Saturday, 7 January 2017

7 Cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi

7 Cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi_ Dalam perjalanan hidup ini tak jarang kita bertemu dengan orang yang memiliki pribadi yang kasar, suka marah-marah, mudah emosi dan mudah tersinggung. Dan bisa jadi diantara sahabat pembaca artikel ini justru memiliki teman, saudara atau keluarga yang pemarah dan emosian. Lalu hal apa yang bisa kita perbuat atau lakukan jika memiliki hubungan atau ikatan dengan orang yang pemarah dan emosian.

Baca juga:
7 Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Hujan 
5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup 
 
Menghadapi orang dengan pribadi yang pemarah dan emosian harus disikapi dengan bijaksana dan butuh cara tertentu karena kalau salah besikap dalam menghadapi orang yang pemarah dan emosian bisa jadi akan membuat orang yang pemarah dan emosian tersebut semakin tersulut kemarahannya serta bisa merugikan diri sendiri orang lain.

7 Cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi

Sebenarnya orang yang pemarah dan emosian disebabkan oleh perlakuan yang didapatnya, bisa juga pribadi tersebut muncul dalam dirinya karena pengaruh dari lingkungan tempat dimana ia banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Pribadi orang yang pemarah dan emosian disebakan oleh beberapa faktor. Penasaran faktor apa saja yang menyebabkan seorang menjadi pribadi yang pemarah dan emosian? Nagh sebelum kita membahas cara menghadapi orang yang pemarah dan emosian tidak ada salahnya kita mempelajari apa yang menyebabkan seseorang memiliki pribadi yang pemarah dan emosian. Berikut ulasan singkat faktor yang menyebabkan seseorang yang pemarah dan mudah emosi:

faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pemarah dan mudah emosi

1. Kurangnya kasih sayang orang tua sejak kecil.
Biasanya pribadi orang yang pemarah dan mudah emosi tidak muncul begitu saja, melainkan ada faktor pemicu dari luar yang mempengaruhi pribadi orang tersebut. Pribadi orang yang pemarah sebenarnya bisa terlihat semenjak orang tersebut masih dalam usia kanak-kanak. Kurangnya kasih saya orang tua memiliki kontribusi bagi pribadi anak, jika sejak kecil anak-anak kurang kasih sayang dan ikatan emosional maka tak heran jika setelah dewasa ia tumbuh menjadi pribadi pemarah dan emosian.

2. Terbiasa berada di lingkungan yang keras.
Faktor lain yang bisa membuat orang lain menjadi pemarah dan  mudah emosi adalah kondisi lingkungan tempat tinggal yang keras, jadi orang tersebut sudah tebiasa dengan sikap kasar yang ditunjukan oleh orang-orang yang ada disekitarnya sehingga lambat laun juga mempengaruhi pribadinya. 

3. Mental yang tidak stabil
Hal yang juga bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang pemarah dan mudah emosi adalah kondisi mental orang tersebut yang kurang stabil. Mental yang kurang stabil membuat orang tersebut kurang bisa mengontrol perilakunya. Sedikit saja masalah yang dia hadapi dan tidak sejalan dengan kemauannya bisa membuatnya langsung emosi dan marah-marah.

Nagh setelah mengetahui beberapa faktor-faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pemarah dan mudah emosi. Selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi, jadi tips atau cara apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi orang yang pemarah dan mudah emosi? Berikut pemaparannya;

7 Cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi


1. Mendiamkan
Cara yang anda bisa coba unutk menghadapi orang yang sedang marah, apalagi dalam kondisi emosional adalah dengan mendiamkannya karena biasanya orang yang pemarah dan emosional jika marah sulit mengendalikan emosinya. Jadi Lebih baik anda diam, biarkan saja dia melampiaskan segala kekesalannya dan amarahnya selama itu tidak membahayakan anda. Anda juga bisa meninggalkannya untuk sementara sampai dia berhenti marah.

2. Menasehati
Langkah selanjutnya yang bisa anda cobal lakukan untuk mengatasi orang pemarah dan emosional adalah dengan menasehatinya. Namun menasehati orang yang pemarah dan emosional mesti hati-hati, jangan menasehatinya di depan umum atau dihadapan banyak orang karena itu sama saja dengan mempermalukannya, sebaiknya nasihati dia ketika anda hanya sedang berdua dengannya. Cara menasehati yang  baik adalah mesti memperhatikan siapa yang anda nasihati, waktu yang tepat dan cara menasehatinya.

3. Membiasakan diri.
Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan berusaha membiasakan diri dengan karakter teman, saudara ataupun anggota keluarga yang memiliki sifat pemarah dan emosional. Karena jika tidak berusaha menerima keadaan teman atau anggota keluarga yang pemarah hal terburuk yang bisa terjadi adalah putusnya tali silahturahmui antara anda dengan orang yang bersangkutan. Anggap saja jika dia sedang kemarahannya seperti lagu religi yang terdengar ditelinga anda.

4. Sabar
Hal yang mesti anda miliki jika memiliki teman, saudara dan anggota keluarga yang pemarah adalah harus memiliki kesabaran yang ekstra. Kalau anda tidak mencoba bersabar ketika orang yang bersangkutan sedang marah bisa jadi anda terpancing untuk membalas kemarahan tersebut dan menjadi lebih emosional. Jadi ketika orang yang bersangkutan sedang marah maka katakanlah pada hati anda “sabar, sabar, sabar” kemarahan tersebut pasti akan berlalu.

5. Menjelaskan dampak negative jika suka marah-marah
Hal selanjutnya yang cukup ampuh untuk mengatasi orang yang pemarah adalah dengan menjelaskan dampak negative jika suka marah-marah seperti cepat tua, mudah terkena darah tinggi, kurang bahagia, dijauhi teman dll dengan memberitahukan dampak negative jika suka marah-marah maka orang yang bersangkutan lebih mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum marah dan emosional.

6. Bercanda dengannya
Orang pemarah biasanya memandang hidup ini sering menjengkelkan, jadi jika bertemu dengan orang yang pemarah dan emosional ajaklah dia berbicara rileks disertai lelucon yang bisa membuatnya tertawa, anda juga bisa mengajaknya menonton film komedi. Dengan itu orang pemarah tersebut akan merasakan indahnya hidup ini jika dilalui dengan kecerian dan canda tawa, lakukan hal tersebut secara rutin dan lihat perubahan apa yang terjadi pada orang pemarah tersebut.

7. Mendoakan
Langkah terakhir yang bisa anda coba terapkan dalam neghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi adalah dengan mendoakan orang yang tersebut, moga-moga tuhan membalikkan hatinya menjadi lembut dan penyayang.

Demikianlah artikel tentang faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pemarah dan mudah emosi serta bagaimana 7 Cara menghadapi orang yang pemarah dan mudah emosi yang bisa anda coba praktikan. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon