Saturday, 1 September 2018

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar

Tags
Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar_ Sebagai insan akademisi, kita terkadang menemukan suatu istilah yang masih belum lazim kita dengarkan, sehingga memunculkan rasa ingin tahu tentang hal tersebut. Rasa penasaran lantas membuat kita berupaya untuk mencari tahu tentang hal tersebut.

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar


Dalam artikel ini penulis akan mengulas tentang perbedaan kuliah umum dan seminar, istilah tersebut cukup lekat dengan dunia pendidikan, jadi sebagai insan akademisi maka tidak ada salahnya kita memcoba mencari tahu tentang kedua hal tersebut.

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar

Apa sih kuliah umum itu?
Sedikit flashback, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman penulis mengikuti kuliah umum. Penulis pertama kali mengikuti kuliah umum pada saat menjadi mahasiswa baru pascasarjana (S2). Dalam kegitan perkuliahan tersebut diikuti oleh ribuan mahasiswa S2 dan mahasiswa S3. Mahasiswa yang hadir kala itu berasal dari berbagai jurusan atau program studi. Kegiatan kulihah umum tersebut berlangsung sekitar 1-2 jam.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Pertamanya saya juga bingung dengan istilah kuliah umum tersebut namun setelah saya mengikuti dan mengalami sendiri kegiatan kuliah umum tersebut akhirnya saya mengerti jika kuliah umum itu adalah kegiatan perkuliahan yang dilakukan tanpa membatasi program studi yang bisa ikut, singkatnya kuliah umum adalah kegiatan perkuliahan yang bisa dihadiri oleh berbagai displin ilmu (program studi).

Orang/pemateri yang memberikan kuliah umum antara lain adalah pesohor, pengusaha, ahli, ilmuwan, guru besar, penemu, pejabat pemerintah, pejabat negara, presiden, baik dari dalam negeri maupun dalam negeri.

Apa itu Seminar?
Selanjutnya adalah seminar, dalam dunia pendidikan khususnya dijenjang perguruan tinggi kadang kita mendengar istilah seminar proposal, seminar skripsi, seminar makalah.

semianr sendiri adalah suatu kegiatan pertemuan untuk membahas masalah yang dilakukan secara ilmiah. Dalam seminar biasanya ada pembicara atau beberapa pembicara yang bertugas untuk menyampaikan materi dihadapan audiens (peserta).

Hal yang diseminarkan bisa berupa makalah, skripsi, penelitian dan lain-lain. Seminar biasanya dipandu oleh seorang moderator. Tugas sorang moderator adalahs sebagai fasilitatot, mediator antara pemateri dengan audiens.

Nagh bagaimana? apakah kalian sudah bisa memahami perbedaan antara kuliah umum dan seminar, semoga saja tulisan ini bermanfaat bagi anda. jika anda merasa tulisan ini bermanfaat maka silahkan anda bagikan.

Saat ini penulis berprofesi sebagai tenaga pengajar disalah satu perguruan tinggi, jadi jika anda punya pertanyaan seputar dunia perkuliahan bisa bertanya kepada saya dan saya akan berusaha meberikan jawaban semampu saya. Demikianlah artikel tentang Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar. see you next time

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon