Tuesday, 10 July 2018

8 Kelebihan Memilih Jurusan Bahasa Inggris Saat Kuliah

Tags
8 Kelebihan Memilih Jurusan Bahasa Inggris Saat Kuliah_ Okey guys dalam artikel ini kita akan membahas tentang kelebihan mengambil jurusan bahasa inggris saat kuliah. Dalam memilih jurusan saat akan kuliah, sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal, misalkan saja prospek kerja dari jurusan kuliah yang anda akan pilih dan bajet (biaya) yang dibutuhkan saat kuliah.


Lulus kuliah langsung kerja sudah pasti menjadi dambaan setiap orang, namun tidak sedikit orang yang telah menyelesaikan kuliah namun belum mendapatkan pekerjaan lantaran prospek kerja dari jurusan yang dipilihnya saat kuliah cukup minim.

 Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Jadi jurusan apa yang cukup menjanjikan berkaitan dengan prospek kerja setelah lulus kuliah? Salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja cukup menjanjikan adalah jurusan bahasa inggris. Apa saja kelebihan/keuntungan memilih jurusan bahasa inggris saat kuliah, berikut ulasanya.

8 Kelebihan Memilih Jurusan Bahasa Inggris Saat Kuliah

1. Prospek kerja yang luas
Kelebihan pertama mengambil jurusan bahasa inggris adalah prospek kerja yang cukup luas. Mulai dari SD, SMP, SMA dan di bangku kuliah semua sudah diajarkan bahasa inggris, sehingga kebutuhan akan tenaga pendidik yang memiliki bidang keahlian bahasa inggris cukup besar.

Beda halnya dengan jurusan keguruan lainnya, jika misalnya anda mengambil jurusan ke SD-an maka anda hanya bisa melamar menjadi guru SD (linear), jika anda mengambil jurusan Kimia maka anda hanya akan bisa mengajar di SMP atau SMA, akan tetapi jika anda mengambil jurusan bahasa inggris anda bisa melamar kerja di SD, SMP, SMA dll.

2. Bisa membuka lembaga kursus belajar bahasa inggris
Selanjutnya kelebihan mengambil jurusan bahasa inggris adalah anda bisa membuka lembaga bimbingan belajar bahasa inggris. Jika memang setelah lulus kuliah anda belum mendapatkan pekerjaan, anda bisa berinisiatif membuka lembaga bimbingan belajar bahasa inggris.

Ada banyak orang (siswa, mahasiswa dan umum) yang mau belajar bahasa inggris, dengan bekal skill, kompetensi berbahasa inggris yang anda miliki, peluang ini bisa anda manfaatkan guna memperoleh penghasilan tambahan.

3. Menjadi freelance sebagai jasa translater
Next, anda juga bisa membuka jasa freelance sebagai penerjemah/translater. anda tinggal memajang tulisan di depan rumah anda dengan tagline "menerima jasa translater". Anda juga bisa mempromosikan jasa yang anda tawarkan melalui media sosial (Facebook, BBM, WA dll).

Freelance adalah pekerjaan yang mudah dilakukan oleh sarjana yang berasal dari jurusan bahasa inggris. Dalam proses perkuliahan di kampus, mahasiswa akan diberikan berbagai tugas yang menjadi bekal bagi alumni untuk digunakan dalam berbagai jenis profesi.

4. Local Guide (Pemandu wisata)
Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat menarik untuk dikaji. ada banyak tempat wisata yang menjadi sasaran utama bagi wisatawan. Dukungan pemerintah terkait dengan pengembangan wisata di indonesia sangatlah besar, mengingat aset termurah dan berpotensi membangun perekonomian bangsa dan citra negara dimata dunia bisa diukur dari seberapa sering para wisatawan asing berkunjung di indonesia.

Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh sarjana yang mempunyai keahlian dibidang bahasa, dalam hal ini bahasa internasional, bahasa internasional, bukanlah bahasa orang luar, melainkan bahasa yang menjadi penghubung antar negara yakni bahasa inggris. potensi inilah yang bisa dijadikan peluang kerja bagi sarjana dari jurusan bahasa inggris untuk menjadi pemandu turis.

5. Mudah melanjutkan studi beasiswa.
Pemerintah menyediakan kemudahan bagi anak bangsa yang mempunyai keinginan untuk menimbah ilmu setinggi-tingginya. ada banyak jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah untuk dimanfaatkan oleh anak-anak negeri untuk melanjutkan studi.

Umumnya ketika berbicara persyaratan, maka itu bisa dipenuhi oleh semua orang, namun ada satu syarat yang biasanya menjadi penghambat untuk mendapatkan persetujuan bantuan (beasiswa) dari pemerintah, yakni kemampuan berbahasa inggris.

Hampir semua beasiswa yang disediakan, baik pemerintah, maupun swasta mengajukan syarat dengan kemampuan berbahasa inggris yang baik. umumnya dengan syarat TOEFL dan IELTS yang sangat tinggi. Sarjana bahasa inggris mempunyai peluang untuk memenuhi persyaratan yang banyak dihindari oleh banyak orang.

6. Menjadi penerjemah buku
Disamping menjadi translater, ternyata sarjana bahasa inggris juga bisa menjadi penerjemah. kalau translater yang dimaksud pada poin tiga umumnya kebutuhan orang-orang yang ingin merubah bahasanya dari indonesia ke bahasa inggris, penerjemah umumnya diartikan sebagai penerjemah bahasa inggris kedalam bahasa indonesia.

ada banyak sumber informasi primer ataupun sekunder yang berbahasa inggris. baik jurnal, karya ilmiah lainya sampai pada buku yang menarik di baca oleh masyarakat indonesia namun karena berbahasa inggris, sehingga informasi itu menjadi tidak berguna. Saat ini pemerintah menugaskan kepada siapa saja yang mempunyai kapabilitas untuk menerjemahkan tulisan-tulisan yang berbahasa inggris kedalam bahasa indonesia dipermudah dalam pengurusan usahanya.

7. Peluang besar jika berkarir di perusahaan swasta
Bandara udara, stasiun kereta api, pelabuhan adalah beberapa contoh perusahaan yang bergerak di perhubungan. setiap daerah umumnya mempunyai ketiga jenis perhubungan tersebut. Coba bayangkan jika semua kabupaten di indonesia mempunyai minimal satu dari ketiga perusahaan tersebut, dengan demikian kita akan berhitung ada berapa jumlah kabupaten kota di indonesia.

Sehingga perusahaan yang disebutkan tentunya menjadi salah satu alternatif yang membuka ruang yang lebar bagi sarjana bahasa inggris. Hal ini dikarenakan perusahan tersebut membutuhkan sarjana yang bisa berbahasa inggris atau kita kenal dengan istilah public speaking.

8. Mudah saat bepergian diluar negeri
traveling menjadi tren baru di era milenial. Dalam bertraveling, khususnya jika berkunjung keluar negeri tentunya semua orang membutuhkan sarana berkomunikasi dengan orang-orang lain. jika anda menguasai bahasa inggris, anda tidak akan kesulitan berinteraksi dengan siapa saja.

Dengan demikian, kemampuan berbahasa inggris bisa menjadi alat yang mempermudah siapa saja yang bercita-cita keluar negeri.

demikianlah 8 Kelebihan Memilih Jurusan Bahasa Inggris Saat Kuliah, jadi apakah anda berminat mengambil jurusan bahasa inggris saat kuliah? jangan lupa diskusikan pilihan anda dengan orangtua.  semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Penulis: Azaz Akbar, S.I.P., M.IP. dan Syamsurijal, S.Pd., M.PD

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon