Metode Modeling The Way

Metode  Modeling The Way 

A. Pengertian Metode Modeling The Way 
Menurut Wijaya (2004: 12) “metode Modeling the Way merupakan suatu metode pembelajaran yang membantu siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta/ data yang benar”. Penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan. Sebagai metode penyajian, modeling the way tidak terlepas dari penjelasan secara lisan oleh guru.

Adapun aspek yang penting dalam menggunakan metode Modeling the Way menurut Wijaya (2004: 13) adalah:
(1) Metode Modeling the Way akan menjadi metode yang tidak wajar apabila alat yang mau dipraktikkan tidak bisa diamati dengan seksama oleh siswa. Misalnya alatnya terlalu kecil atau penjelasannya tidak jelas. (2) Metode Modeling the Way menjadi kurang efektif bila tidak diikuti oleh aktivitas dimana siswa sendiri dapat ikut memperhatikan dan menjadi aktivitas mereka sebagai pengalaman yang berharga. (3) Tidak semua hal dapat dipraktikkan di kelas karena alat-alat yang terlalu besar atau yang berada di tempat lain yang tempatnya jauh dari kelas. (4) Hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat praktis.
Berdasarkan aspek yang penting pada metode Modeling the Way, maka peran siswa tidak hanya sekadar memperhatikan, akan tetapi juga melibatkan siswa dan guru dapat menyajikan bahan pelajaran lebih konkret. Metode  Modeling the Way cukup baik apabila di gunakan dalam penyampaian bahan pelajaran IPA.

B. Keunggulan dan Kelemahan Metode Modeling the Way 
Menurut Wijaya (2004: 15), metode Modeling the Way memiliki keunggulan dan kelemahan sebagaimana yang akan dipaparkan di bawah ini: 

1.   Keunggulan Metode  Modeling the Way 
(1) Perhatian anak didik dapat di pusatkan, dan titik berat yang dianggap penting oleh guru dapat di amati sehingga proses belajar anak didik akan lebih terarah,
(2) Dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar,
(3) Dapat menambah pengalaman anak didik,
(4) Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang materi yang di sampaikan,
(5) Dapat mengurangi kesalah pahaman karena pengajaran lebih jelas dan kongkrit. 

2.   Kelemahan Metode Modeling the Way 
(1) Memerlukan persiapan yang lebih matang dan waktu yang banyak, (2) Memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai,
(3) Memerlukan kemampuan dan keterampilan guru dituntut untuk    bekerja lebih profesional.

Kelemahan Metode Modeling the Way dapat diatasi dengan cara mempersiapkan bahan ajar dengan sebaik mungkin, dan memberikan penjelasan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan pada proses belajar mengajar. Penjelasan guru harus jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa agar pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Modeling the Way berjalan sesuai yang diharapkan.

C. Langkah-langkah Menggunakan Metode Modeling the Way 
Sebelum melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode Modeling the Way ada beberapa langkah-langkah yang harus diketahui. Langkah-langkah dalam penelitian ini mengikut pada langkah-langkah menurut Wijaya (2004: 17) yang tertulis sebagai berikut : 
1) Guru menjelaskan topik atau materi yang akan diajarkan;             
2) Bagilah siswa kedalam beberapa kelompok kecil sesuai jumlah mereka. Kelompok-kelompok ini akan mendemonstrasikan suatu keterampilan tertentu sesuai dengan skenario yang dibuat,                           
3) Berikan kepada siswa waktu 10-15 menit untuk mengerjakan sesuai dengan skenario kerja,
4) Setiap kelompok dibagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk dikerjakan secara berkelompok,
5) Guru mengumpulkan hasil kerja kelompok siswa,
6) Secara bergiliran tiap kelompok diminta mendemonstrasikan kerja masing-masing. Setelah selesai, berkesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan pada setiap demonstrasi yang dilakukan, 
7) Guru memberi penjelasan secukupnya sedangkan siswa bertanya yang belum dimengerti,
8) Evaluasi,
9) penutup.

Langkah-langkah pembelajaran yang laksanakan dengan baik dan sistematis akan menampakkan hasil yang baik pula. Demikian juga pada penggunaan waktu, kegiatan ini akan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Baca juga : Model SAVI
#Metode  Modeling The Way

0 Response to "Metode Modeling The Way"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close