Sunday, 4 December 2016

6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

Tags
6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda_ Tak dapat dipungkiri semangat jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda mulai sedikit terkikis. Globalisasi didiga menjadi pemicu salah satu semakin memudarnya jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda bangsa. Hal yang justru semakin mengakar dibeberapa pihak atau golongan adalah semangat untuk memperjuangkan kepentingan kelompok, sungguh ironis. kurangnya penanaman jiwa nasionalisme atau semangat nasionalisme pada generasi muda bangsa membuat budaya asing dengan mudahnya mempengaruhi pola pikirnya dan efeknya pada jiwa patriotisme kurang nampak.


Kondisi masyarakat yang dinamis menjadi tantangan tersendiri bagi pihak terkait untuk membentengi generasi muda penerus bangsa dari berbagai pengaruh negatif globalisasi. hal ini nampak dimana persatuan dan kesatuan bangsa tidak sekokoh dulu di zaman pasca proklamasi. untuk menganggulangi hal tersebut dibutuhkan tindakan yang terkoordinasi agar semangat nasionalisme atau jiwa nasionalisme pada generasi muda bisa tertancap dengan kokoh sehingga nilai-nilai kebangsaan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda bisa dilakukan dengan berbagai cara, metode yang digunakan bisa berupa hal yang menarik minat generasi muda untuk melakukannya sehingga tindak muncul perasaan yang mudah bosan dan menjenuhkan. berikut 

6 Cara Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

1. Refleksi sejarah
Salah satu Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda adalah melakukan nafak tilas sejarah baik itu dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah yang menjadi simbol perjuangan para pejuang bangsa. selain itu bisa juga dengan mempelajari sejarah melalui buku-buku yang menggambarkan perjuangan bangsa indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan atau bisa juga melalui pemutaran film dokumenter yang memperlihatkan betapa gigihnya pejuang bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan.

2. Melalui upacara bendera
Sebagian siswa sejatinya belum memahami makna dari pelaksanaan upacar bendera yang dilakukan setiap hari senin. melalui kegiatan upacara bendera sebaiknya memberikan pemahaman tentang tujuan dilakukannya upacara bendera sehingga jiwa nasionalisme siswa semakin besar.

3. Memperkenalkan berbagai keragaman budaya bangsa
Dengan memperkenalkan berbagai keragaman budaya bangsa serta kekayaan sumber daya alam bangsa membuat para generasi muda akan merasa beruntung telah dilahirkan di indonesia sehingga muncul jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan dan persatuan tanah air indonesia.

4. Melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan kewarganeraan mengajarkan anak tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik, taat terhadap aturan negara dan juga sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat patriotisme. jadi seorang guru bisa menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa melalui pembelajaran PKn.

5. Melalui pengenalan tokoh sejarah
Tokoh sejarah juga bisa menjadi media untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda bangsa misalkan dengan menceritakan bagaimana perjuangan tokoh tersebut dalam melawan penjajah dan mempertahankan keutuhan NKRI dari ancaman asing.

6. Memakai dan mencintai produk hasil produksi dalam negeri
salah satu Hal yang juga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda adalah dengan menganjurkan untuk selalu menggunakan produk dalam negeri, sehingga muncul penghargaan tersendiri untuk tanah airnya.

Demikianlah 6 Cara Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda, namun masih banyak sebenarnya cara lain dalam Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda tinggal memilih dan memilah mana yang tepat dalam Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon