7 Tips Jualan Online Agar Laku Keras

7 Tips Jualan Online Agar Laku Keras_ Diera digital seperti saat ini, metode dalam mempromosikan suatu produk atau barang bisa dikatakan sudah cukup variatif, jika beberapa tahun sebelumnya metode promosi yang marak digunakan adalah melalui pemasanan spanduk di pinggir jalan, penyebaran famplet atau beriklan di stasiun TV, maka saat ini dalam beriklan bisa dilakukan di berbagai paltform digital, mislanya saja melalui facebook, twitter, instagram, google, tiktok dan youtube.

Selain media sosial yang bisa menjadi sarana beriklan yang efektif, keberadaan marketplace bisa menjadi wadah untuk memasarakan produk, mislanya saja marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lain-lain. Dengan banyakanya sarana dalam mempromosikan jasa/produk/barang yang anda miliki maka potensi untuk bisa meraup pundi-pundi rupiah terbuka lebar.

Maka tak jarang kita melihat review atau testimoni orang yang sukses memasarkan jasa/produk/barang yang dimiliki melalui teknik digital marketing, sehingga bisa memperoleh untung sampai milyaran. Dan bagi anda atau siapapun juga berpotensi sukses dengan menjadi spesialist digital marketing. Lantas apa saja tips untuk menjadi digital marketing sukses? Berikut ulasannya:

Tips Menjadi Digital Marketing Sukses  

1. Riset Produk yang Laku/viral/booming

Pertama-tama hal yang cukup penting untuk dilakukan sebelum memulai jualan produk atau jasa, adalah dengan melakukan riset tentang produk yang lagi banyak diminati/viral/booming, dengan menjual produk yang lagi viral atau laris, maka kemungkinan kalian juga akan ikut cuan lumayan besar.

Untuk riset produk yang berpotensi bisa membuat anda cuan adalah bisa dengan menggunakan google trend, jadi kalian tinggal mengunjungi website google trend untuk mencari tahu produk/barang yang lagi banyak dicari atau dibicarakan, selain di google, riset bisa kalian lakukan dengan mengecek marketplace dan mencari tahu barang yang lagi laris, kalian misalnya bisa cek di shopee dan tinggal lihat produk terlaris dan kalian bisa ikut jualan produk tersebut.

cara riset produk lainnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengecek sosial media dan melihat barang atau produk apa saja yang lagi viral atau booming

2. Mempelajari produk/jasa (product knowledge) yang kalian ingin jual

Dalam memasarkan produk anda melalui metode digital marketing, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari produk atau jasa yang kalian jual. Misalnya saja kalian harus tahu apa kegunaan/manfaat dari produk/jasa yang anda jual, siapa target pasar dari produk yang anda jual, daya beli target/konsumen terhadap produk yang anda jual persentasinya berapa.

Setelah anda tahu product knoledge dari barang atau jasa yang kalian jual dan siapa taget pasar atau konsumen yang menjadi sasaran untuk membeli produk anda, maka langkah selanjutnya tinggal menentukan strategi promosi yang tepat dan efektif.

3. Menggunakan Berbagai Platform Sosial Media untuk Promosi

Seperti yang telah dibahas di awal, bahwasanya saat ini ada banyak sosial media yang sering digunakan oleh orang untuk berbagi aktivitas maupun untuk mencari hiburan dan informasi, mislanya saja sosial media yang cukup familiar kita lihat digunakan oleh sebagian besar orang yakni; whatssapp, facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok dan lain-lain.

Supaya jangkauan barang/jasa yang kalian pasarkan bisa luas, maka kalian bisa mempromosikan barang/jasa kalian melalui facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok, whatssapp dengan begitu potensi barang/jasa yang kalian tawarkan akan semakin laku terjual.

4. Menggunakan Promosi Berbayar

Untuk memaksimalkan penjualan produk/jasa yang kalian tawarkan, selain promosi secara organik dengan memanfaatkan platform media soal seperti whatssapp, facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok, kalian juga bisa memanfaatkan promosi berbayar seperti google ads, facebook ads, instagram ads, tiktok ads dan lain.

Dengan menggunakan promosi berbayar, maka konsumen yang menjadi pangsa pasar dari produk/jasa yang anda jual menjadi lebih tertarget, sehingga potensi untuk mendapatkan orderan semakin tinggi dan besar.

Misalnya saja sebagai contoh jika anda beriklan di facebook ads, maka kalian bisa menetukan lokasi/wilayah dimana iklan dimunculkan, misalnya ingin iklan anda hanya muncul di jakarta saja, atau surabaya ataupun kalian bisa memilih/menentukan agar iklan anda muncul di seluruh indonesia.

Dengan iklan facebook ads kita bisa menetukan jenis kelamin pengguna facebook yang bisa melihat iklan kita, mislanya saja kalian menjual kosmetik utnuk wanita, maka kalian bisa menetukan bahwa iklan tersebut akan muncul di akun facebook milik perempuan/wanita.

Selain jenis kelamin, dan wilayah, kita juga bisa menetukan rentang usia pengguna facebook yang bisa melihat iklan kita, misalnya saja kalian menjual kosmetik wanita, kan bisanya wanita mungkin ulai memakai make up diusia 15 tahun sampai 50 tahun, maka kalian bisa setting umur di iklan kalian.

5. Gambar dan Video Estetik

Biasanya dalam mempromosikan suatu produk/jasa kita akan meposting gambar atau video, maka dari itu, sebaiknya jangan asal sembarang memposting video atau gambar untuk mempromosikan produk/barang/jasa yang anda jual.

Sebaiknya gunakan gambar dan video yang estetik, karena psikologi konsumen juga akan terpengaruh dengan promosi yang menampilkan gambar dan video yang keren dan menarik serta informatif, jadi harus selektif dalam memposting video dan gambar promosi.

6. Soft selling dan covert selling

Jika kalian memanfaatkan sosial media seperti whatssapp, facebook, tiktok, instagram dalam berjualan, maka sebaiknya supaya followers anda tidak bisa dan jenuh dengan postingan anda yang tentang jualan melulu, maka kalian bisa menerapkan strategi Soft selling dan covert selling.

Soft selling dan covert selling adalah mempromosikan sesuatu yang tanpa dirasakan oleh audince bahwa hal tersebut adalah bentuk promosi. Misalnya saja kalian menjual kosmetik pemutih wajah.

Maka kalian bisa bikin video singkat tentang kalian lagi jalan-jalan di suatu tempat dan tiba-tiba kalian bertemu dengan teman dan teman kalian kaget melihat muka kalian yang tambah putuh dan bercahaya, lantas kamu sampaikan kalau wajah kalian bisa putih dan bercahaya semenjak memakai skincare xxxglow misalnya. nagh seperti itu yang dinamakan covert selling.

7. Menjual Produk/jasa di marketplace  

Market place apa saja yang kalian ketahui? Rasanya kalian sudh pasti familiar dengan market place berikut; shopee, tokopedia, lazada, bukalapak. Atau mungkin kalian juga biasa berbelanja secara online melalui marketplace tersebut.

Jadi market place seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak bukan hanya memungkinkan kalian bisa berbelanja online, akan tetapi kalian bisa membuat toko menjual produk anda di market place seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak. Dan bahkan ada yang mencapai hasil penjualan sampai milyaran melalui jualan di market place, kalian juga jangan mau ketinggalan.

0 Response to "7 Tips Jualan Online Agar Laku Keras"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close