9 Tata Tertib di Ruangan Perpustakaan

Tata Tertib di Ruangan Perpustakaan_ Perpustakaan merupakan tempat untuk membaca dan mencari refrensi, di perpustakaan biasanya terdapat banyak buku-buku, jurnal dan berbagi sumber pengetahuan bermanfaat lainnya. Hal yang sudah lazin kita temukan dalam suatu perpustakaan adalah suasana ruangan perpustakaan yang biasa ramai sesak oleh para pembaca.


Namanya juga tempat umum dan biasa didatangi oleh banyak pengunjung, sehingga tak jarang menemukan tata tertib di suatu perpustakaan, lantas tata tertib seperti apa yang biasanya terdapat di suatu perpustakaan menurut pengalaman penulis? Supaya kalian bisa memiliki gambaran tentang tata tertib yang ada di perpustakaan, silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai

9 Tata Tertib di Ruangan Perpustakaan

1. Dilarang Ribut
Sudah menjadi pengetahuan bersama, bahwasanya tata tertib yang lazim ada di setiap perpustakaan adalah tentang larangan untuk ribut di dalam perpustakaan. Kenapa ada larangan untuk ribut saat berada di perpustakaan? Pastinya hal tersebut dengan kondisi setiap pengunjung perpustakaan yang diharapkan bisa merasakan suasana tenang dan tentram saat berada di perpustakaan, agar apa yang mereka cari atau baca bisa dimengerti.

Bayangkan jika saat berada di dalam perpustakaan dan anda sedang membaca buku untuk mencari tahu sesuatu, namun tiba-tiba ada oranglain yang ribut! pastinya kita akan merasa terganggu dengan suara bising yang kita dengar, maka hal tersebut yang menjadi alasan kenapa dilarang ribut dalam perpustakaan.

2. Mengembalikan Buku di Tempat Semula
Aturan atau tata tertib yang jug biasa terdapat dalam perpustakaan adalah pembaca diharapkan mengembalikan buku yang telah selesai dibaca ke tempat semula atau ke rak buku dimana buku tersebut diambil, karena seperti yang kita ketahui buku yang telah susun dalam perpustakaan, sudah diberikan kode dan kalsifikasi jadi tidak boleh buku di simpan di tempat yang berbeda dimana buku tersebut di ambil.

Bayangkan jika setiap orang yang masuk perpustakaan dan mengambil buku kemudian meletakkan di rak buku yang berbeda, pastinya petugas perpustakaan akan merasa pusing untuk mengatur atau menyusun ulang buku-buku tersebut, maka dari itu sebaiknya silahkan kembalikan buku yang telah dibaca ke rak buku semula.

3. Memiliki ID Card atau Kartu Perpustakaan
Setiap pengunjung yang mau masuk perpustakaan biasanya harus memiliki kartu perpustakaan, namun untuk beberapa perpustakaan tidak mewajibakan pengunjung harus memiliki kartu perpustakaan untuk bisa masuk dalam perpustakaan. Kartu perpustakaan juga biasanya digunakan untuk meminjam buku, dengan jaminan kartu perpustakaan yang dititip di petugas perpustakaan maka orang yang bersangkutan bisa meminjam buku di perpustakaan.

Untuk pembuatan kartu perpustakaan biasanya terdapat biaya pembuatan dan administrasi, namun jumlah pembayarannya juga tidak teralalu mahal. Bagi kalian yang ingin supaya bebas keluar masuk dan perpustakaan dan ingin meminjam buku dari perpustakaan maka sebaiknya kalian mengurus kartu perpustakaan.

4. Menyimpan Tas, Jaket dan lain-lain dalam Loket Perpustakaan
Aturan selanjutnya yang cukup lazim ditemukan di perpustakaan adalah pengunjung sebelum memasuki perpustakaan harus Menyimpan Tas, Jaket dan lain-lain dalam Loket Perpustakaan. Hal tersebut bertujuan agar barang-barang tersebut tidak menganggu oranglain yang berada di perpustakaan.

Alasan lain kenapa Menyimpan Tas, Jaket dan lain-lain dalam Loket Perpustakaan dianjurkan adalah untuk menghindari orang -orang yang tidak bertanggun jawab yang mengambil buku dan menyimpan dalam tas atau jacket tanpa melapor dipetugas perpustakaan.

5. Melapor di Petugas Perpustakaan Sebelum Masuk Perpustakan
Setiap orang yang ingin masuk di perpustakaan pertama tama harus melaporkan diri di petugas perpustakaan dan menulis/mengisi data diri di buku pengunjung perpustakaan hal tersebut untuk mengetahui persentasi pengunjung perpustakaan setiap hari, bulan dan tahun.

Usahakan jangan masuk perpustakaan secara ilegal atau tanpa melaporkan diri terlebih dahulu ke petugas perpustakaan karena hal tersebut merupakan perbuatan yang kurang baik. Jadi hindari hal-hal yang bisa membuat anda di blacklist untuk bisa masuk perpustakaan lagi.

6. Dilarang Buang Sampah Sembarangan
Kalian sudah pasti pada tahu jika membuang sampar sembarangan merupakan hal yang tidak baik, apalagi jika kalian membuang sampah sembarang dalam perpustakaan. Sampah-sampah yang berserakan bisa membuat pengunjung perpustakaan merasa terganggu sehingga buasang sampah dalam perpustakaan sangat tidak dianjurkan.

Jadi larangan buang sampah dalam perpustakaan merupakan tata tertib yang lazim kita temui di perpustakaan-perpustakaan yang ada di berbagai daerah. Namun jangan khawatir karena biasanya perpustakaan memiliki tempat-tempat sampah yang disediakan.

7. Dilarang Merokok
Merokok dibeberapa tempat umum saja dilarang, apalagi jika merokok dalam perpustakaan pastinya sangat-sangat tidak diperbolehkan. Bau asap rokok juga bisa menganggu pengunjung perpustakaan lainnya, sehingga memunculkan perasaan tidak nyaman.

Maka dari itu hindari merokok dalam perpustakaan, merokok bukan hanya merugikan diri kalian tapi merokok juga bisa merugikan oranglain. Biasanya ada tulisan di dinding yang menyuratkan tentang larangan merokok dalam perpustakaan.

8. Dilarang Melipat dan Merobek Buku
Buku-buku dalam perpustakaan biasanya akan digunaan oleh banyak orang tiap harinya, sehingga sebagai pembaca yang baik tidak boleh merobek buku atau melipat buku yang bisa menjadi penyebab berkurangnya umur dan kualitas buku yang ada dalam perpustakaan.

Jika memang ingin menandai suatu halaman dalam buku kalian bisa mengunakan pembatas yang berupa kerta atau pembatas buku lainnya. Maka dari itu sangat penting kalian pahami tentang tata tertib larangan melipat dan merobek buku.

9. Larangan Membunyikan Hp
Tata tertib terakhir dalam perpustakaan adalah larangan untuk membunyikan Hp secara keras, bagi yang masuk dalam perpustakaan biasanya akan dianjurkan untuk meng "Silent" Hpnya agar nanti ketika tiba-tiba ada panggilan masuk, maka nadanya tidak menganggu oranglain. 

Demikianlah artikel tentang "Tata Tertib di Ruangan Perpustakaan", semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. 
  

0 Response to "9 Tata Tertib di Ruangan Perpustakaan"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close