Download Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019

Download Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019_ Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Agar peran yang strategis dan besar tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka sumber daya manusia perguruan tinggi haruslah memiliki kualitas yang unggul.


Dosen, adalah SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas di perguruan tinggi. Dalam era globalisasi ini, seorang dosen bukan hanya dituntut pakar dalam bidang kajian ilmunya (mengajarkan, meneliti, dan mengabdikannya kepada masyarakat) tetapi juga dituntut untuk mampu berkomunikasi (verbal dan tulisan); mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT); memiliki jejaring yang luas; peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan bersikap outward looking.

Berdasarkan data dari global competitiveness report untuk Indonesia, aspek yang paling penting untuk diitingkatkan adalah pelatihan dan pendidikan tinggi serta inovasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi sebagai kekuatan pendorong utama untuk pelatihan dan pendidikan tinggi serta inovasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dosen dengan kualifikasi tersebut sangat jarang dan umumnya hanya terkonsentrasi di beberapa perguruan tinggi tertentu saja, terutama di perguruan tinggi di Pulau Jawa.

Untuk menekan disparitas kualitas, baik antara dosen yunior dan dosen senior maupun antara perguruan tinggi maju dan sedang berkembang, diperlukan adanya upaya yang nyata. Salah satunya adalah dengan program memagangkan para dosen yunior di bawah bimbingan dosen- dosen senior di perguruan tinggi yang sudah dikategorikan sebagai perguruan tinggi maju. Program Magang ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 80-an. Tahun 2005 diaktifkan kembali sejalan dengan perubahan status beberapa Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk menekan tingginya disparitas kualitas antara PTN lama dengan PTN baru, kepada para dosen yunior PTN baru tersebut dimagangkan pada PTN maju dengan bimbingan langsung dari dosen- dosen senior PTN maju tersebut. Bedasar hasil evaluasi dari para alumni peserta magang dan para Pimpinan PTN baru tersebut terhadap hasil yang diperoleh dari kegiatan program magang, Kemristekdikti memperluas kesempatan kepada semua perguruan tinggi yang merasa memerlukan adanya program magang bagi para dosen yunior, baik dari PTN maupun PTS.

TUJUAN PROGRAM MAGANG
Program Magang bagi dosen yunior bertujuan untuk:
1. memperluas wawasan dosen yunior mengenai pelaksanaan dan penyelenggaraan dunia kerja dosen (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberi kesempatan untuk mengalami secara langsung pelaksanaan kegiatan Tridharma tersebut di PT Pembina;

2. memberikan pengalaman kepada dosen yunior untuk mengenal secara langsung manajemen perguruan tinggi dan kerjasama dengan mitranya di PTN Pembina;

3. memberi kesempatan kepada dosen yunior untuk menjalin jejaring dengan dosen senior asal PTN pembina.

Untuk lebih lengkapnya tentang Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019, silahkan baca atau download file Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019 di bawah ini.
Download Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019



Download Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019: DOWNLOAD

0 Response to "Download Panduan Magang Dosen Tahun Anggaran 2019"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel