Thursday, 31 March 2016

UNSUR PERENCANAAN PEMBELAJARAN


UNSUR PERENCANAAN PEMBELAJARAN_ Unsur dalam perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mengakomodasi tercapainya tujuan pembelajaran oleh karena itu dalam artikel ini kami akan berbagi apa-apa saja yang menjadi unsur-unsur dalam suatu perencanaan pembelajaran. Berikut yang termasuk unsur perencanaan pembelajaran

“UNSUR PERENCANAAN PEMBELAJARAN”

A. Identifikasi masalah pembelajaran.
Tujuan dari tahapan ini adalah mengidentifikasi antara tujuan menurut kurikulum yang berlaku dengan fakta yang terjadi di lapangan baik yang menyangkut model, pendekatan, metode, teknik maupun strategi yang digunakan guru. 

B. Analisis Siswa.
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui tingkah laku awal dan karateristik siswa yang meliputi ciri, kemampuan dan pengalaan baik individu maupun kelompok. 

C. Analisis Tugas.
Analisis ini adalah kumpulan prosedur untuk menentukan isi suatu pengajaran, analisis konsep, analisis pemrosesan informasi, dan analisis prosedural yang digunakan untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan tentang tugas-tugas belajar dan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). 

D. Merumuskan Indikator. 
Analisis ini berfungsi sebagai 1) alat untuk mendesain kegiatan pembelajaran, 2) kerangka kerja dalam merencanakan mengevaluasi hasil belajar siswa, dan 3) panduan siswa dalam belajar

E. Penyusunan Instrumen Evaluasi. 
Bertujuan untuk  menilai hasil belajar, kriteria  penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, hal ini dimaksudkan untuk mengukur ketuntasan pencapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan. 

F. Strategi Pembelajaran. 
 Pada tahap  ini pemilihan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan. Kegiatan ini meliputi: pemilihan model, pendekatan, metode, pemilihan format, yang dipandang mampu memberikan  pengalaman yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

G. Pemilihan media atau sumber belajar. 
Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada penggunaan sumber pembelajaran atau media yang dipilih, jika sumber-sumber pembelajaran dipilih dan disiapkan dengan hati-hati, maka dapat memenuhi tujuan pembelajaran. 

H. Merinci pelayanan penunjang yang diperlukan.
 untuk mengembangkan dan melaksanakan dan melaksanakan semua kegiatan dan untuk memperoleh atau membuat bahan. 

I. Menyiapkan evaluasi hasil belajar dan hasil program.  

J. Melakukan kegiatan revisi perangkat pembelajaran.
setiap langkah rancangan pembelajaran selalu dihubungkan dengan revisi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki rancangan yang dibuat. 


Demikianlah unsur-unsur dalam perencanaan pembelajaran yang mesti anda ketahui, agar dalam menyusun suatu perencanaan pembelajaran sesuai dengan metode yang baku, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sepenuhnya.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon