Wednesday, 31 January 2018

7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar

7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar_ Seorang pelajar, salah tugas utama yang harus senantiasa dilakukan adalah belajar, karena dengan belajar maka pengetahuan, pengalaman serta kompetensi bisa dia kuasai dengan baik. Belajar akan membuka cakrawala berpikir dari seorang pelajar.

7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar

Namun bukan rahasia lagi bahawasanya kadangkala muncul perasaan atau sikap dalam diri seseorang yang merasa enggang belajar atau dengan kata lain merasa malas belajar. Sikap malas belajar juga biasanya dipicu dengan keberadaan smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet, social media dan berbagai fitur lainnya, sehingga pengguna/pemakainya bisa merasa betah menggunakannya berjam-jam.

Baca juga: 7 Cara Belajar Siswa Yang Berprestasi

Alhasil keadaan, kebiasaan dalam menggunakan smartphone membuat seseorang menjadi menurun semangat, minatnya untuk belajar, kalau kondisi demikian sudah terjadi maka bisa menimbulkan beberapa dampak negative tersendiri bagi orang tersebut.
Lantas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan, sikap malas belajar pada seseorang, berikut ulasannya:

7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar

1. Mengingat kembali tujuan awal anda bersekolah
Saat fokus dan konsentrasi anda mulai kurang stabil perihal dalam melaksanakan/menjalani kegiatan pendidikan (sekolah), maka salah satu hal yang anda bisa lakukan adalah dengan mengingat/merefresh kembali ingatan anda tentang tujuan awal anda bersekolah.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif

Setiap orang menempuh pendidikan (sekolah) karena memiliki tujuan tertentu, dan setiap orang biasanya memiliki alasan yang berbeda kenapa mereka memilih untuk menlanjutkan pendidikan/bersekolah, beberapa alasan kenapa seseorang menempuh pendidikan formal (sekolah) yakni agar kelak bisa menjadi orang sukses dan memberi manfaat untuk orang lain.

Jadi jika anda mulai merasa kurang bersemangat, malas belajar dan cuek dengan pendidikan anda maka saatnya anda berpikir bahwa ada mimpi-mimpi anda yang mesti diwujudkan dan hanya dengan rajin belajar serta bersungguh-sungguh agar semua mimpi anda bisa terwujud.

2. Kurangi menggunakan smartphone
Zaman milenial adalah zaman dimana teknologi hampir menyentuh seluruh aspek kegiatan manusia, salah satu perangkat teknologi yang erat dengan kehidupan setiap orang adalah smartphone/HP, keberadaan HP bagi setiap orang bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer dan hampir dalam setiap suasana senantiasa di bawah serta untuk menemani aktivitasnya.

Penggunaan smartphone yang intens, sedikit banyaknya membuat seorang/sebagian pelajar mulai malas untuk membaca buku, padahal ada sebuah pepatah yang mengatakan “buku adalah teman duduk paling baik sepanjang zaman” namun jika minat baca berkurang membuat pengetahuan siswa tidak menjadi kompleks, walaupun sebenarnya pengetahuan bukan hanya didapatkan dari buku namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya keberadaan buku memiliki sumbangsi tersendiri dalam membangun pengetahuan siswa.

Oleh karena itu seorang pelajar harus bijak dalam menggunakan smartphone, jika digunakan dengan baik smartphone bisa menjadi media/sumber dalam belajar sehingga akan lebih membantu siswa menjadi lebih berkomptensi.

3. Mengubah cara belajar
Salah satu penyebab seseorang menjadi malas belajar yakni cara/metode yang digunakan untuk belajar bisa dikatakan monoton atau begitu-begitu saja, alhasil membuat perasaannya/paradigm tentang belajar menjadi hal yang membosankan.

Oleh karena itu ada baiknya cara belajar yang praktikan dilakukan secara bervariasi, misalnya selama ini anda hanya biasa belajar dalam kelas, dalam kamar maka tidak ada salahnya anda sesekali belajar di tempat terbuka (di pinggir pantai, di gunung, di hutan, di perpustakaan dll) dengan begitu kondis perasaan anda akan selalu dinamis sehingga perasaan jenuh dan bosan dalam belajar bisa terminimalisir

4. Berlibur (Refresing)
Belajar yang berlebihan memang kadang memunculkan titik jenuh yang membuncah alhasil karena perasaan trauma akibat belajar yang berlebihan akhirnya membuat seseorang bisa menjadi enggang untuk belajar, belajar memang harus dilakukan, namun jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik bagi kondisi psikologis seseorang.

Maka dari itu belajar dan berlibur adalah suatu hal yang mesti dipadukan agar balance/recovery dari kondis perasaan bisa selalu stabil, cobalah sesekali setelah belajar anda pergi jalan-jalan di pinggir pantai, camping di gunung, melakukan aktivitas outbond dan lain-lain, dengan begitu kondisi perasaan da pikiran anda bisa kembali fresh.

5. Buat/Tentukan target yang ingin dicapai
Hampir sama dengan poin 1, tapi jika anda dalam menjalani pendidikan belum memiliki target yang jelas maka mulai saat ini yang pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memikirkan target (goal)/pencapian yang hendak anda capai.

Target atau sasaran yang jelas membuat anda akan lebih jelas dalam meniti karier anda sehingga ada motivasi, penyemangat, pendorong yang menggerakkan diri anda untuk senantiasa mencharge kompetensi dan skill anda, sehingga tidak ada lagi istilah statis dalam proses anda menempuh pendidikan, melainkan anda selallu melakukan hal-hal dinamis yang akan terus mengupgrade skill dan kemampuan anda.

Misalnya saja anda membuat target untuk jadi juara kelas, juara umum tingkat sekolah, juara umum tingkat nasional dan sebagainya, hal tersebut bisa memicu anda untuk lebih giat dan rajin lagi untuk belajar dan belajar

6. Berteman dengan orang yang rajin belajar 
Ada sebuah ungkapan yang mengatakan “jika anda berteman dengan penjual parfum maka bisa jadi anda akan jadi penjual parfum jika tidak, setidaknya wanginya parfumnya akan terpercik ke pakian anda dan sebaliknya jika anda berteman dengan pandai besi, jika tidak menjadi pandai besi maka busuknya bau/serpihan besi bisa jadi menempel pada pakaian anda.

Ungkapan tersebut menyiratkan bahwsanya teman yang senantiasa kita ajak bersama akan memberi pengaruh yang besar dalam hidup anda, sehingga sangatlah jelas; bahwasanya jika anda ingin rajin belajar, pintar maka anda harus mencari teman yang rajina belajar, agar semangat dan motivasinya dalam belajar bisa menular ke-anda.

Bahkan dalam hal apapun teman yang baik akan sangat memberikan dampak positif bagi anda, so! Carilah teman yang bisa anda temani bahu membahu untuk saling membaikkan satu sama lainnya, sehingga kelak teman anda tersebut yang akan menjadi teman anda dalam meraih kesuksesan anda.

7. Menumbuhkan rasa cinta terhadap aktivitas belajar
Sebenarnya segala sesuatu sangat tergantung dalam persepsi anda termasuk belajar, jika anda ingin menjadi pribadi yang rajin belajar maka anda harus mencintai terlebih dahulu kegiatan belajar tersebut. Jika kita sudah jatuh cinta terhadap sesuatu maka seberapa lamapun, sberapa sering pun kita melakukannya kita tidak akan pernah merasa jenuh dan bosan untuk terus melakukannya.

Oleh karena itu berikan posisi istimewa dalam hati anda tentang belajar, agar anda bisa menjadikan belajar sebagai sesuatu yang anda cinta, anda senangi dan membuat anda merasa senang dan bahagia ketika melakukannya.

Ala biasa karena biasa, segala sesuatu awalnya butuh pembiasaan agar hal tersebut menjadi hal yang disukai dan disenangi termasuk halnya kegiatan belajar.

Demikianlah 7 Cara Mengatasi Perasaan atau Sikap Malas Belajar yang bisa anda coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anda, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon