7 Tips Kuliah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya

7 Tips Kuliah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya _ Mengenyam pendidikan di bangku kuliah, merupakan harapan besar bagi kebanyakan orang yang telah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah menengah atas (SMA), namun seperti yang kita ketahui bahwasanya biaya yang dibutuhan untuk menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi juga terbilang lumayan cukup besar, sehingga tak sedikit orang yang mengurunkan niatnya untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah karena terkendala masalah biaya.


Sebenarnya ada jalan lain yang bisa ditempuh agar tidak perlu mengeluarkan biaya saat kuliah, justru bisa mendapatkan pendapatan tambahan saat kuliah, caranya muda saja yakni kalian tinggal mencari beasiswa untuk mendapatkan biaya saat kuliah.

Beberapa jenis beasiswa yang bisa kalian coba misalnya beasiswa bidikmisi, beasiswa LPDP, beasiswa kampus dan masih banyak lagi jenis beasiswa yang tersedia. Namun satu hal yang patut diketahui adalah untuk bisa mendapatkan beasiswa juga butuh perjuangan yang cukup menantang, karena ada banyak orang yang juga berharap mendapatkan beasiswa saat kuliah.

Selain beasiswa hal apa saja yang bisa dilakukan agar saat kuliah tidak keluarkan banyak biaya?
Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir biaya yang digunakan saat kuliah yang sengaja kami rangkum untuk anda.

Tips Kuliah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya

1. Memilih jurusan kuliah yang tidak membutuhkan banyak biaya
Tips pertama yang bisa kalian lakukan agar  bisa tidak keluar banyak biaya saat kuliah adalah dengan memilih jurusan kuliah yang tidak mahal. Memangnya beda jurusan kuliah beda biaya yang dibutuhkan? Yah sudah pasti, setiap jurusan kuliah memiliki tingkat kebutuha biaya yang berbeda.

Misalnya saja antara jurusan kedokteran dan jurusan matematik/sains, biaya untuk kuliah kedokteran jauh lebih mahal dibanding jurusan kedokteran. Nagh maka dari itu untuk menyesuaikan bajet(dana) yang kalian miliki dengan peluang untuk bisa selesai kuliah maka harus dimulai dari kejelihan memilih jurusan kuliah.

Oleh karena itu silahkan kalian gali informasi tentang jurusan apa saja yang tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak, sehingga nanti kalian tidak keteteran untuk membayar biaya kuliah.

2. Tinggal di rumah keluarga 
Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan agar tidak banya keluar biaya saat kuliah adalah dengan memilih untuk tinggal di rumah keluarga apabila kalian merupakan mahasiswa rantau dari daerah. Dengan tinggal di rumah keluarga, setidaknya kalian tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk membayar sewa tempat tinggal

Yang mesti kalian ketahui jika tinggal di rumah keluarga adalah bagaimana menjaga sikap/perilaku, membantu kerabat jika sedang melakukan hal-hal yang membutuhkan bantuan kalian. Dengan begitu kerabat kalian juga akan merasa senang dan terbantu dengan keberadaan kalian di rumahnya.

3. Kos-kosan bersama teman di lokasi yang dekat kampus
Apa untungnya memilih tempat kos-kosan dekar kampus? Dengan memilih tempat tinggal dekat kampus kalian bisa menghemat biaya untuk kegiatan menuju kampus, jadi kalian hanya perlu jalan-jalan kaki menuju kampus.

Bayangkan saja jika kalian memilih kos-kosan yang jauh dari kampus, berapa banyak biaya yang dibutuhkan? Selain itu kalian juga bisa memilih untuk sewa kos-kosan bareng teman kalian agar biaya sewa kos-kosan bisa lebih murah.

Dengan patungan menyewa kos, kalian juga bisa pula patungan untuk biaya makan (masak-masak) sama-sama sehingga biaya yang dialokasikan untuk kebutuhan kos-kosan dan konsumsi.

4. Ikut Organisasi kemahasiswaan
Next, pilihan lain yang bisa kalian coba untuk meminimalisir biaya saat kuliah adalah dengan ikut organisasi kemahasiswaan saat kuliah, dengan ikut LK kampus kalian bisa menambah lebih banyak relasi/teman.

Selain itu ada banyak kegiatan-kegiatan kemahasiwaan yang dibiayai oleh kampus, apalagi jika kalian menjadi pimpinan organisasi, pasti ada sumber-sumber dana yang bisa masuk di kantong kalian, tapi inat utamakan uang yang kalian dapat berasal dari sumber yang jelas (halal).
LK kampus juga biasanya memiliki kesekretariatan dan beberapa mahasiswa memilih tinggal di secret, hal tersebut juga bisa menghemat biaya kuliah.

5. Tidak mengikuti gaya hidup mahasiswa yang kaya
Jika kalian ingin menghemat biaya saat kuliah maka jangan sekali-kali iku-ikutan dengan gaya hidup mahasiswa yang kaya, karena sudah pasti hal tersebut akan menjadikan kebutuhan akan biaya hidup kalian semakin lebih besar.

Yang dapat imbasnya sudah pasti adalah orangtua kalian, mereka harus kerja keras banting tulang hanya demi memnuhi biaya kuliah dan gaya hidup kalian saat kuliah. Kalian tidak mau bukan menjadi beban berat bagi orangtua kalian!

6. Kerja sambil kuliah
Salah satu opsi yang bisa kalian pilh untuk menghemat biaya pengeluaran saat kuliah adalah dengan mencari pekerjaan sampingan sambil kuliah (baca juga: Tips kerja sambil kuliah). Dengan kerja sambal kuliah kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan guna membayar biaya kuliah kalian.

Ada banyak pekerjaan yang bisa kalian pilih untuk dilakukan sambal kuliah, misalnya saja kerja sebagai freelance, bekerja jadi karyawan shift, jadi penulis artikel, jadi blogger dan jadi youtuber. Kalian tinggal memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat kalian.

7. Fokus menjadi mahasiswa yang berprestasi
Terakhir hal yang bisa kalian lakukan agar saat kuliah tidak mengeluarkan banyak biaya adalah dengan focus belajar agar bisa mendapatkan IPS (indeks predikat semester) maksimal. Dengan begitu kalian bisa bepreluang dipromosikan sebagai mahasiswa yang berprestasi sehingga bisa mendapatkan beasiswa atau bahkan biaya untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang S2 dan S3.

Baca juga: Cara Mendapatkan IPK Tinggi Saat Kuliah

Jika ingin berprestasi intinya kalian harus bisa belajar dengan giat, berteman dengan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki visi untuk menjadi mahasiswa yang sukses pula. Seperti ungkapan yang menyatakan “Jika berteman dengan penjual parfum maka kita bisa mendapatkan wangi parfum teman dan jika berteman dengan pandai besi kita akan bisa mencium tempaan besi” jadi selektiflah dalam memilih teman.

Demikianlah artikel tentang 7 Tips Kuliah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya, namun sejatinya jangan karena biaya kuiah yang mahal terus membuat semangat kalian kendor untuk melanjutkan pendidikan dijenjang perguruan tinggi, karena ada banyak orang yang duluny hanya dengan ekonomi pas-pasan atau kurang saat kuliah namum mampu suskes menjadi orang besar.

Jadi bukan seberapa banyak uang yang kalian miliki, akan tetapi seberapa besar tekad dan kesungguhan kalian dalam menjalani pendidikan di kampus yang kalian tempati kuliah. Untuk sukses butuh proses dan kehendak untuk belajar dan terus belajar, jadi gantungkan cita-cita kalian setinggi langit karena kalaupun jika kalian terjatuh maka kalian akan jatuh diantara bintang-bintang.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kalian semua, artikel ini merupakan hasil pemikiran dari penulis dan beberapa masukan dari rekan. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini melalui media social di bawah ini. Salam sukses dan salam prestasi untuk kalian semua.

0 Response to "7 Tips Kuliah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel