Sunday, 21 August 2016

9 KEUNTUNGAN IKUT PROGRAM SM3T

Tags
9 KEUNTUNGAN IKUT PROGRAM SM3T_ SM3T bisa dikatakan telah menjadi primadona bagi para sarjana yang memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan pendidikan di indonesia, namun hal ini sangat kontras ketika program SM3T baru diluncurkan pemerintah, sehingga ketika perekrutan angkatan I masih banyak sarjana yang bertanya-tanya tentang apa sejatinya SM3T itu, ditambah lagi setelah selesainya masa tugas dari angkatan I dan kembali ke daerah masing-masing sembari menceritakan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi di lokasi 3T, sehingga sebagian menjadi enggang untuk mendaftar SM3T.

Realitas saat ini telah berubah 180 derajat. SM3T seakan menjadi primadona bagi sarjana lulusan 3 tahun terakhir dari kampusnya, untuk ikut bergabung dengan program SM3T. hal yang wajar dan lumrah yang sering dipertanyakan sebagian orang tentang program sm3t adalah berapa gaji guru sm3t?

gaji bisa menjadi hal belakangan pasalnya ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapat ketika mengikuti program SM3T bukan hanya keuntungan dari segi materi saja akan tetapi dari segi pengalaman ketika mengikuti sm3t dan jenjang karir yang sangat menjajikan. berikut ulasan;

9 KEUNTUNGAN IKUT PROGRAM SM3T


1. SM3T merupakan program khusus pemerintah
SM3T merupakan program khusus dari pemerintah agar pendidikan bisa merata dan dapat dinikmati oleh setiap putra-putri bangsa. Karena SM3T merupakan program khusus pemerintah maka terdapat perlakuan khusus bagi sarjana yang ikut program SM3T misalkan dalam jenjang karir yang jelas dan lebih menjajikan serta menjadi prioritas pemerintah dalam perekrutan Apratur sipil negara.

2. Gaji guru SM3T yang lumayan besarmenurut informasi terbaru bahwa nominal gaji yang diberikan kepada sarjana yang ikut program SM3T adalah Rp: 2.700.000. nominal ini cukup besar jika dibanding dengan gaji CPNS yang belum prajabatan sekitar RP:1.800.000 maka selisihnya cukup jauh. belum lagi gaji guru SM3T yang bereda di daerah khusus yang memiliki alokasi dana tambahan dari daerah bagi peserta SM3T, seperti gaji guru sm3t di papua dll, maka bisa dibilang Gaji guru SM3T cukup besar.

3. Kuliah PPG selama 1 tahun setelah selasai SM3T

Hal yang tak kalah menguntungkan ialah peserta SM3T yang telah menyelesaikan pengabdian selama 1 tahun di lokasi 3T dapat ikut kuliah PPG selama 1 tahun itupun dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah mulai dari biaya kuliah, kesehatan, dana bulanan, asrama, dana untuk membeli buku serta kegiatan perkuliahan yang istimewa dan mendapat bimbingan dari ahli pendidikan yang profesional.

4. Alumni SM3T mendapat sertifikat pendidik pasca PPG

serifikasi adalah sesuatu yang diimpikan oleh banyak tenaga pendidik hal ini tak lain karena dengan memliki sertifikat pendidik maka gaji bisa menjadi dua kali lipat (gaji pokok). sertifikat pendidik tidak mudah untuk dimiliki jika ingin memiliki sertifikat pendidik melalui jalur kuliah dengan biaya pribadi maka sudah pasti akan membuat keuangan cukup terkuras pasalnya menurut informasi biaya kuliah PPG persemester adalah 4-8. Sungguh beruntunglah sarjana yang ikut SM3T karena bisa ikut kuliah PPG dengan biaya penuh dari pemerintah.

5. ALUMNI SM3T pasca PPG bisa ikut program GGD (guru garis depan)

Program guru garis depan (GGD) termasuk program baru dari pemerintah yang baru diluncurkan pada tahun 2015 dan program ini hanya bisa diikuti oleh sarjana yang memiliki sertifikat pendidik. alumni SM3T yang telah selesai PPG dan lulus bisa dipastikan memiliki sertifikat pendidik yang bisa digunakan untuk mendaftar SM3T. program GGD yang memiliki syarat khusus sertifikat pendidik membuat persaingan menjadi PNS tidak seketat persaingan pendaftaran CPNS umun yang bisa diikuti oleh jutaan sarjana. hal ini menambah peluang bagi Alumni SM3T pasca PPG untuk menjadi PNS. berbicara program guru garis depan (GGD) maka jika ingin diulas gaji yang diterima oleh sarjana yang lulus GGD cukup Fantastis yakni 8 juta serta mendapat lahan untuk bertani dilokasi GGD bisa dikatakan GGD adalah program transmigrasi yang terarah.

6. Alumni SM3T pasca PPG bisa ikut Program Sekolah indonesia luar negeri (SILN)

program SILN adalah program yang mengirim pendidik profesional untuk mengajar diluar negeri yang terdapat warga indonesia disana, biasanya warga indonesia yang merantau seperti di Malaysia, Filifina dan vietnan. syarat untuk mendaftar guru SILN adalah memiliki sertifikat pendidik itu berarti alumni SM3T pasca PPG bisa ikut program ini. gaji yang disediakanpun tidak main-main yakni 15 juta belum lagi keistimewaan lain yang didapatkan tapi hal ini wajar mengingat guru SILN mengabdi untuk indonesia di negara lain.

7. Peserta SM3T bisa mendedikasikan diri demi kemajuan pendidikan

peserta SM3T yang benar-benar memiliki jiwa pendidik sejati dalam dirinya dapat memenuhi hasrat dalam dirinya untuk terlibat aktif dalam memajukan pendidikan indonesia. Gaji bagi peserta SM3T bisa menjadi urutan ke-2 dalam keikutsertaanya menjadi peserta SM3T karena yang menjadi tujuan utama mereka adalah mendedikasikan sepenuhnya ilmu yang mereka dapatkan melalui bangku kuliah dengan tulus ikhlas yakni demi majunya pendidikan indonesia. Bisa dikatakan peserta SM3T memiliki misi khusus dengan tujuan yang sangat mulia yakni mencerdaskan anak-anak masa depan bangsa.

8. peserta SM3T akan Lebih memahami keberagaman yang ada di indonesia

Peserta SM3T yang ditugaskan di lokasi terluar dan tertinggal membuat peserta SM3T akan semakin menyadari kekayaan alam indonesia yang sangat indah, juga akan bertemu sosok yang hanya bisa mereka lihat dari layar televisi bahkan mereka bisa bertemu dengan hal-hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya mulai dari kebudayaan, tradisi, kenampakan alam. berlibur sambil digaji, itulah ungkapan sarjana yang ikut SM3T karena begitu takjubnya dengan eksotisme alam lokasi 3T yang mereka tempati namun tujuan utama tetap menjadi prioritas yaitu mendidik dengan sepenuh hati. setidaknya ada banyak pengalaman mengikuti sm3t yang bisa diceritakan

9. Peserta SM3T akan memiliki ambisi memajukan pendidikan yang semakin besar

Hal yang cukup menyentuh nurani adalah ketika para peserta SM3T telah tiba tempat lokasi 3T, mereka akan melihat realita dari wajah pendidikan indonesia yang sesungguhnya dimana ada ketimpangan 180 derajat antara fasilitas pendidikan yang ada dikota-kota besar dengan yang ada di lokasi 3T. Tidak jarang peserta SM3T akan meneteskan air mata melihat kondisi pendidikan yang ada di daerah 3T yang bisa dikatakan masih sangat jauh dari kata layak. Namun semangat para putra-putri bangsa yang berada di daerah 3T, sangat besar untuk mengeyam pendidikan dan tidak ingin terkunkung oleh sangat minimnya sarana dan prasarana yang ada. hal ini akan memicu ambisi besar bagi peserta SM3T untuk berjanji pada dirinya dan bertekad besar untuk mendedikasikan hidupnya demi memajukan pendidikan indonesia, karena melalui jalan pendidikan lah maka indonesia akan menjadi bangsa besar yang utuh.

Demikianlah 9 KEUNTUNGAN IKUT PROGRAM SM3T, jadi apa anda sudah siap IKUT PROGRAM SM3T? Mari bagikan artikel ini supaya semakin banyak sarjana-sarjana mudah yang memiliki semangat mendidik yang luar biasa, tahu tentang PROGRAM SM3T. Yakin dan percaya bahwa bangsa ini hanya akan maju jika para penerus generasi bangsa melakukan aksi nyata dan salah satu jalannya adalah PROGRAM SM3T.  

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon