Berapa Lama Waktu PPG Prajabatan Bersubsidi dan PPGJ

Berapa Lama Waktu PPG Prajabatan Bersubsidi dan PPGJ_ PPG adalah singkatan dari pendidikan profesi guru, dari segi pemaknaan maka kita bisa menarik sebuah argumentasi bahwasanya tujuan dari program PPG adalah untuk membuat guru menjadi lebih ahli, handal, pakar, professional dalam bidang keilmuannya atau bidang keahliannya. Apa sih tujuan PPG? Berikut sedikit penjelsannya.


Ilustrasi
Tujuan Pelaksanaan PPG (Pendidikan Profesi Guru)
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013 Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan PPG dan PPGJ adalah sebagai berikut:
a. untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam
merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran;
b. menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan
pelatihan peserta didik; dan
c. mampu melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara
berkelanjutan.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
1. Pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.

Baca juga: 7 Keuntungan Ikut Program PPG Bersubsidi 2018

2. Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan yang selanjutnya disebut program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Nonkependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi
guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

3. Lembaga pendidikan tenaga kependidikan adalah perguruan tinggi yang diberi tugas oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan program pengadaan guru pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah, serta untuk menyelenggarakan
dan mengembangkan ilmu kependidikan dan nonkependidikan.

4. Matrikulasi adalah sejumlah matakuliah yang wajib diikuti oleh peserta program PPG yang sudah dinyatakan lulus seleksi untuk memenuhi kompetensi akademik bidang studi dan/atau kompetensi akademik kependidikan sebelum mengikuti program PPG.

5. Pengayaan bidang studi adalah kegiatan pemantapan penguasaan materi bidang studi yang dilaksanakan secara terpadu dalam kegiatan PPG.

6. Pedagogik khusus bidang studi adalah kegiatan yang memberikan pengalaman kepada calon guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang komprehensif, mencakup rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, evaluasi, dan lembar kerja siswa (LKS).

Berapa lama PPG dilaksanakan?
Baiklah untuk menjawab berapa lama waktu PPG mari kita sedikit mengulas tentang jenis-jenis PPG yang ada.

1. PPG SM3-T
PPG SM3-T adalah program pendidikan profesi khusus bagi sarjana yang telah melakukan  atau mengikuti program SM3-T. Lama rentang waktu PPG bagi alumni SM3-T adalah 11 bulan, dalam rentang waktu 11 bulan tersebut 5 bulan digunakan untuk kegiatan PPL, adapun hari aktif adalah senin bagi peserta PPG SM3-T adalah senin-sabtu.

2. PPG Prajabatan Bersubsidi 
PPG Prajabatan Bersubsidi  adalah pendidikan profesi guru yang diperuntukan untuk fresh graduate maupun yang telah lama menyelesaikan pendidikan sarjana dan guru honorer juga bisa mendaftar program PPG Prajabatan Bersubsidi.

Sama halnya dengan PPG SM3-T, PPG Prajabatan bersubsidi juga memiliki rentang waktu pelaksanaan 11 bulan, dalam rentang waktu 11 bulan tersebut 5 bulan digunakan untuk kegiatan PPL, adapun hari aktif adalah senin bagi peserta PPG SM3-T adalah senin-sabtu.

3. PPGJ (Pendidikan profesi guru dalam jabatan)
PPGJ (Pendidikan profesi guru dalam jabatan) diperuntukan bagi guru yang sudah PNS namun belum tersertifikasi dan guru honor yang sudah memiliki NUPTK. Untuk jangka waktu PPGJ melaksanakan pendidikan profesi sekitar 3 bulan (khusus untuk PNS). (catatan: untuk lama waktu pelaksanaan kegiatan PPGJ masih belum terlalu dipahami penulis, dan sumber yang didapat penulis yang mengatakan PPGJ adalah 3 bulan adalah dari alumni PPG SM3-T LPTK UNM A/N Dani Kusmiarso)

Demikianlah artikel tentang Berapa Lama Pelaksanaan PPG, semoga informasi tersebut bermanfaat

0 Response to "Berapa Lama Waktu PPG Prajabatan Bersubsidi dan PPGJ"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close