5 Tips Agar Bahagia dalam Menjalani Hidup

Tips Agar Bahagia dalam Menjalani Hidup_ Setiap orang pasti berharap bisa berbahagia dalam menjalani hidup, tapi dalam realita yang ada, hidup ini selalu lekat dengan tawa dan tangis, sedih dan senang. Seperti sebuah keniscayaan bahwasanya hidup ini selain menawarkan berbagai alasan untuk bahagia namun tak sedikit pula sebab musabab yang menjadikan hidup kadang menjadi piluh dan duka. seperti sebuah harmoni dalam hidup akan adanya siang dan malam, hitam dan putih serta bahagia dan sedih.


Banyak orang yang berpikir bahwa kebahagian itu tercipta dari terpenuhnya segala yang diinginkan padahal sebenarnya hal tersebut kurang tepat dan sebuah kepastian pula bahwa yang diinginkan dalam hidup tidak selamanya semuanya akan terwujud, jadi jika terlalu banyak berharap maka siap-siaplah untuk merasakan kesedihan dan kekecewaan.

Baca Juga:

Kebahagian juga tak bisa dinilai dari apa yang nampak oleh mata, ada begitu banyak orang yang tertawa padahal sejatinya mereka sedang menanggung berbagai problematika berat dalam hidupnya namun mereka bisa menbalut luka hidupnya dengan senyuman namun sebaliknya ada banyak orang yang menangis meratapi takdir hidupnya padahal masalah hidupnya tak seberapa.

Lantas bagaimana atau apa sebenarnya kunci agar bisa berbahagia dalam hidup ini? ketahuilah bahwasanya kebahagian bukan tentang apa yang kamu miliki akan tetapi kebahagian adalah tentang bagaimana caramu bersikap terhadap keadaan. Berikut tips powrfull agar bisa berbahagia dalam menjalani hidup.

5 Tips Agar Bahagia dalam Menjalani Hidup

1. Cintai Dirimu Sendiri
Salah satu penyebab ketidakbahagian yang dialami oleh seseorang adalah merasa kurang cukup dengan apa yang dimilikinya, merasa kurang cukup dengan dirinya akhirnya membuat dia merasa kekurangan, perasaan kurang tersebut akhirnya memunculkan mindset tidak puas, ridho dan tenang dengan apa yang dimilikinya, alahasil akhirnya dia menjadi tidak berbahagia dengan hidupnya.

Kunci kebahagian itu terletak di hati setiap orang, jika engkau mampu melapangkan hatimu maka engkau akan menjadi orang yang paling bahagia dalam hidup ini. Anggaplah masalah ibartakan segenggam garam, jika engkau menuangkan garam tersebut ke dalam sebuah gelas yang berisi air maka sudah pasti rasanya akan sangat asing, namun jika garam tersebut engkau tuang ke dalam samudra maka garam yang segenggam tersebut tak akan merubah rasa air yang ada di samudera tersebut.

Jadi jika engkau mampu melapangkan hatimu maka masalah sebesar apapun tak akan membuat kamu bersedih, jadi letaknya bukan pada masalah tersebut tapi bagaimana anda bersikap terhadap masalah yang sedang kamu hadapi.

Jika engkau ingin dicintai maka pertama-tama engkau haru mencintai dirimu, jika engkau ingin dihargai maka terlebih dahulu engkau harus menghargai dirimu. Cinta pada diri sendiri adalah alam dan kebijaksanaan.

2. Kenali Kekuranganmu Agar Kamu Tak pernah Kelihatan Lemah dihadapan Oranglain
Jika engkau ingin berdamai dengan kekurangan oranglain makan pertama-tama kita harus berdamai dengan kekurangan kita sendiri, kekurangan sejatinya adalah kelebihan yang Allah titipkan pada diri anda.

Lantas bagaimana cara mengetahui kekurangan pada diri sendiri? Untuk mengenali kekurangan yang ada pada diri anda bisa dengan cara bertanya pada oranglain tentang apa yang kurang pada diri anda.

Penilaian oranglain terkadang bersifat objektif namun kadang juga bersifat subjektif maka dari itu tidak semua penilaian oranglain tentang anda harus didengar, jadi cukup dengar saja yang positif dan bermanfaat untuk.

Kadang pula kita terlalu focus pada kekurangan sehinggan melupakan begitu banyak  kelebihan yang kita miliki, maka dari itu kekurangan hanya perlu dijadikan bahan pembelajaran selebihnya kita harus lebih banyak focus melihat kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Seperti sebuah ungkapan “ seekor burung tidak bisa mengubah arah angin tapi bisa merubah arah sayapnya untuk mencapai tujuan.

3. Selalu optimis dan Positif
Jika engkau ingi merasakan bahagia maka pandangan hidup yang harus anda miliki adalah selalu optimis dan positif dalam memandang kehidupan ini. Cara pandang yang optimis akan membuat jiwa anda selalu merasa tenang dan lapang serta selalu merasa bahwasanya semua masalah yang kalian hadapi saat ini semua memiliki jalan keluar.

Sikap optimis dapat membuat diri dan perasaan anda tetap bahagia meskipun sebenarnya kalian berada dalam kondisi yang kurang baik (negative). Cara bersikap yang selalau optimis dan positif akan mampu menstimulasi jiwa dan pikiran untuk selalu berbahagia dengan keadaan, karena sebenarnya kebahagian berasal dari cara pandang yang positif dan optimis.

Dengan senantiasa memiliki pikiran yang positif dan optimis maka akan mampu mensugesti pikiran untuk selalu bernalar dengan benar dan tepat sehingga memicu munculnya tindakan-tindakan yang baik, sebaliknya prasangka buruk dan pesimisme akan membuat pikiran selalu penuh dengan kecemasan dan rasa curiga sehingga membuat tindakan-tindakan yang dilakukan cenderung kearah negative.

Dalam islam juga Allah menyampaikan bahwasanya Dia sesuai dengan prasangka hambanya, jadi jika engkau berpikir sesuatu tentang dirimu adalah seseorang yang cantik/tampan maka sel-sel dalam tubuh akan mencoba mewujudkan pikiran tersebut, sehingga anda mampu tampil menawan di hadapan oranglain. Jadi mulai sekarang awali hari dengan pikiran positif dan optimis dengan segala keadaan yang anda rasakan saat ini.

4.Yakin dengan Takdir ALLAH
Bahagia atau tidaknya diri anda jug asangat ditentukan oleh seberapa besar keyakinan anda terhadap takdir Allah yang sedang berjalan pada diri anda. Yakinilah bahwasanya apapun yang anda miliki saat ini bagaimanapun kondisi anda saat ini maka percayalah hal tersebut adalah yang terbaik untu anda.

Dalam Al-Quran Allah berfirman; bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu dan bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal itu amat buruk bagimu, sesungguhnya Allah maha mengetahui.

Jadi terkadang Allah tidak mewujudkan apa yang kalian inginkan meskipun anda merasa sangat membutuhkan dan menginginkannya karena Allah tahu itu tidak baik bagi anda dan sebaliknya kadangpula anda tidak sangat menginginkan sesuatu tetapi Allah justru menimpakan hal tersebut pada anda padahal sejatinya memang hal tersebut yang anda butuhkan.

Maka, mulai saat ini belajarlah untuk ridho dengan takdir Alllah, karena semua pemberian Allah adalah yang terbaik meskipun pemberian tersebut berupa hal yang tidak kita sukai

5. Hindari banyak pikiran dan lakukan aktivitas positif
Selanjutnya agar bisa selalu ceria dan bahagia adalah dengan menghindari berpikir berlebihan yang bisa menyebabkan depresi atau stress, jangan biasakan untuk tinggal sendiri, karena biasanya jika selalu sendiri maka akan muncul muncul pikiran negative sehingga bisa membuat sedih, gala, gelisah dan merana.

Sebaiknya anda harus memperbanyak melakukan aktivits positif agar bisa meminimalisir-pikiran-pikiran buruk yang muncul dalam diri, lakukan aktivitas positif seperti olahraga, berkreasi, bergaul dengan teman-teman lainnya yang positif pula.

Salah satu aktivitas yang bisa memicu munculnya rasa bahagia dalam hati adalah dengan banyak melibatkan diri dalam membantu orang-orang lain yang sedang dalam kesusahan. Ingatlah jika anda berusaha untuk membahagiakan oranglain maka secara tidak langsung anda sedang membahagiakan diri anda sendiri.

Demikianlah Tips Agar Bahagia dalam Menjalani Hidup, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua, jika anda merasa artikel in bermanfaat silahkan share article ini melalui tombol social media di bawah ini, salam optimis dan bahagia

0 Response to "5 Tips Agar Bahagia dalam Menjalani Hidup"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel