Tuesday, 4 July 2017

6 Cara Belajar Saat Kuliah Agar Sukses

Tags
6 Cara Belajar Saat Kuliah Agar Sukses _ Salah satu hal yang akan anda dapatkan saat kuliah yakni metode belajar yang diterapkan oleh dosen agak berbeda saat anda masih menempuh pendidikan di SMA maupun di SMP. Jika di bangku sekolah seorang guru cenderung aktif dalam memerhatikan motivasi dan semangat belajar siswanya agar mau aktif dan terlibat dalam pembalajaran (karena hal tersebut masuk dalam indikator dan tujuan pembalajaran, maka lain halnya saat anda sudah duduk dibangku kuliah, di bangku kuliah seorang mahasiswa sebaliknya justru dia dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam mencari informasi dan mempelajari berbagai hal seputar kegiatan perkuliahannya.

6 Cara Belajar Saat Kuliah Agar Sukses

Bangku kuliah adalah titik pendidikan formal tertinggi bagi seorang pelajar dan akan menjadi salah satu penentu langkah sukses kedepannya. Dalam hal belajar dalam bangku kuliah seorang mahasiswa harus memiliki strategi atau cara tertentu agar  melalui aktivitas perkuliahan yang dia jalani, kelak akan mengantarkannya untuk meraih setiap mimpinya.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Berhubung cara belajar di bangku kuliah yang menuntut seorang mahasiswa untuk dapat belajar secara mandiri dan aktif, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar orang tersebut bisa menjadi karakter atau pribadi yang lebih kompeten. Lantas apa saja tips belajar yang baik saat kuliah yang bisa dilakukan agar bisa menjadi orang sukses? Berikut ulasannya:

6 Cara Belajar Saat Kuliah Agar Sukses

 

1. Rajin mengikuti perkuliahan
Bagaimanapun materi-materi perkuliahan adalah modal yang sangat penting dan akan menjadi bekal anda dalam merintis karir anda kedepannya, oleh karena itu sebaiknya jangan malas untuk masuk kuliah, jika perlu berusahalah memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya dari kegiatan perkuliahan anda.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Semakin rajin anda mengikuti perkuliahan semakin banyak pula ilmu dan skill yang bisa anda dapatkan, jadilah mahasiswa yang aktif, serta jangan malu untuk bertanya jika ada hal yang anda kurang pahami seputar materi perkuliahan yang anda pelajari

2. Ikut dalam kegiatan organisasi kampus
Satu hal yang patut anda pahami bahwa belajar bukan hanya bisa dilakukan dalam perkuliahan, sejatinya dalam perkuliahan proses belajar meliputi berbagai hal termasuk dalam kegiatan organisasi kampus.
Melalui kegiatan lembaga kemahasiswaan (LK) anda akan belajar banyak hal, misalnya saja tentang cara bersosialisasi yang baik, belajar mengenai tugas dan tanggung jawab serta belajar seputar kepemimpinan.

Ada banyak ilmu yang bis aanda dapatkan melalui kegiatan organisasi kampus yang akan sangat bermanfaat setelah anda lulus kuliah, namun jangan overaktif dalam kegiatan LK kampus sehingga mengabaikan kegiatan perkuliahan, sebaiknya manajemenlah waktu anda  dengan baik, sehingga anda bisa membuat kegiatan perkuliahan dan organisasi kampus isa berjalan beriringan.

3. Gabung dengan komunitas belajar
Dibeberapa kampus biasanya ada beberapa komunitas-komunitas yang didirikan oleh mahasiswa untuk menjadi wadah bagi setiap mahasiwa untuk belajar suatu hal, misalnya saja komunitas bahasa inggris dan lain-lain.

Jika di kampus anda, ada komunitas belajar maka tidak ada salahnya anda ikut bergabung dalam komunitas tersebut guna semakin meningkatkan kompetensi dan kemampuan anda, dengan begitu bekal anda dalam merintis masa depan anda semakin besar.

4. Rajin masuk membaca di perpustakaan kampus
Buku adalah jendela dunia, ungkapan tersebut mengisyaratkan bahwa dengan banyak membaca akan ada banyak hal yang bisa anda pelajari. Saat kuliah anda bisa memanfaatkan waktu luang saat jedah kuliah/istirahat untuk masuk membaca buku di perpustkaan.

Apalagi jika perpustakaan di kampus anda telah dilengkapi dengan pendingin udara (AC) maka hal tersebut akan membuat anda semakin nyaman untuk belajar di perpustakaan

5. Sharing (diskusi) dengan teman kuliah
Selanjutnya tisp belajar saat kuliah yang bisa anda coba yakni melalui kegiatan diskusi anda dengan teman kuliah. Usahakan untuk rajin mendiskusikan bebagai hal atau berbagai kendala dan kesuliatan yang sedang anda hadapi, melalui kegiatan diskusi biasanya akan memunculkan banyak solusi dan jalan keluar bagi masalah anda. Melalui kegiatan diskusi anda bisa belajar banyak hal.

6. Ikut dalam kegiatan seminar
Biasanya setiap kampus rutin melakukan kegiatan seminar baik seminar untuk persyaratan kelulusan mahasiswa maupun seminar umun, jadi jika anda memiliki waktu luang, maka tidak ada salahnya anda menyempatkan diri untuk ikut dalam kegiatan seminar yang diadakan di kampus anda.

Dalam kegiatan seminar yang diadakan oleh kampus anda, ada banyak pelajaran yang bisa anda petik dan bisa menjadi pundi-pundi ilmu yang akan melengkapi kompetensi anda.

Demikianlah 6 Cara belajar saat kuliah agar sukses yang bisa anda lakukan, saatnya anda mengubah mindset atau pola pikir anda bahwasanya belajar bukan saja sebatas bertatap muka dengan dosen/guru dalam suatu ruangan, namun lebih dari itu belajar saat kuliah meliputi berbagai hal. Semoga artikel Cara belajar saat kuliah agar sukses, bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon