Manajemen Waktu Belajar yang Efektif Untuk Taklukan UTBK SBMPTN

 Manajemen Waktu  Belajar yang Efektif Untuk Taklukan UTBK SBMPTN ?_ Ujian tertulis berbasis komputer atau sering dikenal dengan istilah "UTBK", adalah ujian masuk perguruan tinggi negeri, yang mau tidak mau harus dilewati oleh anda yang berencana mendaftar dan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Mungkin bagi anda yang mau lanjut kuliah di PTN, pasti sudah lazim mendengar jalur pendaftaran SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri), nagh melalui jalur SBMPTN ini, anda juga akan dites dengan menggunakan sistem UTBK.

Sebenarnya memahami mekanisme tes UTBK sulit, karena untuk mempelajarinya cukup mudah. Yang jadi pertanyaan adalah mampukah anda menyelesaikan semua soal-soal yang muncul dalam tes UTBK tersebut. Atau anda belum tahu jenis tes apa saja yang biasanya muncul dalam tes UTBK SBMPTN!

Jadi perlu kalian ketahui bahwasanya adalah ada tiga jenis tes yang akan dihadapi yakni; TPA (tes potensi akademik) yang terdiri dari tes penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum serta pengetahuan kognitif adapun TPS (tes potensi skolastik) terdiri dari tes verbal, tes angka, tes logika, tes spasial atau gambar dan tes bahasa inggris. Jadi kesimpulannya ada 3 jenis tes yang akan dihadapi yakni TPA, TPS dan Bahasa inggris.

Berhubung materi tes UTBK masuk perguruan tinggi yang cukup luas, maka anda perlu melakukan perencanaan pembelajaran agar pada saat hari H atau hari tes, kalian bisa sukses menaklukan tes UTBK SBMPTN dan sukses lulus di PTN impian kalian.

Lantas, bagaimana cara memanajemen waktu belajar untuk persiapan UTBK SBMPTN, agar bisa efektif, karena jika hanya asal-asalan belajar tanpa strategi maka bisa jadi apa yang anda pelajari tidak maksimal, dalam tulisan kali ini, kami akan ulas bagaimana cara "Manajemen Waktu  Belajar yang Efektif Untuk Taklukan UTBK SBMPTN"!

1. Mencari Tahu Jenis Kategori Tes UTBK

Sebelum memulai belajar untuk persiapan menghadapi tes UTBK SBMPTN? Maka alangkah baiknya kalian terlebih dahulu mencari tahu jenis tes apa saja yang biasanya diujikan dalam tes UTBK masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasanya ada tiga jenis tes yang biasanya akan muncul dalam tes UTBK SBMPTN, yakni tes potensi akademik (TPA), tes potensi skolastik (TPS) dan tes bahasa inggris.

Jadi jika kalian sudah tahu jenis tes yang muncul dalam UTBK, maka kalian sudah bisa untuk mempelajari kategori tes tersebut, sehingga materi-materi yang tidak berkaitan dengan jenis tes tersebut bisa kalian tidak pelajari.

2. Membuat Road Map Belajar.

Tips selanjuntya dalam memanajemen waktu belajar anda supaya efektif adalah silahkan kalian buat Road Map atau bahasa sederhananya membuat peta/desain/alur belajar kalian, mislanya kan ada tiga jenis kategori tes dalam UTBK maka silahkan anda buat roap map belajar anda.

Jika masih bingung ilustrsinya seperti ini, mislanya TPA yang terdiri dari tes penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, maka silahkan anda tentukan hari ini, mau fokus belajar materi apa! atau bisa juga anda mempelajari secara mix.

Road Map yang anda susun jangan hanya terpaku pada materi saja namun anda juga sebaiknya menentukan atau memporsir dalam seminggu berapa hari anda akan belajar materi-materi UTBK termasuk melakukan Try Out.

3. Belajar Secara sistematis

Mungkin anda semua sudah tahu, namun tidak ada salahnya saya berbagi dengan anda, dengan tips belajar selanjutnya yakni "Belajar Secara sistematis". Belajar secara sistematis adalah belajar secara terstruktu, karena memang materi yang biasanya disajikan dalam tes UTBK terstruktur dan memiliki tingkatan.

Supaya anda lebih paham, maka saya akan mencoba analogikan, misalnya: di sekolah dasar (SD) kelas rendah dalam belajar matematika siswa tidak langsung diajarkan tentang kuadrat atau pengkuadratan, akan tetapi alurnya seperti ini, pemjulahan dan pengurangan, selanjutnya perkalian dan pembagian dan kemudian pengkuadratan.

Maka sama halnya dengan belajar materi UTBK, anda juga harus sistematis dalam belajar, usahakan belajar materi mulai dari yang dasar, kemudian ke tingkat selanjutnya dan selanjutnya. dengan begitu pastinya pengetahuan anda lebih sistematis dan pasti kalian akan mudah paham.

4. Ikut Bimbel Ruangguru

Tips selanjutnya yang ingin saya share adalah dengan menyerankan anda ikut bimbel online "Ruangguru"! Kenapa memilih bimbel Ruangguru kenapa bukan bimbel yang lain? Karena Ruangguru merupakan bimbel yang bisa dikatakan paling banyak penggunanya dan sudah berdiri sejak lama, serta ada banyak testimoni pengguna ruangguru yang berhasil lulus UTBK berkat ikut bimbel Ruangguru!.

Bimbel Ruanggguru juga memiliki banyak sekali pilihan langganan mulai dari yang berbasis online atau gabungan offline dan online, dll. Ruangguru juga memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam belajar.

Dan yang paling menarik adalah kalian bisa mendapatkan diskon, dengan cara kalian menggunakan Kode Diskon Ruangguru: AYOBIMBEL. Dengan menggunakan kode diskon ruangguru tersebut, kalian bisa dapat diskon sampai 70%.

Kelebihan lain dari bimbel Ruangguru adalah kalian bisa akses melalui Hp atau komputer, sehingga menjadikan waktu kalian lebih efektif. Jadi sebaiknya ikut bimbel menjadi prioritas anda agar sukses taklukan UTBK SMPTN.

5. Menentukan Waktu Belajar yang Efektif.

Kemudian yang mesti juga anda perhatikan dalam perihal belajar untuk persiapan tes UTBK SBMPTN adalah dengan mengatur atau menentukan waktu belajar, karena pastinya kalian juga setuju jika tidak semua waktu cocok untuk belajar!

Misalnya saja siang hari, anda dalam keadaan capek dan ngantuk, terus mau maksain belajar jadinya bukannya semakin tahu maka susah paham, alhasil belajarnya tidak ekfektif. Jadi ada waktu-waktu yang memang bagus untuk belajar, misalnya saat subuh hari, malam hari dll 

Namun sebenarnya waktu belajar yang baik itu, tergantung pada individu masing-masing, ada yang senang belajar pada pagi hari, ada yang senang belajar pada siang hari dan ada yang senang belajar di malam hari bahkan ada yang senang belajar pada waktu subuh hari. Jadi anda tinggal menyesuaikan dan menkondisikan mana waktu yang memang anda senangi untuk belajar.

6. Perbanyak Try Out

Belajar penting agar bisa lulus UTBK SBMPTN namun yang tidak kalah penting adalah kalian luangkan waktu untuk ikut Try Out! Jadi kalian sebaiknya mengalokasikan waktu untuk rutin ikut Try Out, sebab dengan Try Out kalian bisa mengetahui kekurangan kalian dan segera mengevaluasi diri agar nantinya bisa semakin menguasais semua materi tes UTBK.

Kabar baiknya, anda bisa mengikuti Try Out online di Ruangguru, jadi kalian selain bisa belajar di ruangguru terkait materi UTBK, video pembelajaran dll Try Out pun kalian bisa dapatkan di apliakasi Ruang guru.

7. Luangkan Waktu untuk Refreshing

Belajar terus menerus juga bisa membuat pikiran jadi stress, maka usahakan bisa meluangkan waktu untuk refreshing sekali-kali guna membuat pikiran anda kembali rileks, segar dan tenang sehingga kalian bisa belajar lagi dalam kondisi rileks.

Rekomendasi jenis refreshing yang bagus misalnya yang berkaitan dengan air, misalnya berenang di pantai, atau air terjung, namun semuanya kembali pada selera masing-masing, jadi silahkan pilih jenis refreshing sesuai kegemaran kalian.

Demikianlah "Manajemen Waktu  Belajar yang Efektif Untuk Taklukan UTBK SBMPTN", semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.


0 Response to "Manajemen Waktu Belajar yang Efektif Untuk Taklukan UTBK SBMPTN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close