Wednesday, 24 May 2017

7 Keuntungan Ikut Program PPG Bersubsidi 2018

7 Keuntungan Ikut PPG Bersubsidi 2018 _ PPG atau yang biasa disebut pendidikan profesi guru, pada hakikatnya merupakan suatu program yang diadakan pemerintah dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru khususnya pada bidang studi yang menjadi latar belakang saat dia menempuh pendidikan strata satu (S1).

http://www.gurusmk.com/
source: http://www.gurusmk.com

Pelaksanaan pendidikan profesi guru atau yang akrab disebut dengan PPG, merupakan salah satu bentuk konsistensi pererintah dalam memajukan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan. Di tahun 2018, pemerintah kembali mengadakan program pendidikan profesi guru, namun kali ini dalam konsep berbeda.

Baca juga: 7 Tips Sukses Menghadapi UTN PPG (Pendidikan Profesi Guru)

PPG bersubsidi adalah sebuah konsep terbaru dalam proses meningkatkan kompetensi para guru. Dan respon dari masyarakat khusunya para fresh graduate dan guru honorer cukup besar dalam menanggapi program PPG kali ini, yang diberi label "PPG bersubsidi", bentuk antusiasme para guru terlihat dari banyaknya lulusan freshgraduate maupun yang telah berstatus sebagai guru honorer dan guru sukarela yang mendaftar dalam program PPG bersubsidi.

Rekomendasi: Download Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018

Lantas apa saja yang menjadi kelebihan atau keuntungan dengan mengikuti PPG bersubsidi yang diusung pemerintah. berikut ulasannya:

7 Keuntungan Ikut Program PPG Bersubsidi 2018

1. Biaya PPG disubsidi pemerintah
Salah satu daya tarik tersendiri sehingga kemudian banyak yang mendaftar dalam program pendidikan profesi guru (PPG) bersubsidi yakni sebagian biaya dalam proses mengikuti PPG disubsidi oleh pemerintah.

Baca juga: Soal dan kunci jawaban pretest PPG

Maklum saja, karena jika pada umunnya dalam mengikuti PPG membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun dengan adanya PPG bersubsidi, setidaknya bisa mengurangi beban biaya yang harus ditanggung oleh peserta PPG bersubsidi.

2. Menyandar gelar S.Pd., Gr setelah selesai PPG.
Salah satu kebanggaan tersendiri bagi peserta PPG bersubsidi yang telah menyelesaikan pendidikan profesi guru (PPG) adalah tambahan titel Gr yang merupakan singkatan dari guru profesional pada gelarnya. Mendengar istilah "Gr" pasti menyiratkan bagaimana kapasitas dan kompetensi yang telah dimiliki selepas mengikuti PPG.

Namun dalam perkembanganya gelar "Gr" kemungkinan hanya disematkan pada peserta PPG pasca SM3T. Walau demikian Tanpa gelar "Gr" pun peserta yang telah lulus PPG sudah berstatus guru profesional.

3. Mendapat tunjangan sertifikasi.
Sebagian besar guru/tenaga pendidik sepertinya berharap bisa menjadi guru yang tersertifikasi karena dengan begitu guru yang terkait akan mendapatkan tunjangan sertifikasi dari pemerintah. Dan melalui program pendidikan profesi guru (PPG), peserta yang berasil menyelasaikan kuliah PPG akan berstatus profesional yang berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi dari pemerintah. Namun dengan catatan guru terkait telah memiliki NUPTK

4. Mengenyam pendidikan profesi guna meningkatkan kompetensinya
Selanjutnya keuntungan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) adalah peserta akan mendapatkan pendidikan profesi yang bertujuan untuk pendalaman bidang studi guna meningkatkan kompetensinya. Pendidikan profesi memang sangat penting bagi seorang guru agar kualitas kompetensi dalam mengajar bisa lebih maksimal.

5. Sertifikat PPG dapat digunakan untuk mendaftar menjadi guru garis depan (GGD)
Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan oleh peserta PPG yang telah menyelesaikan pendidikannya yakni sertifikat PPG yang didapatkannya bisa digunakan unutk mendaftar menjadi guru garis depan (GGD).

Menjadi guru garis depan (GGD) memang menjadi primadona tersendiri bagi sebagian guru mengingat gaji yang ditawarkan ketika mengikuti program GGD cukup besar dan menjanjikan.

6. Dapat mendafta menjadi guru SILN (sekolah indonesia luar negeri)
Walaupun sertifikat PPG bukan syarat mutlak untuk mendaftar menjadi guru SILN (sekolah indonesia luar negeri) namun dengan memiliki sertifikat pendidika, memberikan kans tersendiri bagi orang yang terkait agar bisa lulus dalam seleksi guru SILN.

7. Menambah relasi
Salah satu kunci kesuksesan seorang adalah dengan banyaknya relasi (kenalan) yang bisa diajak untuk bertukar pendapat, seperti sebuah ungkapan menyambung tali silahturahmi akan semakin menambah rezeki. Oleh karena itu melalui program PPG peserta bisa mendapatkan banyak kenalan baru yang sama-sama sedang mengikuti PPG.

dan sebagai tambahan, menurut informasi yang berdar namun belum bisa dipastikan kebenarannya, menyebutkan bahwa salah satu syarat untuk mendaftar PNS/ASN (khususnya untuk menjadi guru) kedepannya wajib memiliki sertifikat pendidik.

Nah demikianlah 7 Keuntungan Ikut Program PPG Bersubsidi 2018. Jadi apakah anda tertarik atau semakin semangat untuk ikut PPG bersubsidi?

7 komentar

bagi yang sdh sertifikasi masing jg PPG,,lebih baik menyelesai merah dgn ujian onle..lansung dgn peserta bukan melalui LPMP,dinas setempat.

Bagaimana Jika Tidak bisa mengikuti pretes ppg sesuai jadwal dikarenakan Sakit apakah bisa mengikuti pretes ulang

Saya penasaran dgn sistem penempatan pelaksanaan ppg setelah peserta lolos tahap seleksi. Semoga admin atau pembaca lain bisa memberi masukan

Maaf sebelumnya saya mau bertanya, apakah harus dengan ikut penyetaraan ijazah bagi guru sd yg tidak berijazah PGSD supaya bisa mengikuti PPG?

"maaf sebelumnya, klo boleh tau ini sumber beritannha drmn ya, biar bisa share keteman yg lain aza, trm ksh

Bgm dg yg sdh lulus pretest tetapi tdk pny uang utk mengikuti PPG? Apakah ada kesempatan lg jkalau kedpnx kita pny uang dan ikut ppg

ikut aja,, pasti ada jalan,,, walau hari ini kita tidak memilikiuang tapi besok atau lusa siapa yang tahu... miliki keyakinan bahwa tuhan akan selalu mebersamai

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon