Saturday, 22 April 2017

5 Alasan Pengumuman CPNS GGD II Belum Dirilis

Tags
5 Alasan Pengumuman CPNS GGD II Belum Dirilis _ Program guru garis depan (GGD) II sejatinya merupakan program yang telah dimulai pada tahun 2016 dan berbagai tahapanpun telah dilalui oleh para peserta yang mendaftar menjadi Guru garis depan, mulai dari pendaftaran, pembekalan (bimtek) dan ujian seleksi CPNS GGD. Namun entah mengapa rilis pengumuman kelulusan para peserta guru garis depan belum juga dikeluarkan.

5 Alasan Pengumuman CPNS GGD II Belum Dirilis

Hal tersebut menjadi tanda tanya tersendiri bagi peserta Guru GGD, jika dirunut mulai dari proses awal seleksi mengikuti CPNS GGD sampai rencana pengumuman kelulusan setidaknya sudah hampir satu tahun lamanya, padahal berbagai tahap proses administrasi peserta telah diselesaikan.

Baca juga:
9 Keuntungan ikut program GGD
9 Cara menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa
Ikut SM3T berarti menunda pernikahan selama 3 tahun! Berani?

Tak telak jadwal pengumuman kelulusan CPNS GGD yang masih simpansiur, membuat para peserta mulai bersuara, mulai dari aksi protes melalui sosmed, dan beberapa status-status yang menunjukan sebagian dari peserta Guru GGD mulai kehilangan kesabaran menunggu rilis pengumuman CPNS GGD yang tak kunjung diumumkan.

Lalu apa alasan yang menyebabkan sehingga pengumuman CPNS GGD II belum dirilis sampai sekarang? berikut beberapa opini berdasarkan realita yang bisa menjadi penyebab sehingga pengumuman CPNS GGD belum dirilis.

5 Alasan Pengumuman CPNS GGD II Belum Dirilis

1. Administrasi kelengkapan data penempatan yang belum rampung
Alasan pertama yang menyebabkan sehingga pengumuman CPNS GGD belum dirilis karena menurut informasi yang dikutip dari "kendaripos.co.id" bahwasanya administrasi kelengkapan data yang belum rampung. Administrasi kelengkapan data tersebut kemungkinan meliputi data formasi penempatan Guru GGD yang harus disesuaikan dengan lokasi penempatan.

Jika betul yang menjadi alasan penundaan pengumuman CPNS GGD II adalah soal administrasi kelengkapan data maka hal tersebut mungkin saja yang menjadi penyebab pengumuman CPNS GGD yang belum ada kepastian, karena untuk melakukan proses perampungan data juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. Pemblokiran anggaran kemendikbud
Akibat proyeksi dari target APBN yang tidak tercapai ditahun 2016 membuat anggaran dari beberapa kementrian dipangkas untuk menutupi kebutuhan belanja negara. Dana kemendikbud juga menjadi sasaran pemangkasan anggaran. Sebanyak 3.9 triliun dana kemendikbud dihemat (self blocking).

Dana yang diblokir dalam jumlah besar (3.9 triliun) bisa menjadi alasan lain kenapa pengumuman CPNS GGD belum dirilis, karena seperti yang kita ketahui dana perekrutan dan gaji yang dibutuhkan oleh CPNS GGD bisa dibilang tidak sedikit.

Namun informasi lain menyebutkan bahwa dana untuk pengadaan CPNS GGD tetap ada (aman) meskipun sebagian dana milik kemendikbud dipangkas, hal tersebut tak lepas dari CPNS GGD yang merupakan program prioritas.

3. CPNS GGD belum memiliki payung hukum
Polemik pengadaan CPNS GGD dan PTT pernah menjadi polemik di dalam sidang DPR, karena beberapa anggota dewan menyatakan bahwa CPNS GGD dan PTT belum memiliki payung hukum, namun jika tetap dilanjutkan maka program CPNS GGD dan PTT merupakan program ilegal.

Sehingga informasi terakhir yang sempat didengar oleh penulis adalah, sedang diadakan penggodokan peraturan di DPR agar program tersebut bisa memiliki payung hukum. Dan ketiadaan payung hukum dalam proses perekrutan CPNS GGd dan PTT bisa jadi penyebab kenapa pengumuman CPNS GGD dan PTT belum dirilis.

4. Beberapa kabupaten belum memiliki anggaran yang cukup untuk CPNS GGD
Selanjutnya alasan mengapa penguman CPNS GGd belum dirilis sampai saat ini karena beberapa kabupaten yang menjadi lokasi penempatan Guru GGD tidak memiliki anggaran yang cukup, seperti yang kita ketahui kalau daerah yang akan mendanai sendiri Guru GGD yang ditempatkan di daerahnya.

Jadi kelihatan tidak etis jika daerah yang memiliki anggaran yang cukup untuk pelaksanaan CPNS GGD diumumkan kelulusannya sedangkan daerah yang memiliki dana yang kurang belum melakukan pengumuman.

5. Pemerintah yang kurang serius dalam pelaksaan CPNS GGD
Alasan terakhir yang menjadi penyebab pengumuman CPNS GGD yang tak kunjung dirilis adalah ketidakseriusan pemeriintah dalam memanajemen CPNS GGD, karena penundaan pengumuman bukan lagi dalam hitungan hari melainkan penundaan pengumuman sudah beberapa bulan.

Andaikan pemerintah 'khususnya yang terlibat langsung dalam penggadaan program CPNS GGD" serius maka kemungkinan pengumuman kelulusan mungkin telah dirilis beberapan waktu yang lalu, karena waktu beberapa bulan dalam merampungkan segala kelengkapan CPNS GGD sangat memadai, namun realita saat masih dengan hal yang sama yakni pengumuman yang tak kunjung dirilis.

Demikianlah 5 Alasan Pengumuman CPNS GGD II Belum Dirilis, walaupun tulisan di atas adalah sebuah opini pribadi dari penulis namun opini tersebut berdasarkan informasi yang beredar.

Namun satu hal yang haru dipahami bersama adalah pengumuman program CPNS GGD pasti akan dirilis, cepat atau lambat itulah yang menjadi pertanyaan. Jadi hal paling bijak yang bisa dilakukan saat ini adalah menunggu dengan sabar sembari memperbaiki dan memaksimalkan potensi diri. Karena pada hakikatnya tidak ada sabar yang sia-sia, jadi apapun yang telah diupayakan dengan maksimal disertai dengan kesabaran pada akhirnya akan menuai hasil yang manis.

Jadi menurut kalian alasan nomor berapa yang paling realistis sehingga pengumuman CPNS GGD belum dirilis sampai saat ini?

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon