Wednesday, 8 March 2017

10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif

10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif_ Siapa sih yang tak ingin menjadi orang pintar! Menjadi orang yang pintar tidaklah susah hanya saja perlu cara/strategi yang efektif agar anda benar-benar bisa menjadi orang yang pintar. Memangnya apa keuntungan menjadi orang pintar? Kalau berbicara masalah kelebihan atau keuntungan menjadi orang yang pintar cukup banyak, Dengan menjadi orang yang pintar anda bisa menjadi juara kelas, juara umum di sekolah bahkan menjadi juara tingkat nasional, bisa membantu teman yang lain, punya banyak teman, menjadi kebanggaan orang tua, bisa menjadi wakil sekolah/kampus untuk mengikuti berbagai perlombaan, bisa mendapatkan beasiswa khusus orang yang berprestasi dan berbagai kelebihan lainnya.

10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif
10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif

Apakah anda salah satunya yang termasuk orang pintar? Cara apa yang sudah anda lakukan untuk menjadi orang yang pintar? Belajar!. Untuk menjadi orang yang pintar tidak cukup hanya dengan belajar, memang belajar merupakan kunci untuk bisa menjadi orang pintar namun tidak hanya itu agar tujuan anda untuk menjadi orang pintar bisa terwujud dengan segera maka anda harus mengkombinasikan cara tersebut dengan berbagai strategi lainnya yang terbilang cukup efektif.

Apa saja cara yang efektif yang bisa anda terapkan agar bisa menjadi orang yang pintar? Dalam artikel ini akan dibahas secara seksama cara menjadi orang yang pintar. Berikut pemaparan Cara Menjadi Pintar Yang Efektif

10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif

1. Belajar Yang Giat Dan Efektif
Seperti yang saya telah paparkan bahwa belajar merupakan kunci untuk menjadi orang yang pintar. Tapi tahukah anda belajar tidak hanya diartikan ketika anda membuka buku kemudian membacanya dengan serius dan fokus, atau ketika anda berada di sekolah untuk mengikuti pelajaran. Namun makna belajar yang sebenarnya adalah ketika anda melakukan suatu hal dan bisa menemukan hal berharga/hal positif yang membuat pemahaman anda semakin bertambah. Misalkan saja ketika anda mengendarai sepeda motor dengan kencang dan kemudian terjatuh sehingga pada akhirnya Anda menyadari bahwa ketika berkendara dengan kencang berbahaya bagi anda (hal tersebut termasuk proses belajar). Atau ketika anda mengikuti ulangan sekolah namun tidak pernah belajar dan akhirnya nilai anda sangat rendah kemudian anda belajar dari hal tersebut bahwa jika malas belajar membuat anda menjadi orang yang bodoh. Maka dari itu ubahlah persepsi anda tentang makna belajar yang sebenarnya selain harus rajin belajar seperti membaca buku/E-book baik di rumah atau sekolah anda juga harus belajar dari hal-hal yang ada disekitar anda dan milikilah pola pikir terbuka sehingga anda tidak hanya menjadi orang yang pintar melainkan menjadi orang yang cerdas dan jenius.

2. Terapkan Sikap Disiplin
Cara Menjadi Pintar Yang Efektif dengan menerapkan pola belajar dan hidup displin. Disiplin sebutan kepada orang yang memiliki pola hidup yang teratur. Jika anda masih bingung tentang arti disiplin saya akan coba bahasakan dengan cara yang mudah dimengerti. Orang yang disiplin adalah orang yang menerapkan jadwal hidup yang terjadwal, semua kegiatan yang akan dilakukan besok sudah direncanakan dengan matang dan dia konsisten melakukan hal tersebut. Misalnya jam 8 malam waktu untuk belajar yang sudah dia tetapkan maka ketika jam tersebut telah tiba dia akan segera belajar dengan serius dan meninggalkan segala aktivitas yang ia lakukan. Menurut anda apakah kepintaran dipengaruhi oleh sikap disiplin? Jawabannya sudah pasti sangat dipengaruhi, seperti yang kita ketahui sudah banyak orang yang sukses dalam hidupnya karena memiliki pola hidup yang disiplin. Maka dari itu anda jika ingin menjadi orang yang pintar maka sebaiknya anda menjadi pribadi yang dispilin karena perilaku displin akan membuat jadwal/polahidup anda lebih teratur termasuk kegiatan belajar anda lebih teratur dan konsisten sehingga bisa menjadikan anda orang yang pintar jika terus menerapkan sikap displin tersebut.

3. Memiliki mimpi/cita-cita
Cara Menjadi Pintar Yang Efektif yakni berusaha memiliki mimpi/cita-cita. Cita-cita atau mimpi akan memberi motivasi kepada anda untuk terus berusaha melakukan yang terbaik, memupuk diri anda menjadi pribadi yang pantang menyerah dan terus berjuang sampai mimpi/cita-cita tersebut bisa terwujud. Jika anda belum memiliki mimpi/cita-cita maka cobalah tanyakan kepada diri anda "apa yang menjadi mimpi/cita-citamu" dan jika telah menemukan apa yang menjadi cita-cita/mimpi anda maka mulailah untuk merubah segala perilaku yang tidak baik pada pribadi anda selama ini dan mulailah berusaha melakukan yang terbaik. Pernakah anda mendengar kisah anak mudah yang memiliki banyak sekali mimpi yang ingin diwujudkannya hingga dia menulis mimpinya pada dua lembaran kertas dan menempelkannya di dinding kamaranya, "tak sedikit yang mencemooh pemuda tersebut" Namun mimpi-mimpi yang dia tlis tersebut membuatnya sangat bersemangat untuk meraihnya dan pada akhirnya mimpi-mimpi yang dia tulis mampu dia wujudkan satu-persatu. Cara tersebut bisa anda coba untuk lakukan "tulislah mimpi/daftar mimpi anda diatas kertas dan tempel di dinding kamar anda. Tiap kali anda bangun tidur lihatlah daftar mimpi-mimpi anda agar membuat anda semakin bersemangat untuk mewujudkannya.

4. Miliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
Jika selama ini anda bersikap cuek dan kurang peduli terhadap berbagai hal maka sebaiknya anda merubah kebiasaan tersebut. Mulailah tumbuhkan perasaan ingin tahu terhadap berbagai hal (hal yang positif). Dengan begitu khazanah pemikiran anda untuk belajar hal-hal yang baru dan asing bagi anda. Sikap ingin tahu yang tinggi membuat anda menjadi pribadi yang aktif dan berusaha mencari informasi dari berbagai sumber agar apa yang membuat anda penasaran/memunculkan rasa ingin tahu anda bisa segera anda ketahui.

5. Lakukan Hal Yang Menantang
Hal yang menantang itu seperti apa? Misalkan anda menemukan soal yang belum pernah anda temui sebelumnya sehingga soal terseut menjadi tantangan tersendiri bagi untuk diselesaikan, kemudian anda mencoba menjawab soal tersebut dengan melakukan berbagai upaya. Melakukan hal yang menantang bisa membuat kemampuan berpikir anda semakin meningkat (kemampuan berpikir kritis). Ingat pintar tidak hanya diukur dari nilai dan angka-angka yang didapatkan di sekolah/kampus akan tetapi meliputi segala aspek bahkan cara dalam menyelesaikan suatu masalah bisa menjadi tolok ukur kepintaran yang dimiliki seseorang. Hal menantang lain yang bisa anda lakukan adalah anda menantang diri anda untuk menjadi juara kelas tahun depan mengalahkan orang yang juara kelas saat ini dan membuktikan bahwa anda tidak seperti yang teman-teman anda pikirkan.

6. Bergabung dalam kelompok belajar
Cara Menjadi Pintar Yang Efektif adalah bergabung dengan kelompok belajar. Agar tujuan anda menjadi orang pintar bisa terwujud dengan cepat anda juga bisa memilih bergabung dalam kelompok belajar bersama teman anda. Keuntungan ikut dalam kelompok belajar bersama teman anda adalah anda bisa share/berbagi banyak hal dengan teman anda mulai dari berbagi cara jitu dalam menjawab soal, bertanya jika ada pelajaran yang tidak diketahui, menumbuhkan semangat kebersamaan, memiliki banyak teman, anda juga bisa belajar menjadi pribadi yang sosialis (pandai bergaul/berteman). Selain itu teman dalam kelompok belajar bisa menjadi penyemangat ketika motivasi belajar anda sedang menurun.

7. Ikut bimbingan belajar
Bimbingan belajar memiliki berbagai kriteria mulai dari bimbingan belajar dilembaga belajar juga bisa dengan menyewa guru privat untuk mengajar di rumah anda. Apa manfaat ikut bimbingan belajar? Bimbingan belajar akan membuat khazanah pengetahuan anda semakin berkembang apalagi jika tenaga pengajar (tentor) cerdas dan profesional maka sudah pasti. Tenaga pengajar adalah orang yang berpengalaman dalam mendidik dan mengajar jadi jika anda serius mengikuti instruksi dan arahannya akan membuat anda semakin pintar dan cerdas.

8. Menerapkan Metode Belajar Yang Bervariasi
Pernahkan anda merasa bosan untuk belajar walaupun anda tahu kalau belajar itu sangat penting untuk kesuksesan anda dimasa depan? apa yang menyebabkan anda bosa belajar? salah satu yang biasanya menjadi penyebab seseorang menjadi bosan untuk belajar karena metode/cara yang mereka terapkan untuk belajar monoton atau itu-itu saja. Jadi bagaimana solusianya? mulailah belajar dengan metode belajar yang bervariasi. Jika selama ini anda hanya belajar didalam kamar atau disekolah maka tidak ada coba untuk belajar dengan suasana yang berbeda seperti belajar di perpustkaan, di alam terbuka, camping sambil bawa buku pelajaran untuk belajar dan berbagai metode belajar yang bisa anda sesuaikan dengan pribadi anda.

9. Refrehing (rekreasi, berlibur, camping dll)
Cara Menjadi Pintar Yang Efektif yakni refreshing. Terlalu banyak belajar juga kurang baik, agar pikiran bisa segar dan jernih tidak ada salahnya sesekali anda pergi berlibur (bertamasya, rekreasi, camping, hiking dll) dengan itu akan sedikit mengurangi beban pikiran anda sehingga ketika anda selesai berlibur pikiran anda menjadi lebih fresh dan jernih kondisi tersebut membuat anda akan lebih mudah memahami materi pelajaran ketika anda belajar.

10. Berdoa
Cara Menjadi Pintar Yang Efektif  dengan berdoa. Doa adalah senjata yang paling ampuh, betapapun besarnya usaha anda jika tuhan belum mengisinkan anda menjadi orang pintar maka keinnginan anda pastinya belum bisa terwujud, oleh karena itu agar harapan/mimpi anda bisa terwujud maka hal tersebut harus diserta dengan 3 hal yakni berusaha, bersabar dan berdoa. Teruslah belajar dengan giat dengan semangat pantang menyerah sehingga anda tidak hanya menjadi orang yang pintar melainkan menjadi orang yang cerdas dan jenius.

Demikianlah 10 Cara Menjadi Pintar Yang Efektif yang bisa anda coba lakukan. Yakinlah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses, maka dari itu berusahalah sebaik mungin agar hasil yang anda dapatkan juga baik dan memuaskan. semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon