Wednesday, 23 November 2016

Cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR

Tags
Cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR_ Perilaku anak yang malas mengerjakan tugas atau PR merupakan salah satu hal yang sering ditemukan pada anak-anak. Pada dasarnya setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda, sebagai guru atau orang tua perilaku anak yang malas mengerjakan tugas atau PR terkadang menimbulkan masalah tersendiri. 

Cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR

Namun sebelum membahas cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR terlebih dahulu kita harus memahami apa sebenarnya manfaat pemberian tugas dan PR kepada anak-anak agar solusi dalam menangani anak yang malas mengerjakan tugas dan PR tepat. Berikut ulasan 5 manfaat pemberian tugas kepada anak:

5 manfaat pemberian tugas kepada anak

1. Mereview pelajaran
Sebenarnya pemberian tugas kepada anak berfungsi agar anak mampu mengingat pelajaran yang telah diajarkan kepadanya di sekolah dengan adanya tugas atau PR anak bisa kembali mereview atau mengingat pelajaran yang telah diajarkan guru kepadanya.

2. membuat anak berpikir kreatif
Tugas juga cukup berperan dalam meningkatkan kreatifitas anak-anak, tugas menuntut seorang anak berpikir kreatif dan dinamis, jika biasanya beberapa tugas belajar dikerjakan melalui bimbingan guru namun pemberian tugas dan PR membuat anak-anak bekerja secara individual dan anak akan lebih berpikir dinamis dalam menemukan pemecahan masalah dari tugas yang diberikan.

3. menumbuhkan sikap mandiri
Sikap mandiri adalah salah satu karakter yang sangat urgent untuk dimiliki seorang anak, melalui pemberian tugas anak dituntut untuk mampu mengakomodasi segala hal yang berkaitan dengan tugasnya, hal ini akan membuat anak lebih mandiri dan tak selalu bergantung kepada orang lain.

4. menanamkan sikap tanggung jawab
Tugas juga memiliki manfaat bagi anak yakni untuk menanamkan sikap tanggung jawab dalam diri anak. Untuk mengetahui sikap tanggung jawab  dalam diri anak bisa terlihat jelas ketika diberi tugas, apakah anak tersebut mengerjakan tugas yang diberikan atau justru mengabaikan tugas yang diberikan oleh gurunya. Dengan bimbingan dan arahan dari guru ketika memberi tugas sangat berperan dalam sikap positif yang ditunjukan anak dengan mengerjakan tugas atau PR yang diberikan dan pada akhirnya murid akan memiliki komitmen untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Baca juga: 
Berdasarkan manfaat dari pemberian tugas atau PR kepada siswa, cukup berperan siginifikan dalam pembentukan kepribadian anak baik dalam aspek intelegensi maupun dari segi aspek sikap. Oleh karena itu demi tercapainya manfaat tugas dalam pembentukan pribadi siswa, maka perilaku siswa yang malas dalam mengerjakan tugas harus diatasi dan diminimalisir.

Jika berbicara tentang masalah yang kadang ditunjukan oleh peserta didik atau siswa yang malas mengerjakan tugas biasanya tak selamanya disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa tetapi kadang disebabkan oleh guru yang kurang tepat dalam memberikan perlakuan kepada siswa sehingga seolah-olah siswa tersebut malas mengerjakan tugas atau PR padahal sejatinya siswa itu tidak semalas yang kelihatannya.

Jadi bagaimakah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada anak yang malas mengerjakan tugas atau PR? Ada banyak cara atau metode dalam membuat siswa lebih displin dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas. Berikut 

Cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR

1. Berikan tugas atau PR yang proporsional
Terkadang seorang anak malas mengerjakan tugas atau PR karena guru tidak proporsional dalam memeberikan tugas atau PR, biasanya guru memberikan tugas atau PR yang banyak sehingga anak-anak menjadi kesulitan dalam menegerjakan tugas atau PR. Sebagai seorang guru maka sebaiknya dalam memberikan tugas atau PR kepada siswa harus sesuai dengan kemampuan anak didik.

2. Berikan tugas atau PR diwaktu yang tepat
Seorang guru dituntut untuk bijak dalam memberikan tugas kepada siswa, guru sebaiknya memberikan tugas kepada siswa disaat kondisi mood belajar siswa masih baik misalkan di awal-awal jam pelajaran dan sebaiknya menghindari memberi tugas kepada siswa disaat siswa mulai jenuh mengikuti pembelajaran seperti diakhir-akhir jam sekolah.

3. Berikan tugas yang memancing tumbuhnya rasa ingin tahu siswa
Salah cara mengatasi rasa malas mengerjakan tugas dari siswa adalah dengan memberi ugas yang memunculkan rasa ingin tahu siswa, oleh karena itu kemampuan guru dalam meramu sebuah tugas yang memiliki sisi menarik bagi diri siswa sangat berperan dalam membagkitkan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas atau PR.
 
Demikianlah Cara mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas dan PR yang bisa anda coba aplikasikan agar siswa atau anak anda lebih rajin untuk mengerjakan tugas maupun PR nya.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon