Menjadi Blogger atau Youtuber? Berikut Ulasan 5 Perbandingannya

Menjadi Blogger atau Youtuber? Berikut Ulasan 5 Perbandingannya_ Blogger maupun youtuber sama-sama profesi yang bergelut dalam dunia maya, jika blogger bergelut dengan tulisan-tulisan yang akan dipublish di website, maka youtuber bercerita seputar video-video yang nantinya akan diupload di youtube. Saat ini orang yang berprofesi sebagai youtuber dan blogger sangat banyak, merekapun berusaha menyajikan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat. 


Namun jika kita dihadapakan pada suatu pilihan antara menjadi youtuber atau blogger? Profesi manakah yang kita pilih, jika ditinjau dari segi peluang finansial, konsistensi, serta prospek kedepannya! Pastinya kita harus duduk terlebih dahulu untuk memikirkan, mencari refrensi, menganalis dan pada akhirnya kita memutuskan untuk menggeluti profesi apa. 

Baiklah, dalam artikel kali ini, kita akan berusaha mengkomparasikan antara profesi blogger dan youtuber dari berbagai aspek. Berikut ulasannya yang sengaja kami rangkum untuk anda semua; 

Menjadi Blogger atau Youtuber? Berikut Ulasan 5 Perbandingannya

#1.  Blogger atau Youtuber dari segi Membangun Brand. 
Membangun brand disini maksudnya adalah bagaimana proses saat pertama kali kita mulai merintis, suatu blog atau chanel youtube! Berdasarkan pengalaman untuk membangun suatu blog sehingga menjadi blog besar butuh waktu yang cukup lama. Hampir segala sesuatu telah ditulis dan diulas oleh blogger-blogger lain, belum lagi blog otonom yang mendikte dan menguasai page one google, sehingga peluang bagi blogger pemula untuk Berjaya penuh dengan tantangan. Suatu blog butuh waktu untuk dapat terindeks di google maka dari itu butuh konsitensi blogger yang bersangkutan dalam meng-Up blognya. 

Sedangkan untuk membangun suatu chanel youtube menjadi besar, tidak butuh waktu lama, hanya perlu membuat video unik, kreatif dan menghibur, dalam waktu singkat chanel tersebut bisa mendapatkan banyak susbscribe yang pada akhirnya mengantarkannya menjadi chanel yang besar. Jika disimpulkan maka dari segi Membangun Brand antara blog dan youtube maka admin lebih cenderung ke youtuber. 

#2. Blogger dan Youtuber dari segi Optimasi 
Sudah bukan rahasia lagi bahwasanya agar suatu tulisan suatu blog muncul di page one google butuh optimasi, aplagi jika yang diajak bersaing adalah blog papan patas, pastinya akan susah menembus page one google. Untuk optimasi blog banyak hal yang mesti diperhatikan mulai keyword, kualitas artikel, backlink dll yah bisa dibilang cukup ribet. Sebagai catatan, walaupun artikel anda sudah juara 1 di google, tidak ada jaminan akan terus berada di posisi tersebut, seiring berjalannya waktu, bisa jadi ada artikel lebih berkualitas yang akan menggeser posisi tulisan anda. 

Bagaimana dengan optimasi youtube, optimasi youtube bisa dibilang tidak ribet, dan bahkan cukup mudah, kunci utamanya adalah bagaimana membuat video yang disukai dan memang dibutuhkan. Di youtube system rangking tidak terlalu berpengaruh bagi suatu chanel, karena bisanya kualitas kontenlah yang jadi penentu. Sehingga penulis lebih cenderung memilih youtube lebih muda dari blog dari segi optimasi. Jika disimpulkan maka dari segi Optimasi antara blog dan youtube maka admin lebih cenderung ke youtuber. 

#3. Blogger dan Youtuber dari Segi Orientasi Orang Membuka internet 
Maksud Orientasi Orang Membuka internet adalah tujuan mereka membuka internet dan mereka akan mewujudkan atau merealisasikan keiginannya dengan membuka blog atau youtube! Saat ini ada fenomena menarik yang terjadi, jika biasanya sebagian orang jika mencari informasi maka bisanya membuka blog, maka saat ini sebagian orang mulai cenderung membuka youtube dalam mencari informasi. Kenapa demikian ?

Karena jika membuka blog bisa jadi hanya mendapat informasi secara visual namun jika membuka youtube mereka akan medapatkan informasi secara audio visual, sehingga mereka bisa jadi lebih puas saat mencari informasi melalui youtube. Jika disimpulkan maka dari dari Orientasi Orang Membuka internet antara pemain blog dan youtube maka admin lebih cenderung ke youtuber. 

#4. Blogger dan Youtuber dari Segi Peluang/Prospek 
Jika membandingkan antara youtube dan blog dari segi prospek, maka penulis lebih cenderung melihat prospek lebih menjanjikan bagi youtuber, kenapa demikian? Karena berdasarkan info yang disampaian di atas, bahwa saat ini, ada fenomena dimana para bogger mulai berhijrah menjadi youtuber. 

Orang membuka blog palingan untuk mencari informasi tertentu, namun orang yang membuka youtube mereka selain mencari informasi, bisa jadi mencari hiburan, tutorial dll, Jadi youtube lebih kompleks dalam memenuhi kebutuhan . Jika disimpulkan maka dari dari Segi Peluang/Prospek antara blog dan youtube maka admin lebih cenderung ke youtuber. 

#5. Blogger dan Youtuber dari Segi Pendapatan 
Salah satu orientasi orang menjadi blogger atau youtuber adalah peluang finansial yang bisa didapatkan. Jadi antara blogger dan youtuber manakah lebih besar pendapatannya? Untuk masalah ini belum ada info valid mana yang lebih besar pendapatnya, namun saat ini pendapatan youtuber cukup fantastis, chanel youtube yang memiliki jutaan subscribe bisa mendapatkan miliyaran perbulan beda halnya dengan blogger. 

Bahkan sangking bersahabatnya youtube bagi pengguna, anak-anak kecil bahkan bisa meraup jutaan bahkan ratusan juta dari youtube! Beda halnya dengan blog yang pastinya pemainnya harus memiliki kemampuan menulis yang bagus, memiliki pengetahuan luas, tata Bahasa yang baik dll. Jika dismpulkan maka dari segi pendapatan secara akumulasi antara pemain blog dan youtube maka admin lebih cenderung ke youtuber. 

Demikianlah ulasan singkat tentang Menjadi Blogger atau Youtuber? Tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan menjadi blogger atau youtuber. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "Menjadi Blogger atau Youtuber? Berikut Ulasan 5 Perbandingannya"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close