Wednesday, 8 February 2017

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gerbang Untuk Meraih Gelar S.Pd. Gr

Tags
Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gerbang Untuk Meraih Gelar S.Pd. Gr_ Pendidikan profesi guru adalah sebuah jalur khusus yang disediakan bagi guru yang telah mengikuti program SM3T selama 1 tahun. Rentang waktu kegiatan pendidikan profesi guru (PPG) kurang lebih satu tahun, adapun tujuan pendidikan profesi guru sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas guru baik dari segi intelektual, keterampilan dan sikap.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gerbang Untuk Meraih Gelar S.Pd. Gr

Orang yang telah menyelesaikan pendidikan profesi guru (PPG) berhak menyandang gelar guru profesional (Gr) serta berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan tentunya akan lebih banyak keunggulan jika telah berstatus sebagai guru profesional mulai dari peluang karir yang lebih luas dan bisa mendaftar beberapa program pendidikan yang diselenggarakan pemerintah seperti Guru garis depan (GGD) atau Guru SILN. Selain itu dengan memiliki sertifikat pendidik juga akan mendapat tunjangan profesi meskipun masih berstatus sebagai guru honorer namun dengan beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi.

Baca juga:

Namun jangan mengira mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) itu mudah dan santai sama seperti saat masih kuliah starata satu (S1), Bisa dipastikan materi pendidikan dan pembelajaran dalam kegiatan PPG akan lebih berbobot dan menerapkan disiplin ketat. Namanya juga pendidikan profesi jadi mesti diberikan pendidikan yang berkualitas agar lulusannya bisa menjadi guru yang profesional.

Keistimewaan mengikuti pendidikan profesi guru adalah berbagai kebutuhan bagi peserta PPG akan ditanggung oleh pemerintah mulai dari tempat tinggal (asrama), tunjangan kesehatan, uang untuk membeli buku dan mendapat uang saku tiap bulannya. Luar biasa bukan! yang mesti dipersiapkan oleh peserta PPG adalah mental dan tekad yang kuat karena selama 1 tahun mereka akan benar-benar digembleng baik secara intelektual, mental, keterampilan agar bisa memenuhi kriteria sebagai guru profesional.

Seperti kata pepatah "sekali layar terkembang pantang surut kebelakang" toh PPG hanyalah sebuah fase singkat yang mesti dinikmati, karena sejatinya PPG bukanlah tujuan melainkan alat atau kendaraan untuk mencapai tujuan. Karena tujuan sesungguhnya adalah bagaimana menjadi guru yang memberi manfaat besar untuk sesama.

2 comments

Dunia pendidik kini jg dituntut untuk profesional ya mas,?

Dengan meningkatkan ilmu, dan kemampuan Guru, moga anak Didik bisa semakin cerdas.

Dunia pendidik kini jg dituntut untuk profesional ya mas,?

Dengan meningkatkan ilmu, dan kemampuan Guru, moga anak Didik bisa semakin cerdas.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon