9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah

9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah_ Pendidikan adalah hal yang sangat urgent karena sangat berperan pada kesuksesan karir seseorang. Melalui proses pendidikan seseorang akan mendapatkan ilmu yang bisa menunjang kesuksesan karirnya kedepannya.


Memang setiap orang memiliki pandangan tersendiri perihal pendidikan, ada yang memilih langsung kerja setelah lulus SMA/SMK dan ada pula yang memlih untuk melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

Orang yang hanya lulusan SMA bukan berarti tidak bisa sukses dalam karirnya dan sebaliknya orang yang lulusan bangku kuliah tidak selamanya bisa sukses dalam karirnya, kenapa hal tersebut bisa terjadi? karena kesuksesan sangat tergantung pada usaha individu masing-masing.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Namun jika kita ingin membandingkan prospek kerja lulusan SMA dan lulusan perguruan tinggi, maka lulusan perguruan tinggi memiliki peluang kerja yang aga lebih luas ketimbang lulusan bangku SMA dan SMK. Selain ada beberapa alasan yang mendasari kenapa anda harus kuliah atau kenapa kuliah itu penting bagi anda. Berikut ulasannya.

9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah

1. Prospek kerja yang lebih luas
Salah satu alasan kenapa anda harus kuliah adalah prospek kerja lulusan bangku kuliah yang lebih luas ketimbang lulusan SMA dan SMK. Apalagi pekerjaan merupakan hal yang mesti di prioritaskan agar bisa membangun karir yang baik.

Ada banyak perusahaan dan instansi yang menerima sarjana lulusan perguruan tinggi, sehingga hal tersebut bisa mejadi peluang/kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan yanga anda dambakan.

2. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat
Apa tujuan anda kuliah? untuk mendapakan pekerjaan atau mendapatkan ilmu? yups, sebaiknya jika anda ingin kuliah maka anda harus menanamkan dalam diri anda bahwa tujuan anda kuliah adalah untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Jika yang menjadi tujuan anda kuliah adalah mendapatkan pekerjaan maka upaya-upaya yang anda lakukan bisa jadi hanya sebatas agar anda bisa mendapatkan kerja. tapi jika tujuan anda mendapatkan ilmu maka walaupun pada akhirnya anda belum bisa mendapatkan pekerjaan akan tetapi  dengan ilmu yang anda miliki anda bahkan bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dengan kompetensi dan ilmu yang didapatkan saat duduk di kuliah, bisa berguna bagi anda dalam merancang hidup anda kedepannya

3. Kuliah membuat anda kaya akan pengalaman
Kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana S1 (strata 1) dibutuhkan waktu selama kurang lebih 4 tahun/ 8 semester. Dalam proses anda meraih gelas S1, anda akan banyak mendapatkan pengalaman-pengalaman yang akan membangun karakter anda menjadi pribadi yang lebih bijak dan visioner.

Dalam proses perkuliahan seseorang akan banyak belajar tentang bagaimana bersosialisasi yang baik dengan sesama, membangun relasi, berorganisasi, meningkatakan kapabilitas dan kompetensi. Serta satu hal yang sangat lekat dengan dunia kampus adalah tugas-tugas dari dosen yang banyak dan menantang, tapi hal tersebut yang akan menempah anda menjadi sosok yang hebat kedepannya.

4. Kuliah membuat anda memiliki banyak relasi (teman/kenalan)
Salah satu sumber rezeki seseorang adalah melalui oranglain, jadi sebagai seorang manusia anda baiknya mulai membangun relasi. Melalui pendidikan di bangku kuliah anda bisa bertemu dengan orang-orang baru/kenalan baru.

Teman-teman anda selama kuliah nantinya kemungkinan akan menjadi orang sukses, jadi anda bisa terbantu melalui kesuksesan teman anda. Misalnya teman anda memanggil anda untuk kerja di perusahaannya atau sekedar memberikan informasi dimana ada lowongan pekerjaan sehingga anda bisa mendapatkan pekerjaan.

5. Mewujudkan mimpi anda
Jika sejak kecil anda punya cita-cita untuk digapai maka dengan jalan anda mengeyam pendidikan dibangku kuliah memberi peluang bagi anda untuk mewujudkan mimpi anda tersebut. Memang sih beberapa cita-cita bisa diwujudkan tanpa kuliah namun tidak salah juga anda kuliah agar kompetensi dan kapabilitas anda semakin perfect.

Dibangku kuliah anda akan bertemu dengan orang-orang yang visioner atau memiliki kegigihan dalam mewujudkan mimpi-mimpinya, dengan berteman dengan orang seperti ini, akan membuat anda termotivasi dalam mewujudkan mimpi anda.

Jika anda memiliki mimpi yang hanya bisa diwujudkan dengan jalan harus menempuh pendidikan di bangku kuliah, maka hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi anda untuk masuk kuliah di program studi yang relevan dengan mimpi yang akan anda wujudkan tersebut.

6. Era digital dan era industri
Salah satu alasan penting kenapa anda harus kuliah karena saat ini zaman telah memasuk era digital dan industri, agar anda tidak ketinggalan kereta anda harus menempah dan mempersipakan diri anda aga bisa bersaing diera digital dan era industri tersebut. Minimal anda harus menguasai teknologi yang sedang populer atau yang urgent.

Melalui pendidikan dibangku kuliah anda akan belajar banyak hal yang kelak akan menjadi nilai plus bagi diri anda untuk tetap bisa mempertahankan eksistensi anda didalam era digital dan era industri seperti sekarang ini.

7. merubah nasib anda dan keluarga
Sesungguhnya dengan pendidikan/ilmu kehidupan seseorang bisa berubah drastis. agar anda bisa merubah nasib anda dan keluarga anda maka salah satu jalannya adalah dengan berusaha mengeyam pendidikan di bamgku kuliah.

Banyak kisah anak-anak petani, nelayan, dll yang sukses merubah keadaan ekonomi keluargnya melalui pendidikan. Tapi intinya jika anda kuliah, maka anda harus benar-benar serius dan fokus dengan perkuliahan anda agar kelak bisa menjadi orang yang sukses.

8. Menjadi manusia yang bermanfaat
Dengan ilmu yang anda peroleh saat kuliah, bisa diaplikasikan untuk membantu orang-orang yang ada disekitar anda, dengan begitu anda bisa menjadi pribadi yang bisa memberikan manfaat untuk sesama.

9. Menjadi pribadi yang mandiri
Biasanya ada banyak orang yang berasal dari kampung pergi ke kota gunakan melanjutkan pendidikan di kampus yang dia pilih. alhasil mereka memilih untuk nge-kost di daerah yang dekat dengan kampusnya.

Dengan tinggal di tanah rantau, alhasil anda harus memasak sendiri, cuci baju sendiri, bahkan mencari unag sendiri guna membiaya kuliah, dengan begitu anda akan terbentuk menjadi sosok yang tangguh dan mandiri.

Demikianlah 9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah, artikel ini sengaja penulis buat karena ada banyak mensearch di internet dengan kata kunci "artikel alasan masuk kuliah, kenapa kuliah itu penting, tujuan kuliah yang sebenarnya, essay alasan menjadi mahasiswa, motivasi untuk masuk kuliah, pentingnya kuliah, artikel alasan kuliah di umpo "lebih baik kerja atau kuliah". Sehingga penulis berpikir apa salahnya jika saya menulis artikel ini sehingga bisa membantu sesama. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close