Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013_ Muatan/mapel Informatika merupakan perluasan dan pendalaman dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK. Perluasan dan pendalaman tersebut berdampak pada adanya perbedaan mendasar dari cakupan materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran sebagaimana dijelaskan lebih rinci pada Lampiran A.


Kompetensi Informatika tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pemakai (user) dan konsumer saja, melainkan lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan dan mengusulkan solusinya, kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan produk-produk teknologi informasi sesuai dengan kaidah keilmuan informatika, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan pengolahan data dalam bentuk digital menjadi informasi.

Kompetensi tersebut meliputi kecakapan digital yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (life skill), pemanfaatan teknologi informasi, sampai dengan keilmuan informatika. Proses pembelajarannya dilakukan secara berjenjang, bertahap, dan berkelanjutan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Muatan/mapel Informatika berisi seperangkat KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) yang dirancang untuk memberikan “bekal” keilmuan informatika kepada peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah. Bekal yang dimaksud meliputi beberapa kemampuan sebagai berikut.

1. Berpikir, yaitu berpikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan persoalan yang akan diselesaikan dengan bantuan komputer.

2. Berkarya dan terampil, yaitu kemampuan dalam menggunakan dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia digital dengan memanfaatkan sarana TIK.

3. Berpengetahuan, yaitu kemampuan tentang keilmuan informatika yang mencakup lima area pengetahuan informatika yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer/Internet, Analisis Data, Algoritme, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika.

4. Berkarakter, yaitu berkemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan dan berkomunikasi.


A. Tujuan Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013
Tujuan Pedoman ini ditulis dengan tujuan agar dapat membantu semua pemangku kepentingan agar:

1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah;

2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya;

3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan;

4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan 5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.

B. Sasaran  Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013
Sasaran Pedoman ini disusun bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan muatan/mapel Informatika, yaitu: (1) dinas pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya; (2) sekolah; dan (3) guru.

C. Ruang Lingkup  Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013
Ruang Lingkup Pedoman Pedoman implementasi ini memiliki ruang lingkup sebagai berikut.

1. Pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan informatika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

2. Syarat implementasi.

3. Muatan kurikulum Informatika.

4. Mekanisme implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.

5. Strategi implementasi.

D. Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013
Untuk mendownload Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013, silahkan download melalui link download berikut: DOWNLOAD

Demikianlah artikel tentang Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013, semoga bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Download Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close