6 Tips Agar Tetap Berprestasi Saat Pembelajaran Daring (Online)

6 Tips Agar Tetap Berprestasi Saat Pembelajaran Daring (Online)_Gimana nih perasaan kalian selama beberapa bulan terakhir mengikuti pembelajaran secara daring? Apa hasil atau nilai belajar yang kalian dapatkan selama pembelajaran online cukup stabil atau malah sebaliknya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran daring (Online) memiliki beberapa kendala sehingga sebagian siswa tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga nilai atau prestasi belajarnya stagnan bahkan cenderung menurun, hal tersebut misalnya disebabkan oleh; kurang maksimalnya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, berkurangnya interaksi belajar antara guru dan siswa dan durasi waktu belajar yang berkurang. Lantas gimana nih kalau pembelajaran secara daring masih terus diterapkan? 

Kalian tidak mau bukan jika prestasi belajar yang kalian peroleh cenderung tidak mengalami peningkatan bahkan cenderung menurun, apalagi jika kalian punya mimpi untuk mendaftar diperguruan tinggi ternama, pastinya nilai ujian (UN) juga akan berpengaruh terhadap lulus atau tidaknya kalian di PT Favorit kalian. Maka dari itu hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, kalian harus punya strategi belajar yang Worth It agar tetap bisa memperoleh nilai maksimal sehingga kalian bisa mewujudkan cita-cita kalian. 

Ada beberapa tips yang terhitung cukup Worth It yang bisa kalian lakukan selama pembelajaran online untuk menunjang kegiatan belajar kalian dari sekolah agar bisa mencapai hasil belajar yang maksimal, berikut Tipsnya:

Tips Agar Tetap Berprestasi Saat Pembelajaran Daring (Online) 

1. Ikut Bimbingan Belajar Online 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran daring yang diterapkan oleh sekolah membuat kegiatan pembelajaran tidak bisa terlalu maksimal, maka dari itu sangat penting untuk bisa memaksimalkan pemahaman kalian terhadap materi pelajaran yang diajarkan oleh guru dengan cara ikut bimbel online. 

Seperti yang kita ketahui saat ini ada begitu banyak bimbingan belajar yang tersedia baik itu bimbingan belajar tatap muka langsung atau bimbingan belajar online, namun kalau berbicara masalah praktis dan efektif maka bimbel online kelihatannya masih lebih efektif karena melalui bimbel online kalian bisa mengulang-ulang materi pembelajaran melalui video pembelajaran online yang disediakan oleh bimbel online tersebut. 

Salah satu bimbel online yang saat ini cukup populer adalah bimbingan belajar online pahamify, ada beberapa kelebihan dari bimbingan belajar online pahamify salah satunya adalah bimbingan belajar online pahamify biaya untuk berlangganan harganya cukup bersahabat bahkan terbilang murah, namun bukan murahan karena kualitas bimbel online Pahamify bisa bersaing dengan bimbel lainnya. 

Menurut sepengetahuan penulis, saat ini bimbel online pahamify merupakan bimbel yang paling murah, dan apalagi jika kalian menggunakan Kode Diskon Pahamify: PFMCERIA, maka kalian akan mendapatkan diskon tambahan. 

Memang selain bimbel pahamify, ada bimbel online lainnya yang sudah cukup popular dikalangan siswa-siswi di seluruh Indonesia yakni bimbel online Ruang Guru, Ruang Guru sendiri diklaim sebagai bimbel nomor satu di Indonesia. Sama seperti pahamify, jika kalian ingin mendapatkan diskon dari Ruang Guru kalian tinggal gunakan Kode Diskon Ruang Guru: SYAMSURIDUMRAA 

2. Mencatat Materi-materi penting dalam pembelajaran 

Dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (Online), pastinya sebagai siswa kita tidak akan leluasa bertanya kepada guru, tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan, hal tersebut karena terbatasnya waktu, pembelajaran online tidak seinteraktif pembelajaran tatap muka dan berbagai kendala-kendala lainya 

Sehingga sangat penting bagi adik-adik siswa untuk mencatat Materi-materi penting dalam pembelajaran, sehingga kalian bisa mengulang-ulang materi tersebut sampai kalian bisa paham. Dengan begitu kalian tidak akan tertinggal materi pelajaran, selain itu kalian juga bisa membuka catatan kalian jika suatu saat nanti akan diadakan ujian, sehingga kalian punya refrensi untuk dipelajari. 

3. Manajemen Waktu Belajar 

Pembelajaran secara daring dan belajar tatap muka, secara durasi waktu sangat berbeda, jika pembelajaran secara tatap muka di kelas siswa biasanya akan belajar 3-4 jam di sekolah maka pembelajaran secara online, siswa biasanya hanya belajar via zoom bahkan sebagian guru menggunakan WA sebagai media belajar siswa, pastinya hal tersebut tidak akan terlalu efektif. 

4. Rajin Mengerjakan Tugas 

Banyak guru yang dalam pembelajaran daring memberikan tugas kepada siswanya untuk dikerjakan, pastinya nilai tugas juga akan diakumulasi dalam nilai lainnya, sehingga sangat penting untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kalian agar nilai yang kalian dapatkan tetap maksimal. 

5. Rajin Hadir dalam Pembelajaran 

Memang tak bisa disangkal bahwa kehadiran sangat berperan besar terhadap nilai yang akan diberikan oleh guru, jika kamu rajin hadir mengikuti pelajaran pastinya kamu akan paham dengan pelajaran, dan jika guru kalian memberikan tugas, pastinya kalian akan bisa mengerjakan dengan benar karena kalian sudah pelajari sebelumnya materi yang diberikan oleh guru kalian. 

6. Memanfaatkan Sarana Belajar Lainnya 

Bukan hanya melalui bimbel online atau pembelajaran yang diberikan oelh guru, kalian bisa belajar dari berbagai aplikasi yang saat ini ada, sebut saja youtube, google, rumah belajar, dan masih banyak lagi aplikasi belajar lainnya, tinggal kalian pilih aplikasi belajar yang cocok untuk kalian. 

Jadi tidak ada alasan untuk tidak berprestasi meskipun pembelajaran masih bersifat daring, tetap semangat belajar untuk meraih cita-cita, manfaatkan semua sarana belajar, rajin mencatat, rajin hadir mengikuti pelajaran sehingga kalian bisa mendapatkan nilai maksimal. 

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua, jika kalian menganggap artikel tentang tips agar tetap berprestasi dalam pembelajaran online bermanfaat, silahkan kalian share artikel ini.

0 Response to "6 Tips Agar Tetap Berprestasi Saat Pembelajaran Daring (Online)"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close