7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah

7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah_ Kuliah dulu atau kerja dulu? Pertanyaan tersebut mungkin kadang muncul dalam benak kalian yang telah lulus sekolah menengah atas, bagi yang memiliki bajet/dana yang memadai untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah mungkin memang tidak akan kesulitan dalam masalah pembayaran saat kuliah

7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah

Namun bagi yang kondisi ekonominya pas-pasan atau masih kurang memadai, pertanyaan antara kuliah dan kerja bisa menjadi hal dilematis, seperti yang kita ketahui bahwa menempuh pendidikan dijenjang perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga butuh pertimbangan khusus, analisa yang matang agar opsi/pilihan melanjutkan kuliah tidak berkahir dengan sebuah penyesalan karena tidak bisa menyelesaikan kuliah akibat terkendala biaya.

Memang sih tidak semua orang yang memilih tidak melanjutkan kuliah bukan berarti tidak memiliki bajet/uang untuk membiayai kuliahnya. Kadang juga beberapa orang memilih untuk kerja dulu karena beberapa pertimbangan.

Lulus pendidikan di bangku sekolah menengah atas (SMA) kemudian langsung melanjutkan kuliah memang juga cukup baik, selain ilmu pengetahuan yang didapatkan saat bangku kuliah bisa segera di sinergikan dengan pengetahuan dibangku kuliah sehingga ada koneksi dengan pengetahuan di bangku SMA dan bangku kuliah.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Beda halnya jika memilih untuk kerja dulu atau menganggur dulu, bisa jadi beberapa pengetahuan yang dipelajari waktu SMA bisa dilupakan, namun belajar bisa jadi opsi tepat jika pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari waktu SMA mulai dilupakan.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Selain kekurangan dari opsi kerja dulu baru kuliah, lantas apa saja kelebihan jika kalian lebih memilih kerja dulu baru kuliah? Berikut beberapa kelebihan kerja dulu baru kuliah menurut penulis yang sengaja dirangkum untuk anda.

7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah

1. Bisa mengumpulkan biaya untuk kuliah
Memilih untuk kerja dulu kemudian kuliah bisa menjadi waktu yang tepat bagi kalian untuk mengumpulkan pundi-pundi uang untuk biaya kuliah kalian nantinya. Dan ada banyak lowongan pekerjaan untuk kalian coba manfaatkan walalupun dengan ijazah sekolah menengah atas (SMA) selain itu gaji yang ditawarkan juga lumayan jadi jangan khawatir.

Intinya agar bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMA adalah kalian harus beusaha mencari pekerjaan semaksimal mungkin. Jangan menunggu tapi mencarilah, ibaratkan pemain bola kalian jangan tunggu bola datang tapi jika bisa jemputlah bola tersebut.

Gaji yang kalian dapatkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kalian serta sebagian lagi ditabung untuk persiapan melanjutkan pendidikan di bangku kulia agar bisa kuliah di kampus yang kalian impi-impikan.

2. Belajar menjadi orang yang mandiri
Kerja dulu agar bisa mengumpulkan uang untuk kuliah akan mengajarkan kalian arti kemandirian, kemandirian adalah hal yang paling penting untuk dipelajari karena pada akhirnya kalian akan menapaki hidup kalian masing-masing, teman-teman yang selalu kalian temani bersama saat SMA mungkin akan memilih jalan hidupnya masing-masing.

Selain itu dengan bekerja dulu untuk mengumpulkan uang buat biaya kuliah, kalian akan menjadi sosok tidak tergantung pada oranglain. Dengan karakter yang mandiri, hal tersebut akan mengantar kalian menjadi pribadi-pribadi yang tangguh di masa depan.

3. Belajar ilmu-ilmu praktis
Sejatinya belajar tidak hanya diartikan sebagai proses interaksi antara guru dan murid di dalam kelas atau antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas, namun belajar sejatinya adalah dimana seseorang dari keadaan tidak tahu menjadi tahu, dari keadaan tidak terampil menjadi terampil.

Jadi dengan bekerja kalian juga akan belajar banyak hal yang bisa jadi lebih bermakna, dengan bekerja kalian akan belajar arti tanggung jawab terhadap pekerjaan kalian, dengan bekerja kalian akan belajar bagaimana membangun komunikasi dengan rekan kerja, dengan bekerja kalian akan belajar bagaimana susahnya mencari uang sendiri sehingga nanti tidak menjadi pribadi-pribadi yang boros dan takabur, dengan bekerja kalian akan mendapatkan skill dan ketampilan yang berguna untuk kalian nantinya.

Pada dasarnya materi-materi perkuliahan yang didapatkan diperguruan tinggi adalah sebagian ilmu-ilmu teoritis yang nanti akan digunakan saat sudah bekerja, sedangkan jika bekerja kalian akan berlajar ilmu-ilmu praktis yang memang sangat dibutuhkan untuk karir kalian nantinya.

Jadi sebenarnya ilmu yang didapatkan saat kalian bekerja tidak kalah baiknya/pentingnya dengan ilmu yang akan kalian pelajari saat kuliah, antara ilmu teoritis dan praktis keduanya harus disinergikan. Jadi milikilah prinsip bahwa setiap orang adalah guru bagi kalian dan setiap tempat adalah sekolah bagi kalian.

4. Meringakan beban Orangtua
Jika yang menjadi kendala bagi kalian saat ingin melanjutkan kuliah adalah kondisi keuangan yang kurang mendukung lantas memilih kerja dulu sembari mengumpulkan uang untuk kuliah, maka dari sisi lain sebenarnya kalian telah membantu orangtua kalian untuk meringakan beban keluarga. Seperti kita ketahui mungkin ada orang yang memaksakan keinginannya untuk kuliah tanpa mempertimbangkan kondisi ekonomi keluarganya.

Alhasil orang tuanya harus bekerja keras demi memenuhi biaya kuliah anaknya, untung saja jika si anak jika pulang kuliah mengambil inisiatif untuk membantu orangtuanya mencari uang namun jika hanya minta-minta uang terus maka hal tersebut sebenarnya tidak baik.

Jadi bekerja dulu dengan dalih tidak ingin menyusahkan orangtua untuk membiayai kuliah kalian adalah perilaku mulia dan hal tersebut adalah perlajaran yang sangat berharga, jadi jangan minder dan berkecil hati saat teman-teman kalian melanjutkan kuliah kemudian kamu memilih kerja dulu, karena bisa jadi niat kalian sangat tulus untuk sesame terutama untuk kedua orangtua kalian.

5. Merintis karir’
Selanjutnya kelebihan kerja kemudian kuliah adalah kalian akan belajar tentang peluang-peluang kerja yang banyak dibutuhkan, sehingga pengalaman yang kalian dapatkan saat kuliah bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan yang berpotensi bisa mengantarkan kalian encapai titik-titik puncak kesuksesan kalian.

Tidak jarang mungkin ada orang yang bingung mengambil jurusan kuliah apa karena mereka masih minim akan pengetahuan yang mumpuni tentang jurusan-jurusan yang sebenarnya sangat dibutuhkan didunia kerja.

Selain itu kenalan, teman kerja, resali yang kalian kenal saat masih kerja bisa membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, bahkan bisa jadi kalian akan kembali dipanggil bekerja ditempat yang sama sebelum kalian kuliah namun pastinya dengan posisi yang berbeda dan jumlah gaji yang lebih banyak pastinya.

6. Lebih dewasa dalam bersikap
Semakin bertambah umur maka kemungkinan akan semakin akan bertambah kebijaksanaan pada diri seseorang, jadi waktu yang kalian gunakan untuk bekerja bisa menjadi moment yang akan menjadikan kalian lebih dewasa dalam bersikap dan menyikapi sesuatu.

Sehingga ketika kalian kuliah maka akan muncul sisi kedewasaan dan kebijkasanaan dalam diri kalian, kalian bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi teman-teman kuliah yang mungkin saja jauh lebih mudah dari kalian.

7. Bisa mencari beasiswa untuk lanjut kuliah
Sembari bekerja kalian bisa meluangkan waktu untuk mencari beasiswa-beasiswa untuk kuliah dengan begitu ibaratkan pepatah “sambal berenang minum air” jadi anda bisa menyelesaikan beberapa urusan dalam waktu yang sama. Ada banyak beasiswa yang disediakan, jadi tinggal kalian memilih beasiswa mana yang bisa membuat kalian berpotensi untuk lulus.

Baca juga: 8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah

Demikianlah artikel tentang 7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah, semoga artikel ini bisa meberi manfaat untuk kalian semua, salam sukses.

0 Response to "7 Kelebihan Kerja dulu baru Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel