8 Tips Agar sukses Lulus CPNS

Tips Agar sukses Lulus CPNS _ Memang profesi sebagai PNS menjadi impian banyak orang, hal tersebut tak lepas dari nominal gaji seorang PNS yang lumayan besar, ditambah lagi tunjangan-tunjangan lainnya sehingga penghasilan seorang PNS lumayan besar, belum lagi jika profesi PNS yang ditempati misalnya seperti guru, dosen atau dokter yang memiliki tunjangan profesi, alhasil pundi-pundi uang yang bisa didapatkan semakin banyak.


Penghasilan PNS yang lumayan cukup untuk kebutuhan, menjadi sebab setiap kali ada rekrutmen CPNS, jumlah pendaftar lumayan banyak, bahkan bisa dikatakan cukup banyak, walaupun demikian perlu diketahui bahwasanya jumlah kuota penerimaan CPNS tidak sebanyak jumlah pelamar atau pendaftar, alhasil tidak sedikit orang yang akhirnya gagal lulus dalam seleksi penerimaan CPNS.

Siapa yang akhirnya bisa lulus CPNS? Pastinya mereka yang telah mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi peneriman CPNS! Karena seperti sebuah ungkapan "Gagal merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan". Lantas apa saja tips dan trik yang bisa dilakukan agar bisa lulus dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini?

Ada beberapa tips yang bisa menjadi refrensi bagi anda yang memiliki niatan untuk mengikuti tes CPNS tahun ini, apa saja tips agar sukses lulus dalam seleksi CPNS tahun ini, berikut tips dan triknya yang bisa kalian coba:

Tips Agar sukses Lulus CPNS 

1. Mencari tahu jadwal Seleksi penerimaan CPNS

Pertama-tama yang harus kamu lakukan dalam mengikuti seleksi penerimaan CPNS yakni mencari tahu kapan jadwal penerimaan atau tes CPNS akan dilakukan, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan anda dalam membuat planing untuk menghadapi tes CPNS.

Untuk informasi tentang jadwal seleksi penerimaan CPNS saat ini lumayan banyak, bisa melalui mesin pencari google, youtube atau bisa melalui laman resmi penerimaan CPNS SSCN BKN GO.ID, dan kadang juga informasi tentang rekrutmen CPNS menyebar dari mulut ke mulut, jadi intinya semakin cepat kalian mendapatkan informasi tentang rekrutmen CPNS semakin bagus.

2. Mempelajari jumlah rasio/kuota formasi penerimaan CPNS tiap kota atau daerah.

Perlu diketahui seleksi penerimaan CPNS tidak hanya dilakukan di kota saja, bahkan sampai di daerah, maka dari itu silahkan anda Mempelajari jumlah rasio/kuota formasi penerimaan CPNS tiap kota atau daerah. 

Seperti yang kita ketahui saat ini dalam melamar sebagai CPNS, bisa ditentukan secara detail lokasi dimana kalian mendaftar, misalnya saja jika kalian mendaftar CPNS formasi guru SD, maka kalian bisa menentukan secara detail alamat sekolah dan nama sekolah yang ingin kalian daftari.

Untuk memperbesar peluang anda lulus CPNS, maka bisa juga memilih mendaftar di daerah yang banyak formasi penerimaan CPNS yang tersedia, namun terkadang ada faktor lain yang membuat daerah yang sedikit kuota penerimaan CPNS-nya juga sedikit jumlah pelamarnya. Jadi kalian harus mampu memahami psikologis dari pelamar CPNS lainnya, sebelum memutuskan mau mendaftar CPNS di daerah mana.

3. Mencari tahu Jenis Tes CPNS yang biasanya muncul

Bagi anda yang masih berstatus fresh graduate, mungkin masih belum tahu tentang macam-macam tes CPNS yang harus diikuti dalam seleksi CPNS, misalnya saja dalam seleksi CPNS maka tes yang biasanya akan dihadapi adalah tes SKD dan SKB.

Tes SKD atau sering disebut dengan tes seleksi kompetensi dasar dimana pada tes ini kalian akan menghadapi tiga kategori soal yakni soal TIU atau tes intelegensi umum, TWK atau tes wawasan kebangsaan dan TKP atau tes kepribadian.

Adapun untuk tes SKB, adalah tes seleksi kompetensi bidang, dimana akan menjurus kepada bidang keilmuan sesuai dengan formasi yang dipilih. Mengetahui jenis tes yang akan dihadapi adalah hal yang penting, agar kalian bisa menentukan skala prioritas materi yang akan kalian pelajari.

4. Manajemen Waktu Belajar

Dalam menghadapi tes CPNS, maka yang tidak kalah pentingnya adalah membuat schedule atau rencana jadwal belajar yang efektif, karena dengan belajar secara terjadwal dan tertata, maka potensi untuk semakin siap menghadapi tes CPNS semakin besar.

Dalam mementukan jumlah jam belajar CPNS dalam sehari dan seminggu, maka kalian bisa berasumsi pada sebuah ungkapan yang berbunyi "Practice make perfect" artinya semakin banyak waktu yang dalokasikan untuk belajar dan latihan menjawab soal, maka peluang untuk semakin mahir bertambah besar.

5. Perbanyak Ikut Try Out CPNS

Pastinya dalam menjawab soal-soal CPNS yang manual, misalnya dengan mengerjakan soal CPNS di lembaran soal yang sudah di print out dengan mengerjakan soal CPNS yang dikerjakan melalui sistem CAT akan berbeda. 

Maka dari itu supaya kalian semakin mahir dalam menjawab soal-soal CPNS, sebaiknya banyak latihan try out yang berbasis CAT, agar kalian nantinya semakin paham sistem tes menggunakan CAT. Dan kalian juga akan terbiasa, ahasil saat tes CPNS yang sesungguhnya kalian tidak terbebani, karena sudah familiar mengerjakan soal berbasis CAT.

6. Ikut Bimbel CPNS yang terbukti bagus.

Supaya peluang kalian lulus dalam seleksi CPNS semakin besar, maka tidak ada salahnya kalian untuk menginvestasikan waktu dan uang yang kalian miliki dengan ikut bimbel CPNS. saat ini ada begitu banyak bimbel CPNS yang tersedia, baik bimbel yang bersifat mandiri maupun bimbel intensif. Supaya dalam mengikuti bimbel kalian bisa belajar secara fleksibel, maka bimbel CPNS online bisa jadi pilihan.

Ada beberapa bimbel yang bisa menjadi refrensi ,misalnya saja bimbel AyoCPNS. Bimbel AyoCPNS sudah hadir sejak 2019 dan sudah banyak membantu pengguna AyoCPNS lulus dalam seleksi penerimaan CPNS. Tersedia bimbel CPNS mandiri dan bimbel intensif, ada juga paket SKD dan SKB yang bisa kalian pilih.

Untuk mendaftar bimbel AyoCPNS, kalian bisa mendaftar melalui website AyoCPNS berikut ini: https://ayocpns.com/belajar/register?ref=XKTDGI. Kalian juga bisa mendapatkan diskon saat berlangganan bimbel AyoCPNS dengan menggunakan Kode Referral AyoCPNS: XKTDGI

Selain bimbel AyoCPNS, bimbel CPNS lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah bimbel Sahabat CPNS, sama halnya dengan bimbel AyoCPNS, bimbel Sahabat CPNS juga telah membantu banyak penggunanya lulus dalam seleksi CPNS. Tersedia bimbel CPNS intensif dan bimbel mandiri SKD dan SKB, untuk mendaftar bimbel Sahabat CPNS bisa melalui link berikut ini: https://akses.sahabatcpns.com/session/signup?ref=CERIA. Dan saat mendaftar bimbel sahabat CPNS jangan lupa gunakan Kode Voucher Sahabat CPNS: CERIA agar mendapatkan diskon saat mendaftar. 

7. Datang Mengecek Lokasi Ujian CPNS

Agar pada saat hari H tes CPNS anda tidak kelabakan mencari lokasi tes CPNS, maka alangkah baiknya beberapa hari sebelum tes CPNS dilaksanakan, anda sebaiknya datang langsung mengecek tempat pelaksanaan tes CPNS dilakukan, agar pada saat hari H tes CPNS dilakksanakan anda tidak kebingungan mencari lokasi tes CPNS

8. Berdoa

Walaupun poin berdoa ditempatkan di urutan 8, namun sejatinya berdoa harus menjadi awal dari usaha anda dalam mengikut tes CPNS, maka dari itu jangan lupa untuk senantiasa berdoa agar semoga lulus dalam tes CPNS tahun ini, jangan lupa meminta doa restu orang tua dan mohon untuk didoakan, karena doa orangtua makbul.

Demikianlah artikel tentang "Tips Agar sukses Lulus CPNS ", semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya.

0 Response to "8 Tips Agar sukses Lulus CPNS "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close