Sukses Meningkatkan Bisnis dengan Data Management Platform

Sukses Meningkatkan Bisnis dengan Data Management Platform_ Dalam upaya meningkatkan pendapatan bisnis banyak strategi marketing bisa diterapkan, salah satunya dengan melakukan promosi, baik prmosi yang berbasis digital (melalui sosial media, promosi berbayar dan website) maupun promosi yang bersifat konvensional.

Membahas tentang promosi, maka jika melihat dari psikologis sebagian masyarakat saat ini yang lebih senang dengan sesuatu yang instan, misalnya untuk mencari infromasi dan mencari barang yang ingin dibeli, mereka lebih memilih searching di dunia maya ketimbang keliling mencari langsung. Salah satu yang mungkin menjadi pertimbangan adalah kepraktisan, karena hanya dengan browsing melalui Hp atau PC mereka bisa mendapatkan barang atau informasi yang dibutuhkan.

Melihat habit atau kebiasaan sebagian masyarakat modern saat ini, maka bukan hal yang keliru jika kita mengatakan teknik promosi secara digital atau digital marketing merupakan salah satu pilihan dalam melakukan promosi yang terbilang efektif. Namun bukan berarti promosi secara 

Kemudian muncul pertanyaan! Apakah promosi secara digital cara kerjanya sama halnya dengan promosi secara konvensional? Dalam beberapa hal memiliki kesamaan namun dalam hal lain memiliki perbedaan. Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat melakukan promosi secara digital/online adalah Data Management Platform (DMP).

Data Management Platform (DMP) secara istilah didefinisikan sebagai  teknologi yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengatur data dari berbagai sumber, umumnya dimanfaatkan untuk keperluan pemasaran secara digital atau digital marketing.

Informasi Seperti apa yang Bisa anda Dapatkan dari Data Management Platform (DMP)

Dengan memanfaatkan Data Management Platform (DMP) ada beberapa benefit yang bisa kalian dapatkan, berikut beberapa informasi yang bisa kalian dapatkan melalui Data Management Platform (DMP):

1. Riwayat Klik
2. Riwayat Unduh
3. Riwayat Kunjungan Website
4. Minat
5. Riwayat Pembelian
6. Data demografis sepert usia dan pendapatan.

Fungsi Data Management Platform (DMP)

Mungkin ada yang betanya tentang apa sih Fungsi Data Management Platform (DMP) dan seberapa penting Data Management Platform (DMP) dalam mewujudkan bisnis yang sukses bagi anda, berikut uraianya:
  • mengumpulkan data costumer baik secara online dan offline
  • klasifikasi dan strukturisasi data costumer
  • Analisa dan pelaporan audiens
  • Dapat diintegrasikan dengan platform media berbayar
  • Dapat diintegrasikan dengan penyedia data dari pihak kedua dan ketiga

Kelebihan Mempromosikan Bisnis dengan Berbasis Data Management Platform (DMP)

1. Iklan Lebih Tertarget
Dalam melakukan promosi, apalagi promosi berbayar yang diharapkan adalah apa yang kita iklankan memang sesuai dengan target costumer yang ditargetkan, karena apabila promosi atau iklan yang kita pasang muncul secara acak tanpa adanya kategorisasi user, maka dikhawatirkan bisa membuat biaya iklan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan income yang didapatkan.

Dengan Data Management Platform (DMP) akan membantu iklan anda lebih tertarget sehingga biaya iklan mampu ditekan, karena iklan hanya muncul dilaman atau dipenelusuran orang yang jadi target pasar memang telah tertarget atau sederhananya rekam jejaknya memang pernah mencari atau membutuhkan barang yang kita promosikan

2. Mendorong audien untuk Melakukan Pembelian
Kenapa sangat penting melakukan promosi berbasis Data Management Platform (DMP)? Karena tujuan utama kita melakukan advertising adalah untuk meningkatkan penjualan atau omzet bisnis! Dan jika iklan yang anda pasang memang relevan dengan kebutuhan costumer yang melihat iklan tersebut, maka kemungkinan bisa Mendorong audien untuk Melakukan Pembelian.

Ilustrusinya sangat sederhana, misalnya costumer pernah melakukan penelusuran tentang suatu produk atau mencari suatu barang secara online, maka data penelusuran tersebut akan terekam, sehingga apabila jika barang yang anda iklankan sesuai dengan apa yang pernah ditelusuri oleh costumer tersebut maka peluang costumer untuk membeli baranga anda semakin terbuka.

3. Menciptakan Kategori Audiens atau Pelanggan

Apa yang kita jual pasti memiliki target pasar, misalnya jika kita menjual perlengkapan bayi, maka target pasarnya adalah ibu-ibu yang baru melahirkan atau yang akan melahirkan, jika kita menjual pakaian sekolah maka target audiensnya adalah siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. 

Dengan adanya kategori audiens tersebut maka akan memudahkan advertising dalam merencanakan iklan yang tepat sasaran. sehingga jika kita melakukan promosi yang berbasis Data Management Platform (DMP) maka kita bisa menentukan kategori audiens atau ketegori costumer dengan menganalisa objek atau barang yang kita jual. 

4. Penjualan Bisa Meningkat

Sebagai pebisnis maka salah satu hal yang diharapkan adalah bisa meningkatkan penjualan produk atau barang yang mereka jual, karena dalam teori ekonomi semakin banyak penjualan maka akan berbanding lurus dengan untung yang didapatkan.

Bagi yang pengalaman dalam dunia bisnis dan sempat merasakan jatuh bagun suatu bisnis atau bangkrut maka pasti perasaan kecewa akan muncul dengan kondisi yang pernah mereka alami tersebut, maka dari itu menyusun strategi marketing yang tepat sangat penting guna meminimalisir kerugian. 

Sederhananya menyusun strategi marketing khusunya dalam beriklan tidak boleh asal-asalan, karena dengan iklan yang tepat dan costumer yang tepat maka potensi terjadinya klik dan penjualan akan terbuka lebar, maka sangat penting anda memiliki big data tentang siapa saja yang menjadi target pasar anda, sehingga Data Management Platform (DMP) bisa membantu anda menemukan costumer sesuai kategori barang yang anda jual.

5. Bisnis berpotensi Berkembang Pesat

Pernah nggak kalian melihat seseorang yang jualan dari rumah atau istilahnya usahan rumahan dan kemudian dipasarkan secara online namun bisnisnya bisa untung besar, bahkan sampai membuat usahanya berkembang pesat! Amazing bukan, bandingkan dengan penjual yang memasarkan produk secara konvensional, mana kira-kira yang berpotensi meraup untung besar?

Sebenarnya antara penjualan yang dilakukan secara konvensional atau berbasis digital marketing sama-sama berpotensi mendapatkan untung besar asal tahu strategi marketing yang tepat. Dengan berjualan online dari rumah bisnis yang anda geluti bisa berkembang pesat jika promosi yang dilakukan tertarget yang artinya minimal harus melakukan promosi berdasarkan informasi yang didapatkan dari Data Management Platform (DMP).

Demikianlah artikel yang berjudul "Sukses Meningkatkan Bisnis dengan Data Management Plarform", semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua. Jangn lupa share!

0 Response to "Sukses Meningkatkan Bisnis dengan Data Management Platform"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close