Wednesday, 11 July 2018

Berapa Gaji Guru SD ?

Tags
Gaji Guru SD_ Yups dalam kesempatan kali ini penulis akan berbagi tulisan seputar "Gaji guru SD". Jika anda penasaran berapa gaji guru SD maka sebaiknya anda membaca artikel ini sampai selesai. Oke langsung saja kita kembali ke tema pembahasan kita yakni berapa gaji guru SD? berikut ulasaanya.


Untuk mengetahui berapa sih gaji guru yang mengajar di SD, maka yang pertama-tama harus kita ketahui adalah kategori guru yang mengajar di SD. di SD sendiri berdasarkan pengalaman penulis ada 4 kategori yang biasanya mengabdi di SD.

Berapa Gaji Guru SD ?  

1. Gaji Guru SD Berstatus PNS
Guru yang sudah besatatus PNS artinya adalah guru ASN (apratur sispil negara) yang digaji oleh negara. Untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, perekrutan PNS dilakukan oleh instansi yang berwenang  (Menpan-RB).



Gaji seorang PNS Guru SD tergantung golongannya, berikut gaji PNS berdasarkan golongannya;
PNS Golongan I: 1.486.000
PNS Golongan II: 1.926.000
PNS Golongan III: 2.456.700
PNS Golongan  IV: 2.899.500

Daftar gaji di atas adalah gaji awal ketika diangkat menjadi PNS, belum termasuk gaji berdasarkan lama masa kerja. Jadi lumayan bukan gaji yang didapatkan oleh PNS belum lagi jika masa kerjanya sudah puluan tahun, maka bisa jadi gajinya menjadi dua kali lipat ketimbang gaji awalnya.

Baca juga: 10 Keuntungan Menjadi PNS

Untuk mengetahui berapa gaji guru SD yang sudah PNS bisa anda lihat pada tabel di atas, disitu tertera gaji guru SD yang PNS mulai dari golonganI-IV beserta besaran gaji berdasarkan lama masa pengabdian. 

2. Gaji Guru SD Berstatus PNS + Sertifikasi
Pundi-pundi uang yang menjadi hak seorang pegawai negeri sipil (PNS) khususnya guru SD adalah adanya tunjangan profesi, untuk mendapatkan tunjangan profesi seorang guru yang sudah PNS harus memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan sertifikat profesi. agar bisa mendapatkan tunjangan profesi.

Besaran jumlah tunjangan profesi PNS adalah sebesar gaji pokok dan gaji pokok tersebut mengacu pada golongan pegawai negeri sipil yang bersangkutan.

Gaji seorang PNS Guru SD tergantung golongannya, berikut gaji PNS berdasarkan golongannya;
PNS Golongan I: 1.486.000
PNS Golongan II: 1.926.000
PNS Golongan III: 2.456.700
PNS Golongan  IV: 2.899.500

Misalnya guru tersebut sudah golongan III c dengan masa pengabdian 0 tahun (guru baru) dan sudah sertifikasi maka gaji pokoknya adalah  2.456.700 dan ditambah dengan tunjangan sertifikasi yang setara gaji pokok maka  2.456.700+ 2.456.700= 5 jutaan lebih

3. Gaji Guru SD Berstatus Honorer
Kategori kedua guru yang mengajardi SD adalah guru honorer. Guru honorer adalah guru yang belum terangkat menjadi PNS, namun sudah terdaftar sebagai guru tetap di sekolah yang bersangkutan.

Gaji Guru honorer sendiri cukup bervariatif, semua tergantung dari pemerintah daerah. kadang ada guru honorer yang di gaji sekitar 300 ribu/bulan. Penulis/admin sendiri pernah menjadi guru honorer. Dan dikala itu digaji 300 ribu/2 bulan kadang 700/ 2 bulan bisa dikatakan gaji saya saat itu tidak pasti. Namun dibeberapa daerah guru honorer di gaji mulai 500 ribu- 1 juta bahkan lebih.

Guru honorer yang telah lama mengabdi bisa rekomendasikan untuk diangkat menjadi PNS oleh pemerinta daerah

3. Gaji Guru Sukarela
Kategori terakhir guru yang mengajar di SD adalah guru sukarela. berapa gaji guru sukarela? gaji guru sukarela juga tidak besar. Namanya juga guru sukarela artinya ikhlas untuk mengabdi/mengajar di SD.

Jadi setelah anda membaca artikel ini, lantas membuat anda tertarik untuk menjadi guru SD? silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah. Dan jika ada kesalahan pada informasi di atas penulis meminta maaf.

similar search: gaji guru sd 2017, gaji guru sd honorer, gaji guru sd sertifikasi, gaji guru sd 2018, gaji guru sd pns 2018, gaji guru sd di jakarta, gaji guru sdit, berapa gaji guru sd di indonesia.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon