Monday, 9 January 2017

Peranan Dan Tugas Kepala Sekolah

Peranan Dan Tugas Kepala Sekolah_ Tak disangkali bahwa banyak orang yang berkeinginan untuk bisa menjadi kepala sekolah oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan sedikit membahas apa Peranan Dan Tugas sorang Kepala Sekolah. Memangnya apa sih Peranan Dan Tugas Kepala Sekolah? berikuti sedikit ulasannya. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan sekolah menunjukkan bahwa keberhasilan tugas-tugas manajemen pendidikan di sekolah banyak tergantung kepada pimpinannya.

Baca juga:
17 Tugas Pokok Dan Fungsi Guru 

Karena itu, kepala sekolah sebagai seorang yang bertugas membina lembaganya agar berhasil mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan harus mampu mengarahkan dan mengkordinasi segala kegiatan. Tugas demikian tidak lain adalah tugas manajemen. Menurut Henry (Thoha, 2001) kepala sekolah sebagai manajer dapat melaksanakan fungsinya dengan baik maka ada tiga peranan utama sebagai yang harus dilakukan, yaitu:

Peranan Dan Tugas Kepala Sekolah

Peranan kepala sekolah
 

1.Peranan hubungan antar pribadi (interpersonal role)  
Kepala sekolah sebagai manajer maka dia harus berperan sebagai figurehead, leader, liaison manager.
 

a. Peranan sebagal figurehead 
yakni suatu peranan yang dilakukan untuk mewakili organisasi yang dipimpinnya dalam setiap kesempatan dan persoalan yang timbul secara formal, karena otoritas formalnya, maka manajer dianggap sebagai simbol dan berkewajiban untuk melaksanakan serangkaian tugas-tugas bersifat temporer. Contoh seperti menghadiri acara pembukaan, peresmian dan lain-lain.

b. Peranan sebagai pimpinan (leader)

Dalam peranan ini kepala sekolah sebagai manajer juga sebagai pimpinan. Ia melakukan hubungan interpersonal dengan yang dipimpin. Melakukan fungsi-fungsi fokoknya di antaranya memimpin, memotivasi, mengem-bangkan dan mengendalikan.

c. Peranan sebagai pejabat perantara (ilaision manager). 

Disini manajer melakukan peranan berinteraksi dengan teman sejawat, staf, dan orang lain di luar organisasinya, untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu kepala sekolah harus menyadari bahwa sekolah yang dipimpinnya itu tidak berdiri sendiri, maka Ia harus menempuh cara dengan memperbanyak hubungan dengan sejumlah individu-individu atau kelompok-kelompok tertentu di luar organisasi guna kepentingan sekolah yang dipimpinnya, minimal sebagai tukar informasi demi pengembangan sekolah.

2. Peranan yang berhubungan dengan informasi (informational role)  

Kelanjutan dan peranan interpersonal di atas maka Mintzberg (Thoha, 2001) merancang peranan kedua yang berkaitan dengan informasi. Sebagai kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya maka harus bertindak sebagai monitor, disseminator, dan spokesman.
 

a. Sebagai monitor
Maka harus siap menerima dan mengumpul informasi, agar Ia mampu untuk mengembangkan suatu pengertian yang baik dari organisasi yang dipimpinnya, dan mempunyai pemahaman yang komplit tentang lingkungannya. Sebab tanpa informasi tidak mungkin dapat mendeteksi perubahan-perubahan, mendefinisikan persoalan-persoalan.

b. Sebagal disseminator

Kepala sekolah dalam menerima informasi dan berbagal segi baik dari luar organisasi maupun dari bawahannya sendiri.

c. Sebagai juru bicara (spokesman)

Agaknya kebalikan dari disseminator. Kalau spokesman adalah untuk menyampaikan informasi ke luar untuk lingkungannya, maka disseminator berarti penyaluran informasi ke dalam organisasi.

Sebagai kepala sekolah, secara formal mewakili atau bertindak atas nama sekolah yang dipimpinnya, maka disebut spokesman. Oleh karena itu kepala sekolah banyak tahu tentang sekolahnya maka dia bisa bertindak efektif dalam mewakili organisasinya. Misalnya mengadakan suatu negosiasi  untuk kepentingan sekolahnya.

3. Peranan pembuat keputusan (desicional role)  

Peran kepala sekolah sebagai manajer maka secara pasti harus terlibat dalam suatu proses pembuatan strategi di dalam sekolah yang mereka pertanggung jawabkan. Menurut Mintzberg (Thoha, 2001) bahwa keterlibatannya karena: (1) secara otoritas yang formal sebagai manajer adalah satu-satunya yang diperbolehkan terlibat untuk memikirkan tindakan-tindakan yang penting atau yang baru dalam lembaga pendidikan binaanya, (2) sebagai pusat informasi, kepala sekolah sebagai manajer dapat memberikan jaminan atas keputusan yang baik, mencerminkan pengetahuan terbaru dan nilai-nilai organisasi atau pendidikan, dan (3) keputusan-keputusan strategi akan lebih mudah diambil secara terpadu dengan adanya satu orang pengontrol atas semuanya dalam pembuatan keputusan.
 

Nagh itulah tadi sedikit ulasan tentang peranan kepala sekolah, selanjutnya kita akan mengulas tugas dari seorang kepalah sekolah. Stoner (Wahjosumijo, 2002), menguraikan delapan fungsi manajer (kepala sekolah) sebagai berikut:
 

8 Tugas Kepala sekolah 

a. Kepala sekolah bekerja dengan dan melalui orang lain. Pengertian orang lain yaitu mencakup, staf, siswa ,guru, dan semua stakeholder. Ini berarti kepala sekolah berprilaku sebagai saluran komunikasi di lingkungan sekolah;
 

b. Kepala sekolah bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan semua aktivitas yang dilakukannya;
 

c. Kepala sekolah harus mampu menghadapi berbagai persoalan bilamana terjadi konflik antara kepentingan bawahan dan kepentingan sekolah;
 

d. Kepala sekolah harus berpikir secara analisis dan konsepsional dalam setiap tugas sebagai suatu keseluruhan yang saling berkaitan;
 

e. Kepala sekolah sebagai juru penengah atau pelerai secara adil dan bijaksana;
 

f. Kepala sekolah sebagai politisi untuk mengembangkan kerjasama melalui pendekatan persuasif dan kesepakatan;
 

g. Kepala sekolah adalah seorang diplomat dari wakil resmi dari sekolah yang dipimpinnya;
 

h. Kepala sekolah berfungsi sebagai pengambil keputusan yang sulit yang berperan sebagai orang yang dapat menyelesaikan persoalan dan kesulitan yang dihadapi.

Demikianlah sedikit pembahasan dari Peranan Dan tugas Kepala sekolah, kepala memiliki seabrek tugas dan tanggung jawab dalam memimpin sekolahnya untuk menjadi lebih baik sekaligus, oleh karena itu kepala sekolah sebaiknya harus memaksimalkan peranan dan tugasnya di sekolah.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon