahun Pelajaran 2018/2019. Ketentuan lain yang harus dipenuhi adalah tercatat dalam daftar nominasi tetap (DNT) yang berisi biodata peserta, Mata Uji Pilihan (SMA/MA/Paket C/Ulya) dan kompetensi keahlian (SMK/MAK);

2. Peserta SMA/MA, SMK/MAK sederajat, atau Paket C/Ulya yang akan memperbaiki nilai UN, wajib memiliki:
a. Ijazah/ ijazah sementara/surat keterangan lulus;
b. Sertifikat  Hasil  Ujian  Nasional  (SHUN)/SHUN sementara;
c. Pas foto ukuran 3x4; dan
d. Materai Rp 6000,-

3. Peserta UN SMA/MA, SMK/MAK sederajat dan Paket C/Ulya Tahun 2018/2019 yang sudah terdaftar dalam DNT tetapi belum mengikuti UN cukup melengkapi syarat-syarat sebagai berikut:
a. Surat keterangan dari sekolah
b. Pas foto ukuran 3x4 dan
c. Materai Rp. 6000;

4. Moda pelaksanaan UN untuk Perbaikan adalah dengan UN Berbasis Komputer (UNBK).
5. Pendaftaran calon perserta UN untuk Perbaikan dilaksanakan pada tanggal 1 - 13 Juli 2019.
6. Pelaksanaan UN untuk Perbaikan dilaksanakan pada tanggal 27-30 Juli 2019, bertempat di satuan pendidikan yang memenuhi kelayakan sebagai tempat ujian yang ditetapkan oleh dinas pendidikan propinsi.

Ketentuan khusus:

1. Peserta UN tahun pelajaran 2017/2018 dan 2018/2019 yang mendapat nilai lebih dari 55,0 dapat mengikuti UN untuk Perbaikan dengan syarat calon peserta harus memberikan bukti yang sah dari pengguna yang mensyaratkan capaian nilai dengan kriteria tertentu.

2. Bukti yang sah sebagaimana dimaksud pada ketentuan khusus butir D.1 dapat berupa surat keterangan dari lembaga yang bersangkutan atau pernyataan resmi yang dibuat dalam laman, brosur, atau bentuk lain yang sejenis.

D. Cara Mengecek Lokasi Ujian Nasional Perbaikan (UNP)
Untuk mengecek lokasi ujian UNP, pertama-tama silahkan anda kunjungi situs berikut:  https://unp.kemdikbud.go.id,

Setelah anda mengunjungi situs tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Setelah muncul tampilan di atas, silahkan anda klik tulisan "Lokasi Ujian", setelah anda mengklik tulisan "lokasi ujian" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Silahkan anda pilih dimana provinsi anda berada, seperti yang ditunjukan tanda panah merah nomor 1 di atas, setelah itu pilih kabupaten tempat anda seperti yang ditunjukan tanda panah nomor merah nomor 2 di atas.

Demikianlah artikel tentang Syarat dan Cara Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

1 Response to "Syarat dan Cara Mendaftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2019"

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel