Wednesday, 13 April 2016

PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING

STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING
A. PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHINGStrategi pembelajaran  tipe Synergetic Teachingmerupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan membentuk siswa menjadi dua kelompok dan memberikan metode pembelajaran yang berbeda antar kelompok dan kemudian mencocokkan hasil belajar mereka yang berupa catatan dan tugas. Pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. 

Di samping itu pembelajaran aktif (active learning) juga dimaksudkan untuk menjaga perhatian siswa/anak didik agar tetap tertuju pada proses pembelajaran. Seperti yang diungkapkan oleh Silberman (2009: 5) bahwa Belajar aktif merupakan sebuah kesatuan sumber kumpulan strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif. Belajar aktif meliputi berbagai cara untuk membuat peserta didik aktif sejak awal melalui aktifitas-aktifitas yang membanngun kerja kelompok dan dalam waktu singkat mebuat mereka berfikir tentang materi pelajaran 

Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching ini menekankan pada kemampuan siswa dalam memilih ide-ide atau gagasan pokok yang akan dibahas.  Selain itu dalam pembelajaran strategi pembelajaran tipe synergetic teaching melatih kemampuan motork siswa diantaranya panca indra siswa. Dalam penerepan strategi pembelajaran tipe synergetic teachingmelatih siswa untuk konsentrasi pada satu arah. Siswa juga dilatih untuk membuat resume atau kesimpulan dari pokok bahasan yang disampaikan oleh guru. 

B. Langkah-langkah pembelajaran Strategi pembelajaran Tipe Synergetic Teaching 
 Langkah-langkah pembelajaran strategi pembelajaran tipe synergeticyang dikemukakan oleh Silberman (2009 : 113) 
1. Bagilah kelas menjadi dua bagian 
2. Kirimkan satu kelompok ke ruang lain untuk membaca tentang tentang topik yang anda ajarkan. Pastikan materi terformat dengan baik dan mudah dibaca. 
3. Selama masa ini, berilah sebuah pelajaran yang dsampaikan dengan lisan, ceramah, tentang materi yang sama kepada separuh lainnya di kelas itu. 
4. Kemudian,  ganti pengalaman pelajaran. Berilah materi bacaan tentang topik anda bagi bagi kelompok yang telah mendengarkan pelajaran yang disampaikan dengan ceramah dan berikan suatu pelajaran yang didasarkan dengan pembelajaran bagi kelompok yang membaca tersebut. 
5. Pasangkan anggota-anggota untuk masing-masing kelompok dan surulah mereka menyimpulkan/meringkas apa yang telah mereka pelajari. 
6. Mintalah separuh dari peserta didik itu mendengarkan presentase pembelajaran yang disampaikan dalam pembelajaran dengan mata tertutup sementara seperti transparansi OHP yang menyertai pembelajaran dengan telinga mereka tertutup. 
7. Setelah pembelajaran selesai maka mintalah dua kelompok tersebut membandingkan catatan-catatan tentang apa yang mereka dengar atau lihat. 

C. Keunggulan dan kelemahan Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching 
1)    Keunggulan Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching 
Hartono (2008 : 20 )  mengemukakan bahwa seperti strategi pembelajaran lainnya strategi pembelajaran tipe synergetic teachingmemliki keunggulan yaitu: strategi pembelajaran tipe synergetic teaching pada umumnya memiliki keunggulan yaitu a) siswa lebih mudah memahami materi, b), siswa mendapatkan pengalaman belajar  yang berbeda c) siswa lebih aktif dalam belajar d).pengajaran berjalan lebih menarik, e) merangsang stimulus motorik siswa 
2)    Kelemahan Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching 
Selain memiliki keunggulan, Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching juga memiliki kelemahan. Seperti yang diungkapkan oleh Hartono (2008 : 12) Kelemahan  Strategi pembelajaran tipe synergetic teaching adalah: a) Relevan menggunakan ruang dan waktu banyak; b) Suasana kelas sulit untuk terkontrol; c) membutuhkan media pembelajaran yang seperi OHP atau LCD; d) Membutuhkan keprofesional guru karena harus menyesuaikan mengajarkan materi sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran  yang adasesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Untuk lebih jelasnya diuraikan sebagai berikut 
1) Relevan menggunakan ruang dan waktu banyak karena harus membagi siswa menjadi dua bagian dan memisahkan pada ruang yang berbeda sehingga pengajaran memerlukan waktu yang banyak. 
2) Suasana kelas sulit untuk terkontrol karena guru harus mengajar siswa dua ruangan. Sehingga sulit mengontrol kelas yang sementara ditinggalkan. 
3) Membutuhkan media pembelajaran yang seperi OHP atau LCD. Dalam mengajarkan strategi pembelajaran tipe synergetic teaching membutukan media yang tepat untuk melatih kosentrasi siswa dalam menggunakan panca indra siswa.
Membutuhkan keprofesional guru karena harus menyesuaikan mengajarkan materi sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran  yang ada sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Guru harus menguasai langkah-langkah strategi pembelajaran tipe synergetic teachingsebelum mengajarkan sehingga mencapai hasil yang maksimal.
#PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING

1 komentar so far

Terimakasih ilmu nya
Kalo boleh tau ini sumber nya dari mana?

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon