Wednesday, 22 March 2017

12 Manfaat internet bagi dunia pendidikan

12 Manfaat internet bagi dunia pendidikan_ Dewasa ini kemajuan teknologi memberi pengaruh besar dalam segala aspek kehidupan, salah satu produk teknologi adalah munculnya sistem jaringan international atau bisa disebut internet (international network). Keberadaan internet semakin memudahkan segala aktivitas manusia termasuk dalam dunia pendidikan.

10 Manfaat internet dalam dunia pendidikan
Manfaat internet bagi dunia pendidikan
Kehadiran internet memeliki peranan yang sangat signifikan dalam kemajuan dunia pendidikan, ada banyak kemudahan kepada yang bisa didapatkan dengan adanya internet. Keberadaan internet ibaratkan pisau bermata dua bagi dunia pendidikan khususnya bagi siswa dan anak-anak apabila tidak bijaksana dalam menggunakan internet justru akan berdampak negatif bagi dunia pendidikan.

Baca juga:
6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak
6 Dampak Positif dan Negatif Gagdet Bagi anak
11 Dampak negatif Internet Bagi Dunia pendidikan

Namun terlepas dari dampak negatif yang bisa ditimbulkan dengan keberadaan internet dalam dunia pendidikan. Internet juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kemajuan pendidikan dan menjadi salah satu jalan munculnya berbagai inovasi dalam dunia pendidikan. Apa sajakah manfaat internet bagi dunia pendidikan? Berikut ulasannya.

12 Manfaat internet bagi dunia pendidikan

1. Internet sebagai sumber belajar
Jika dulu sumber belajar adalah buku, majalah dan melalui kegiatan pembelajaran langsung di alam namun saat ini dengan keberadaan internet telah merubah gaya belajar siswa yang dulunya bersifat konvensional menuju kearah yang lebih efektif dan praktis. Internet telah menjadi sumber belajar alternatif dengan materi pelajaran yang bisa dibilang tidak terbatas. Internet memiliki berbagai kelebihan dibandingkan sumber belajar seperti buku, majalah dll yakni melalui internet siswa bisa mencari materi pelajaran dari berbagai sumber sehingga pengetahuan siswa akan lebih kaya. Selain itu kemudahan dalam menemukan materi pelajaran melalui internet menjadi nilai plus tersendiri. Internet juga bisa diakses dimana pun sehingga memiliki sifat praktis serta internet juga bisa diakses melalui berbagai perangkat elektronik sehingga tidak terpaku pada satu perangkat saja. Cukup dengan mengetik materi pelajaran yang di cari maka semua materi yang dicari serta yang terkait dengan akan muncul dalam hitungan detik sehingga semakin memudahkan siswa untuk belajar.

2. Internet menjadi sumber informasi
Selain sebagai sumber belajar Internet juga menjadi sumber untuk mendapatkan informasi baru yang terkait dengan kegiatan pendidikan. Jika dahulu proses penyebaran informasi butuh waktu yang cukup lama maka dengan adanya internet dalam hitungan menit informasi yang baru bisa segera diketahui. Hal tersebut membuat informasi tentang regulasi dalam dunia pendidikan bisa cepat diketahui selain itu inovasi-inovasi yang berhasil ditemukan dalam dunia pendidikan bisa cepat tersebar sehingga lebih efektif dalam penerapannya​ dalam pembelajaran. Penyajian informasi yang begitu cepat melalui internet membuat perkembangan dunia pendidikan terus mengalami proses dinamisasi menuju pendidikan yang berkualitas dalam segala aspek.

3. Berfungsi sebagai media pembelajaran
Manfaat internet bagi dunia pendidikan selanjutnya ialah dengan keberadaan internet pembelajaran akan lebih bervariasi. Internet bisa menjadi media pembelajaran, jika selama ini guru hanya bisa memaparkan teori atau gambar tentang materi pelajaran tertentu namun dengan adanya teknologi internet materi pelajaran yang dulunya hanya dijelaskan dengan metode ceramah bisa disaksikan langsung dengan keberadaan internet melalui tayangan video misalnya melalui YouTube sehingga pembelajaran tidak terkesan sebatas konsep semata namun bisa membuat pembelajaran menjadi konkret sehingga pengalaman belajar siswa menjadi lebih berkesan.

4. Membuat siswa lebih pekah dengan kemajuan teknologi
Internet adalah bukti kemajuan luar biasa dari peradaban manusia. Manfaat internet bagi dunia pendidikan ialah melalui internet siswa akan menjadi lebih pekah terhadap teknologi sehingga mereka tidak gaptek (gagap teknologi) . Internet bisa membuat siswa memiliki imajinasi tinggi dan daya cipta sehingga bisa membuat siswa menjadi pribadi yang memiliki ambisi untuk melakukan hal besar memanfaatkan teknologi internet. Namun jika tidak digunakan dengan bijak dan kurang mendapatkan bimbingan dari orang guru maupun orang tua justru akan memberikan efek negatif bagi siswa.

5. Sarana untuk mencari beasiswa
Siswa yang berprestasi namun kurang mampu dalam segi ekonomi untuk melanjutkan pendidikan sangat terbantu dengan keberadaan internet pasalnya melalui internet siswa yang kurang mampu maupun siswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang tertentu bisa mencari informasi tentang beasiswa agar bisa melanjutkan kuliah. Seperti yang kita ketahui saat ini ada begitu banyak jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga swasta yang bisa diketahui melalui internet, jadi tidak ada batasan lagi antara anak yang berada di kota maupun anak yang ada di ujung negeri sehingga semua memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah.

6. Sarana berkomunikasi dan berinteraksi
Saat ini ada begitu banyak media komunikasi yang tersedia di internet misalnya saja Facebook, Twitter, g+, WhatsApp dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan sebagai forum belajar berkomunikasi dan berinteraksi. Melalui media sosial tersebut siswa bisa mendapatkan lebih banyak teman serta informasi-i formasi yang bermanfaat. Selain itu teman yang bisa diajak berkomunikasi tidak terbatas oleh tempat misalnya saja orang yang berada di satu kota bisa mengobrol dan berkomunikasi dengan orang di kota lain hal tersebut sangat berbeda dengan komunikasi dalam dunia nyata yang dibatasi oleh ruang dan tempat.

7. Kelas online
Jika dulu untuk bisa mengikuti pembelajaran harus berada dalam kelas dan melakukan tatap mata langsung dengan guru maka dengan keberadaan internet gaya belajar mengalami sedikit inovasi. Dengan adanya internet siswa tidak harus untuk hadir dalam kelas untuk mengikuti pembelajaran melainkan bisa mengikuti pembelajaran melalui bantuan internet yakni melalui kelas online. Jadi kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak semakin mudah dan efesien.

8. Memudahkan pelaksanaan ujian nasional
Manfaat internet bagi dunia pendidikan selanjutnya adalah dengan hadirnya pelaksanaan ujian nasional berbasis online yang selain menghemat biaya pelaksanaan ujian nasional juga meminimalisir kecurangan dalam ujian. Internet juga membuat proses pemeriksaan hasil ujian nasional yang selama ini membutuhkan waktu yang cukup lama menjadi lebih singkat dengan hasil yang akurat.

9. Memudahkan penguasaan bahasa asing
Internet merupakan sumber literasi berbagai bahasa asing, sebagian konten yang ada didalam internet yang disajikan dalam berbagai bahasa membuat anak secara tidak langsung akan belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya secara otodidak. Selain itu untuk belajar bahasa asing melalui internet juga cukup praktis dan yang pasti gratis.

10. Memudahkan pendataan siswa secara nasional
Pemberlaku nisn, nuptk, PIN (penomoran ijazah Nasional) akan sulit terealisasi tanpa kehadiran internet. Dengan adanya internet sistem data pendidikan nasional bisa dikelola melalui satu database terpadu sehingga membuatnya menjadi lebih praktis dan memudahkan stackholder dalam dunia pendidikan.

11. Internet media untuk melakukan inovasi dalam dunia pendidikan.
Manfaat internet bagi dunia pendidikan ialah dengan keberadaan internet membuat segalanya menjadi mudah. Ada begitu banyak kebijakan dalam dunia pendidikan yang muncul dengan adanya internet. Internet akan terus memicu munculnya berbagai ide brilian untuk mendukung kemajuan pendidikan.

12. Sarana untuk menyimpan informasi
Internet juga menjadi data base yang digunakan untuk menyimpan data data pendidikan, misalnya saja data pendidikan bisa disimpan di Google Drive, Google dokumen bisa. Data dan informasi tersebut juga bisa disimpan dalam website-website sehingga juga bisa menjadi referensi bagi orang lain yang mencarinya.

Demikianlah 12 Manfaat internet bagi dunia pendidikan, sebenarnya ada masih banyak manfaat lainnya namun dalam artikel kali ini hanya dibahas 12 manfaat internet bagi dunia pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

4 komentar

Sippp... artikel yang bermanfaat Mas Rijal, Dari postingan-postingan yang diterbitkan kayaknya Sampean nanti cocok jadi dosen/guru sekaligus blogger hehe...

- Salam Blogger dan Hidup Pendidikan untuk Indonesia!!! -

Terimakasih apresiasinya mas...

Ijin buat bahan tugas sekolah bang :D

bermanfaat seklai ini mas artikelnya, terimakasih banyak

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon