9 Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan)

9 Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan)_ Program GGD atau guru garis depan merupakan program pendidikan yang dimulai pada tahun 2014, tujuan lahirnya program GGD adalah mengirim guru-guru berkualitas ke berbagai pelosok-pelosok negeri yang masih kekurangan tenaga pendidik. Adapun guru yang bisa ikut serta dalam program guru garis depan atau GGD harus memiliki sertifikat pendidik atau bergelar “Gr” (guru professional). Program guru garis depan atau GGD hanya bisa diikuti oleh sarjana yang pernah ikut dalam program SM3T, hal tersebut merupakan ketetapan pemerintah, karena program GGD adalah program yang terintegrasi dengan program SM3T jadi bisa dipastikan bahwa tidak semua pihak bisa mendaftar menjadi guru garis depan (GGD), melainkan hanya orang tertentu yang memenuhi kualifikasi dan syarat yang telah ditetapkan pemerintah yang bisa mendaftar menjadi guru GGD.


Guru garis depan juga menjadi salah satu stockholder yang diberikan tugas dalam mewujudkan generasi emas Indonesia pada tahun 2045 nanti. Oleh karena itu tugas guru GGD terbilang cukup berat dan menantang. Namun kompetensi alumni SM3T yang telah mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) cukup mumpuni jadi kemungkinan besar harapan yang disandarkan kepada para guru GGD untuk mewujudkan generasi emas Indonesia ditahun 2045 bisa terealisasi melalui semangat pantang menyerah.

Baca juga: 9 KEUNTUNGAN IKUT PROGRAM SM3T

Kembali ke topic pembahasan tentang apa sih Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan)? Mungkin pertanyaan tersebut kadang muncul dalam benak para guru yang mau ikut mendaftar menjadi guru GGD. Memang belakangan ini guru GGD mendapat sorotan dan perhatian lebih karena ada begitu banyaknya kemudahan dan fasilitas yang disediakan bagi para guru GGD.

Penasaran apa saja Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan)? Berikut kami akan ulas dengan seksama apa saja Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan):

9 Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan)
 
#1. Persaingan tidak terlalu ketat

Keuntungan pertama ikut GGD adalah pada proses pendaftaran, jumlah orang yang mendaftar menjadi guru garis depan bisa dibilang tidak terlalu banyak jadi peluang untuk bisa lulus terbuka lebar, bahkan dalam beberapa kesempatan pendaftaran formasi GGD, jumlah kouta pendaftaran yang disediakan belum terpenuhi hal tersebut berarti  kemungkinan besar yang mendaftar bisa lulus 100%. Berbeda dengan pendafataran CPNS umum yang jumlah pendaftarnya sangat banyak sedangkan jumlah formasi yang disediakan sangat terbatas.

#2. Berstatus CPNS

Berbeda dengan guru sm3t yang bersatus sebagai guru kontrak, pada program guru GGD, peserta yang berhasil lulus seleksi akan berstatus sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan hanya perlu menunggu kegiatan prajabatan agar bisa menjadi PNS. Sebelum berangkat dilokasi pengabdian guru GGD akan diberi pelatihan dan pembekalan yang biasa disebut dengan bimtek. Dan seperti yang kita ketahui bahwa menjadi PNS adalah dambaan sebagian banyak orang jadi jika anda ingin menjadi PNS maka program guru GGD bisa jadi alternatife asalkan memenuhi kriterian dan syarat pendaftaran.

#3. Mendapat tunjangan sertifikasi pendidik
Kelebihan selanjutnya menjadi guru garis depan adalah mendapat tunjangan sertifikasi pendidik, tunjangan sertifikasi biasanya sebesar gaji pokok PNS. Guru GGD langsung mendapat gaji sertfikasi karena mereka sebelumnya telah mengikuti pendidikan PPG dan mendapat sertifikasi pendidik dengan bergelar “Gr”. Bisa dibayangkan berapa total gaji yang bisa diterima oleh para guru GGD tiap bulannya. Namun berdasarkan informasi dibeberapa tempat guru GGD tidak langsung mendapat gaji sertifikasi melainkan harus melalui beberapa prosedur, agar bisa mendapat tunjangan sertifikasi pendidik.

#4. Mendapat tunjangan khusus daerah
kelebihan selanjutnya jika anda menjadi guru garis depan (GGD) selain mendapat gaji sebagai PNS dan tunjangan sertifikat pendidik, guru GGD juga diberikan tunjangan khusus daerah. namun nominalnya tergantung keputusan pemerintah setempat dan berdasarkan informasi yang beredar menyebutkan beberapa daerah bahkan menganggarkan 2 juta bagi guru GGD sebagai tunjangan khusus daerah.


#5. Program khusus pemerintah
Guru GGD merupakan formasi khusus yang disediakan pemerintah, tujuan dari program khusus tersebut karena mereka akan diberi tugas khusus dalam pengabdiannya. Namun terlepas dari misi dan tugas khusus yang harus diembang oleh guru GGD, keberadaan guru GGD yang direkrut melalui formasi khusus akan mendapat beberapa keistimewaan dan perhatian khusus. Jadi guru GGD mendapat perhatian khusus/lebih dari pemerintah, baik dari masalah gaji dan fasilitas yang akan didapatkan dilokasi pengabdian.

#6. Mendapat sebidang tanah dilokasi pengabdian

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa guru GGD akan diberi sebidang tanah dari pemerintah, hal ini dimaksudkan agar guru GGD bisa memanfaatkan lahan tersebut selama berada dilokasi pengabdian. Tanah tersebut bisa digunakan untuk mendirikan rumah, lahan pertanian dll. Hal tersebut bertujuan agar guru garis depan bisa betah berada dilokasi pengabdian.

#7. Dimudahkan dalam melakukan kredit

Pemerintah mengisyaratkan agar guru GGD di daerah pengabdian dimudahkan dalam melakukan kredit baik itu untuk melakukan kredit rumah dll, walaupun jika telah berstatus PNS beberapa lembaga akan memudahkan proses kredit bagi PNS namun penyampaian pemerintah kepada pihak yang terkait dilokasi pengabdian guru GGD, setidaknya menjadi nilai plus bagi keberadaan guru GGD.

#8. Ikut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia

Keuntungan selanjutnya menjadi guru GGD adalah anda bisa berperan serta dalam mendidik anak-anak Indonesia yang selama ini belum mendapat pelayanan pendidikan yang maksimal.  Guru GGD adalah program yang diharapkan mampu mengubah wajah Indonesia dan diharapkan mampu mewujudkan generasi emas Indonesia ditahun 2045, Jadi berapa beruntungnya jika anda bisa ikut terlibat dan mengambil peran dalam program tersebut.

#9. Mengajar sekaligus bisa traveling

Keuntungan terakhir yang bisa anda dapatkan ketika menjadi guru GGD adalah anda akan ditugaskan di tempat atau lokasi yang baru yang masih terbilang asing bagi anda. Satu hal yang bisa anda lakukan selain mendidik dan mengajar dilokasi pengabdian anda juga bisa melakukan traveling dilokasi pengabdian. Karena Indonesia adalah negeri sangat eksotik jadi anda bisa mengeskplorasi destinasi wisata yang ada dilokasi pengabdian anda, mulai dari wisata alam, Wisata social budaya dll.

Demikianlah 9 Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan) apa anda tertarik untuk ikut bergabung menjadi guru garis depan (GGD)? Jika anda memiliki niat untuk bergabung menjadi guru GGD setidaknya anda harus memenuhi syarat baku untuk menjadi guru GGD seperti, pernah ikut SM3T, lulus PPG serta mendapat sertifikat pendidik dan beberap persyaratan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 9 Keuntungan ikut program GGD (Guru Garis Depan) "

  1. Mereka yang bersedia mengikuti program GGD merupakan pahlawan sesungguhnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di blog...
Saran dan komentar sangat kami butuhkan untuk lebih meningkatkan kualitas blog ini...