7 Tips Menasehati Siswa Yang Bandel

7 Tips Menasehati Siswa Yang Bandel_ Tugas seorang guru tidak hanya membuat siswanya menjadi pintar dan cerdas. Tetapi ada tugas lainnya yaitu menanamkan sikap sopan santun dan juga budi pekerti terhadap siswa itu sendiri.

Tujuannya yaitu tentu saja saat anak sudah bisa berbaur dengan masyarakat, dia bisa menerapkan sikap positif atau sikap yang baik. sehingga bisa tercipta masyarakat yang damai dan aman. Bagi seorang guru mendidik anak bukanlah sesutu pekerjaan yang Mudahhh. Mendidik sikap anak yang bandel sajah sudah susah, apa lagi ditambah mendidik anak sampai pintar.

Tentu itu bukan hal yang Mudahh melainka itu merupakan suatu tugas yang berat bagi seorang guru. kenakalan dan kebandelan anak sekarang tidak akan lepas dari tanggung jawab seorang guru disekolah. Oleh sebab itu guru harus mampu menasehati siswa yang bandel agar seorang anak tidak terjerumus kedalam hal – hal yang tidak baik.

7 Tips Menasehati Siswa Yang Bandel_

1. Perlihatkan Sikap Yang Lemah Lembut Terhadap Siswa Yang Bandel 
Jika kita menemukan anak bandel disekolah yang melakukan kesalahan jangan mengeluarkan kata – kata yang kasar kepadanya atau memarahinya, cobalah anda menenangkan diri anda terlebih dahulu, kemudian ajak si anak tersebut untuk berbicara ejenak bersamanya dengan bahasa yang lemah lembut, dan juga sedikit tegas.

Anak yang bandel jika dimarahi bukan malah diam maka akan semakin memberontak dan akan semakin sulit untuk diajak. dengan adanya cara ini diharap sikap anak akan Mudah di ajak dan lebih untuk terdidik.

2. Bersikap Tenang Terhadap Murid Yang Bandel 
Pasti disetiap saat mengajar dikelas ada sajah siswa yang bandel sehingga membuat suasana kelas menjadi gaduh. Yang tadinya suasa kelas tenang tiba – tiba langsung berubah menjadi berisik seisi kelas. Mau menerangkan apapun dikelas juga tidak terdengar.

Dari pada berteriak didepan murid lebih baik tenang. Berikan mereka gestur nonverbal maksudnya seperti berikan tatapan kepada anak yang bandel, atau bisa dengan menaruh jari telunjuk didepan mulut anda, yang menggambarkan atau memberikan kode jangan berisik.

Sebisa mungkin anda bersikap tenang jangan berteriak. Karena dengan berteriak secara tidak langsung mengajarkan siswa bahwa guru memperbolehkan teriak didalam kelas. Jadi cobalah untuk selalu bersikap tenang.

3. Memberikan Pujian Dan Fokus Pada Perilaku Baik Siswa Yang Bandel 
Seorang guru kadang cuman memperdulikan siswa yang tidak bandel dan siswa yang tidak nakal. Sedangkan siswa yang bandel biasanya guru hanya fokus pada keburukannya sehingga lupa akan hal positif yang dilakukan oleh anak tersebut. Coba anda perhatikan lebih seksama sikap murid yang bandel. Bisa saja siswa yang bandel yang hari ini susah diatur, disisi lain selalu rajin mengerjakan tugas, atau bahkan rajin bertanya.

Coba sesekali anda memmberikan pujian terhadap perilaku baiknya ini, maka murid tersebut akan merasa senang sekali apa lagi pujian itu dari guru. ketika murid merasa dihargai sekecil apapun tindakan yang sudah diperbuat, ia akan merasa senang, kebandelanyapun akan hilang secara perlahan. Maka anak yang bandel akan berubah berperilaku menjadi baik sehingga Mudahh untuk diatur. Tapi disini jangan hanya fokus memuji ke salah satu murid saja. Jangan lupa untuk memuji tindakan murid lainnya biar tidak ada kecemburuan diantara mereka.

4. Libatkan Ke Orang Tua Siswa 
Guru merupakan orang tua ke dua siswa disekolah. Seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar untuk membantu menghilangkan kebandelan yang terjadi dikalanga siswa. Harus anda pahami bahwa kenakalan yang terjadi dikalanngan peserta didik tidak selalu bisa diselesaikan secara sepihak maksudya selain dari guru maka orang tua siswa harus ikut dilibatkan, guna untuk membantu menasehati kebandelan terhadap anaknya tersebut.

Karena dalam perkembangan kognitif dan efektif seorang siswa tidak bergantung sepenuhnya terhadapat pendekatan akademik disekolah saja. Lingkungan sosial dan keluarga juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan murid. Oleh sebab itu dalam menghadapi murid yang bandel didalam kelas, penulis juga menyarankan untuk melibatkan kedua orang tuanya.

Tapi dengan pengecualian, tindakan nakal dan bandel didalam kelas dari si murid dilakukan secara berulang – ulang setelah mendapat teguran, pembinaan dan nasehat dari guru disekolah. Dalam pendekatan ini bertujuan agar orang tua siswa bisa juga mengetahui situasi perilaku anaknya di sekolah.

5. Berikan Kata – Kata Yang Bisa Diterima Oleh Anak Yang Bandel 
Salah satu hal yang sering dilakukan oleh guru pada saat menghadapi siswa yang bandel ialah dengan memeberikan peringatan terhadap murid mengenai sikap murid yang kurang diterima tersebut. Saat hendak mengingatkan murid cobalah anda ucapkan dengan kata yang berkonotasi positif dari pada negatif.

Misalnya, saat anda menerangkan didepan kelas mulai ada murid yang malah asyik ngobrol sendiri, dan malah menggangu murid yang lainnya. Gunakanlah kata – kata yang bisa diterimah oleh anak. Misalnya sebaiknya saat menegur, sambil memberikan alasan solutif mengapa perlu memperhatikan guru seperti “ayo perhatikan kedepan, kalian mau kan mendapatkan nilai yang bagus pada saat ulangan”. Kata seperti ini biasanya akan lebih ampuh. Murid akan diam dan mulai memikirkan akibat dari apa yang mereka dapatkan.

6. Perlakukan Siswa Bandel Seperti Halnya Anak Sendiri. 
Baru – baru ini ada kejadian seorang murid berkelahi dengan gurunya, dikarenakan dia disiksa secara fisik. Oleh sebab itu penulis menekankan pada anda tidak memberikan hukuman fisik pada siswa yang bandel.

Perlakukanlah siswa yang bandel selayanknya anak sendiri dan lebih disarankan untuk mengatasi permasalahan siswa tersebut. Selain bisa meningkatkan ikatan batin dan kekeluargaan, perlaku yang baik guru terhadap siswa yang bandel akan menimbulkan berbagai pola pikir yang positif dalam diri peserta didik.

7. Memberikan Kepercayaan Kepada Siswa Yang Bandel 
Maksud dari kepercayaan ini ialah anda harus memberikan kesempatan pada anak yang bandel untuk membantu anda dalam sebuah pekerjaan. Contohnya seperti, mengumpulkan tugas – tugas temanya, menghapus papan tulis, merapikan meja dan hal lainnya.

Dengan seperti ini anak yang bandel akan merasa diperhatikan oleh anda, dan itu juga bisa membuat anak yang bandel akan lebih menghormati kepada anda sebagai gurunya. Perlu disadari memang, menghadapi siswa yang bandel disekolah bukanlah upaya yang instan.

Namun perlu proses dan waktu serta kesabaran para guru untuk mencobanya. Yang menjadi motivasi adalah siswa yang bandel dan siswa yang nakal belum tentu tidak akan sukses di masa yang akan datang. Itulah tadi pembahasan dari penulis mengenai tentang cara menasehati atau cara mengatasi siswa yang bandel di sekolah.

Semoga artikel 7 Tips Menasehati Siswa Yang Bandel  bisa bermanfaat untuk anda dan semoga memberikan informasi, wawasan, ide, ispirasi dan pengetahuan untuk kita semuah. Dan bagi anda yag hari ini masi binggung menasehati dan menangani siswa yang badel cobalah terapkan beberapa tips – tips diatas.

0 Response to "7 Tips Menasehati Siswa Yang Bandel"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close