Wednesday, 7 September 2016

Lanjut S2 atau Ikut SM3T? Potensi dan Realitas

Lanjut S2 atau Ikut SM3T? Potensi dan Realita
Diera globalisasi seperti saat ini persaingan untuk mendapat pekerjaan yang layak semakin ketat, berbeda dengan kondisi beberapa tahun sebelumnya dimana persaingan tidak terlalu berat. jika dirunut dengan menggunakan logika sederhana maka dalam era saat ini untuk bisa berkarir dalam bidang apapun penuh dengan persaingan.

berdasarkan data, menyatakan bahwa ada sekitar 336.000 sarjana di indonesia menganggur. suatu angka yang cukup fantastis mengingat 336.000 tersebut adalah para sarjana yang telah menempuh pendidikan selama 4 tahun atau lebih. lapangan pekerjaan yang tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja membuat mereka harus saling beraduh kapabilitas guna menduduki karier yang diinginkan.
Agar bisa berada selangkah  di depan para kompetitor, para sarjana tersebut dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama memiliki potensi besar demi tercapainya karier yang diimpikan, yakni memilih untuk lanjut S2 atau ikut SM3T. dua pilihan yang sama-sama memiliki potensi besar namun dibedakan oleh realita yang ada.
Lanjut S2 atau Ikut SM3T? Potensi dan Realitas

Syarat untuk lanjut S2 juga tidak terlalu rumit dan memberatkan calon mahasiswa, namun hal tersebut memang tidak berlaku disemua kampus, dibeberapa kampus tertentu untuk melanjutkan studi S2 justru harus melewati beberapa tahapan tes, sampai bisa resmi terdaftar sebagai mahasiswa.
 
Apa saja keuntungan kuliah S2? Jika memilih lanjut S2 maka peluang untuk mendapat pekerjaan lebih besar dibanding S1, namun untuk lanjut S2 terlebih dahulu menganalisa jurusan S2 yang banyak dicari dalam dunia kerja. Lanjut S2 juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. biaya awal registrasi atau saat terdaftar menjadi mahasiswa berkisar 10-12 jutaan dengan SPP sekitar 4,5 juta persemester. perkuliahan dalam satu minggu biasanya sekitar 2-3 hari jadi masih ada waktu sekitar 4 hari untuk bekerja. biasanya orang yang lanjut S2, kuliah sambil mengajar di lembaga pendidikan swasta baik sebagai tentor lepas atau staff dll.
waktu normal yang dibutuhkan untuk selesai S2 adalah 2 tahun namun biasanya ada yang mampu menyelesaikan kuliahnya sebelum 2 tahun tetapi ada juga yang menyelesaikan kuliah S2 nya lebih dari 2 tahun, semua tergantung keseriusan mahasiswa tersebut. realita yang ada bahwa masih ada lulusan S2 yang masih Honor di sekolah atau lembaga swasta. adapun prospek kerja lulusan S2 adalah bisa mendaftar menjadi Dosen karena minimal syarat tingkat pendidikan dosen saat ini adalah bertitel master atau S2 atau namun  jika lulusan S2 mendaftar PNS kemudian lulus menjadi PNS, maka akan langsung mendapat kategori golongan 3B berbeda dengan lulusan S1 yang hanya mendapat kategori golongan 3A jika lulus sebagai PNS. 

Jumlah kampus tiap tahun semakin bertambah ditambah lagi jumlah mahasiswa tiap tahun semakin meningkat, hal ini mengisyaratkan bahwa kebutuhan tenaga dosen yang minimal lulusan S2 banyak dicari untuk menjadi tenaga pengajar. adapun tugas anda yang ingin lanjut S2 adalah memilih dengan tepat jurusan S2 yang paling dibutuhkan. hal yang menarik ketika menjadi dosen adalah bisa mengajar dibeberapa kampus berbeda jadi peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak sangat potensial. salah satu syarat jadi dosen minimal bergelar master atau S2.

program sm3t adalah program yang berada dibawah naungan kemdikbud. Jika memilih ikut SM3T, maka pertama-tama hal harus diketahui adalah persyaratan ikut sm3t dan cara mendaftar sm3t. syarat ikut sm3t memang cukup banyak mulai dari calon guru sm3t maksimal lulusan 3 tahun terakhir atau freshgraduate, nilai IPK di atas 3,0, berbadan sehat dan beberapa syarat lainnya. adapun tata cara pendaftaran sm3t, cukup masuk kelaman/situs resmi sm3t dan isi format pendaftarn yang disediakan.

kemudian jika berhasil lulus menjadi peserta sm3t maka anda harus mempersiapkan mental untuk di tempatkan di daerah 3T yaitu daerah terluar, terdepan dan tertinggal. jangan berpikir disana anda akan mendapat fasilitas mewah namun berpikirlah bahwa dilokasi SM3T penuh dengan keterbatasan. bahkan ada beberapa lokasi yang masih tidak terjangkau listrik dan sinyal telepon seluler pun cukup sulit. rentang waktu pengabdian SM3T adalah 1 tahun namun jangan khawatir karena gaji program SM3T cukup lumayan yakni 2,7 juta perbulan dan beberapa daerah tertentu juga memberi tunjangan untuk guru 3T biasanya berkisar 1,5 juta seperti gaji sm3t di papua dan di beberapa daerah di kalimantan, jadi jika ditotal maka gaji perbulan bisa sampai 4 juta. 
kondisi geografis di daerah 3T cukup bervariasi tergantung lokasi penempatan namun biasanya berada di daerah pedalaman. jika telah menyelesaikan pengabdian di lokasi 3T maka akan dipulangkan di daerah masing-masing. Potensi dari program SM3T adalah SM3T merupakan program pemerintah yang terintegrasi, tidak hanya sebatas ikut kontrak SM3T akan tetapi setelah menyelesaikan kontrak SM3T pemerintah akan mewajibkan alumni SM3T untuk kuliah PPG (pendidikan profesi guru) selama satu tahun yang sudah pasti dibiayai pemerintah. Setelah menyelesaikan PPG (pendidikan profesi guru) anda akan bergelar Guru Profesional dan mendapatkan sertifikat pendidik. dengan sertifikat pendidik tersebut anda bisa mendaftar menjadi guru GGD atau Guru SILN. 
jadi yang manakah lebih potensial berdasarkan realita yang ada, apakah Lanjut S2 atau Ikut SM3T? jika lanjut S2 anda belum tentu bisa ikut SM3T karena syarat untuk ikut SM3T adalah freshgraduate atau lulusan 3 tahun terakhir namun jika anda ikut SM3T kesempatan untuk lanjut S2 selalu terbuka lebar.

Realita 1: Setiap tahun jumlah dosen yang dibutuhkan oleh kampus-kampus, baik negeri maupun swasta semakin bertambah dan jumlah kampus juga semakin bertambah,hal itu berarti kuota penerimaan dosen semakin meningkat. salah satu syarat jadi dosen minimal bergelar master atau S2.

Realita 2: pemerintah telah menerapkan peraturan untuk moratorium penerimaan CPNS selama 5 tahun namun tetap membuka jalur formasi tertentu salah satunya melalui formasi GGD dan SILN. salah satu jalan untuk mendaftar GGD dan SILN adalah memiliki sertifikat pendidik dan salah satu cara mendapatkan sertifikat pendidik adalah dengan ikut SM3T. jumlah pelamar GGD dan SILN masih belum memenuhi kuota jadi peluang untuk diterima sangat besar.

Lanjut S2 atau Ikut SM3T? Potensi dan Realita

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon