Friday, 2 February 2018

6 Kelebihan Mengambil Jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) Saat Kuliah

6 Kelebihan Mengambil Jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) Saat Kuliah_ Menentukan jurusan saat akan kuliah terkadang memunculkan perasaan bimbang dan bingung, apalagi jika pemahaman tentang jurusan kuliah yang dimiliki masih minim. Pemilihan jurusan kuliah akan memberi sumbangsi yang sangat besar dalam kesuksesan karir anda kedepannya, sehingga anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih jurusan untuk kuliah.



Sebaiknya anda memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek yang baik terhadap kesuksesan karir anda kedepannya. Jika anda memiliki keinginan menjadi seorang pendidik maka penulis memiliki rekomendasi jurusan kuliah yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah.

Baca juga: 7 Tips Saat Pertama Kali Masuk Kuliah

Jika benar anda serius ingin menjadi pendidik atau dengan kata lain menjadi guru maka salah satu jurusan yang cukup potensial dan memiliki prospek baik bagi karir pendidik anda yakni jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Apa sih jurusan PGSD itu? Jurusan PGSD adalah jurusan kuliah yang mengarahkan lulusannya kelak untuk menjadi guru SD, namun bukan berarti dengan mengambil jurusan PGSD serta merta anda hanya bisa bekerja di bidang tersebut, karena beberapa lulusan jurusan PGSD banyak yang sukses dalam karinya meskipun tidak menjadi guru SD.

Lantas apa sih alasan penulis merekomendasikan untuk mengambil jurusan PGSD jika anda memang memiliki minat untuk menjadi guru! Berikut ada beberapa kelebihan jurusan PGSD yang mesti anda ketahui.

6 Kelebihan Mengambil Jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) Saat Kuliah

1. Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama
Setiap guru pasti akan menjadi sosok yang memberi manfaat yang banyak untuk sesama terutama bagi anak didiknya. Dengan menjadi guru anda bisa berbagi pengetahuan dengan anak didik anda, selain itu juga anda akan menjadi sosok yang membantu siswa anda dalam menemukan mimpi-mimpinya.

Terutama halnya guru SD yang bisa menjadi sosok yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswanya, karena seperti yang kita ketahui bangku sekolah dasar ibaratkan pondasi yang menjadi landasan dalam pembentukan kepribadian anak didiknya menuju jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya.

Sehingga sering dianalogikan bahwasanya “jika pondasi suatu bangunan suadah bagus maka banguna tersebut pasti akan kuat sebaliknya jika pondasi suatu bangunan rapur maka bangunan tersebut sangat rentang mengalami kerusakan.

Maka dari itu tugas dari guru SD tidak bisa dianggap enteng, guru SD memiliki andil yang cukup besar dalam mencerdaskan generasi bangsa, maka berbanggalah anda yang saat ini mengambil atau akan mengambil jurusan PGSD saat kuliah.

2. Peluang kerja yang lebih besar ketimbang jurusan guru lainnya
Setiap orang memiliki rezeki yang berbeda termasuk halnya dalam urusan mendapatkan pekerjaan, namun kali ini kita akan berangkat dari realita dalam membahas peluang  kerja, ada banyak jurusan kuliah keguruan namun tidak semua memiliki peluang kerja yang luas.

Namun ada beberapa jurusan keguruan yang memang memiliki porsi peluang kerja yang agak lebih besar, seperti halnya jurusan guru bahasa inggris dan jurusan guru sekolah dasar. Kita fokus ke jurusan PGSD, kenapa jurusan PGSD memiliki peluang kerja yang luas?

Kebutuhan akan guru SD yang selalu besar ketimbang jurusan keguruan lainnya sehingga membuat peluang kerja bagi lulusan PGSD selalu besar. Ditambah lagi program-program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan dan kebutuhan guru, selalu menempatkan kebutuhan guru SD sebagai kebutuhan yang paling banyak dicari.

Jadi wajar saja jika kemudian jurusan PGSD memiliki prosepek kerja yang cukup cerah, namun hal tersebut bukan berarti membuat anda menjadi jumawa namun anda harus tetap berupaya meningkatkan skill dan kompetensi anda agar bisa menjadi guru SD yang professional.

3. Menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan
Jika anda bertanya apa sih perbedaan anatara guru SD dengan guru SMP atau guru SMA, maka sudah pasti memiliki beberapa perbedaan, salah  satu perbedaan mendasar antara guru SD dan guru lain adalah guru SD adalah guru kelas sedangkan guru SMP dan SMA merupakan guru mata pelajaran.
Masih bingung apa pebedaan guru kelas dan guru mata pelajaran? Ayo kita sedikit mengulasnya!

Guru mata pelajaran artinya guru tersebut hanya mengajarkan mata pelajaran tertentu dalam karirnya sebagai seorang guru, misalnya saja hanya mengajarkan mata pelajaran Fisika, kimia, ekonomi, sejarah sedangkan guru kelas adalah guru yang mengajarkan semua mata pelajaran yang diprogramkan pada kelas tersebut.

Misalnya saja sebagai guru SD anda mengajar di kelas V maka semua mata pelajaran yang ada di kelas V menjadi tanggung jawab anda untuk mengajarkannya, sehingga guru SD dituntut memiliki wawasan yang luas karena memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan berbagai displin ilmu pada siswa-siswanya.

4. Peluang kebih besar untuk jadi PNS
Menjadi PNS memang harapan bagi beberapa orang, secara jika menjadi PNS maka anda akan mendapatkan gaji yang dibayarkan oleh pemerintah, belum lagi berbagai tunjangan yang disediakan pemerintah bagi apratur sipil Negara/PNS. Misalnya saja; tunjangan sertifikasi, tunjangan keluarga, tunjangan pensiun.

Maka tak heran jika ada banyak orang yang memiliki espektasi untuk bisa jadi PNs mengingat ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan saat jadi PNS, alumni PGSD-pun memiliki peluang menjadi PNS, karena setiap tahunnya ada ratusan bahkan bisa mencapai ribuan guru yang pensiun, sehingga dibutuhkan tenaga baru untuk mengisi kekosongan tersebut.

Jurusan PGSD juga tidak perlu khawatir dengan kuota yang disediakan dalam perekrutan PNS, karena berdasarkan pengalaman penulis, kuota penerimaan PNS bagi alumni jurusan PGSD selalu lebih besar dari kuota jurusan keguruan lainnya.

Hal tersebut berarti peluang untuk lulus menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sedikit lebih besar, namun untuk lulus jadi PNS selalu ada kompetisi yang siap menanti, jadi anda harus terus belajar dan meng-upgrade pengetahuan anda agar bisa lolos menjadi abdi Negara.

5. Dididik untuk menjadi sosok yang penyayang
Salah satu ciri khas dari mahasiswa jurusan PGSD yakni mereka diarahkan untuk menjadi sosok penyayang kelak, hal tersebut tak lepas dari siswa yang mereka akan ajar yaitu siswa sekolah dasar. Sehingga sangat penting bagi seorang calon guru SD untuk memiliki sikap penyayang terhadap sesama.

Kondisi psikologis siswa SD yang memang butuh sikap lemah lembut dari seorang guru, membuat mahasiswa jurusan PGSD harus memiliki kompetensi social tersebut agar kelak mampu mendidik muridnya dengan bijaksana.

6. Materi kuliah yang tidak terlalu susah
Berbeda dengan jurusan kimia, biologi dan fisika yang menuntut untuk dikuasai berbagai rumus-rumusnya supaya anda bisa expert, namun lain halnya di jurusan PGSD; materi kuliahnya bisa dikatakan tidak terlalu susah.

Karena orientasi untuk mahasiswa dan alumni PGSD yakni bagaimana mengajar yang baik dan benar di SD. Seperti yang kita ketahui materi pelajaran di SD sangat mudah, akan tetapi yang ditekankan pada mahasiswa jurusan PGSD adalah bagaimana cara mengajar yang baik agar siswa yang diajarnya bisa dengan mudah mengerti.

Sehingga ada tak perlu khawatir dengan mata kuliah yang diajarkan di PGSD, jika anda sungguh-sungguh kuliah anda bisa dengan mudah melalui/menyelesaikan mata kuliah yang diajarkan dijurusan PGSD.

Demikianlah Kelebihan Mengambil Jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) Saat Kuliah, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon