Wednesday, 14 June 2017

7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak

Tags
7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak _ Kesuksesan seorang anak sangat ditunjang oleh pendidikan yang berkualitas, sejatinya pendidikan berkualitas salah satunya bisa didapatkan melalui lembaga pendidikan (sekolah) yang profesional pula. Dengan terdaftar di sekolah yang memiliki kualitas pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, maka peluang seorang anak untuk tumbuh menjadi profesional cukup besar.

source; http://www.borneonews.co.id/

Oleh karena itu sebagai orangtua, anda dituntut untuk memilih dan memilah sekolah yang baik untuk putra-putri anda, agar segala harapan yang anda sematkan pada buah hati anda bisa terealisasi. Kenapa orangtua mesti terlibat dalam memilih sekolah untuk anaknya? hal tersebut karena pemahaman seorang anak yang belum mumpuni dalam memilih sekolah yang terbaik untuknya, sehingga peranan orangtua dalam memilih sekolah yang berkualitas untuk buah hatinya sangat diperlukan.

Perlu diketahui bahwa setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda coba terapkan dalam emilih sekolah yang baik untuk anak anda. Berikut 7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak yang sengaja kami rangkum untuk anda;

7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak

1. Memilih sekolah yang memiliki tenaga pengajar (guru) yang profesional
Tips pertama dalam memilih sekolah untuk anak anda yakni dengan memerhatikan tenaga pengajar (guru) yang mengajar di sekolah tersebut. Seorang guru memegang andil yang sangat besar dalam proses pendidikan anak, karena melalui keterampilan, kualitas dan profesionalisme seorang guru akan menjadi salah satu kunci sukses pendidikan di suatu sekolah.

Sebaiknya anda mengenali siapa-siapa saja guru yang mengajar di sekolah tersebut dan cobalah mengetahui latar belakang pendidikannya, karena beberapa sekolah memiliki guru yang mengajar namun tidak sesuai dengan bidangnya (tidak sesuai latar belakang pendidikannya/tidak sesuai bidang keilmuannya), sehingga pendidikan dan pembelajaran pada siswanya bisa jadi tidak maksimal.

Guru yang memang mengajar  dan sesuai dengan bidang keilmuannya, memiliki kredit lebih, karena sudah pasti menguasai cara/metode pembelajaran dalam mengajar siswanya.

2.Perhatikan akses (tranportasi) menuju sekolah tersebut
Transpotasi menjadi hal yang urgen bagi anak agar bisa dengan mudah sampai di sekolahnya. Misalnya saja terdapat sarana transportasi yang menuju sekolah tersebut/lewat di depan sekolah tersebut; mislanya mobil angkot, busway, ojek dan lain-lain.

Dengan begitu anda sebagai orangtua tidak mesti susah payah untuk mengantar anak anda tiap hari ke sekolah, apalagi jika anak anda masih duduk di sekolah dasar, pasti dengan ketersedian sarana transportasi yang memadai akan sangat membantu anda.

3. Memilih sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
Tak dapat dipungkiri bahwa sarana prasarana termasuk sarana belajar sangat menunjang proses pendidikan siswa; mislanya sarana dan prasarana yang bisa anda perhatikan dari suatu sekolah adalah; perpustkaan, ruang belajar yang baik (kelas), kantin, WC, UKS, laboratorium.

Selain itu perhatikan juga sarana pendukung lainnya seperti sarana olahraga; misalnya lapangan basket, takraw, volli, badminton dan ruang kesenian. Semakin lengkap sarana dan prasarana suatu sekolah semakin besar potensi anak anda untuk bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya.

4. Sesuaikan sekolah dengan bakat dan minat anak
Tips selanjutnya yang juga perlu mendapat perhatian dalam memilih sekolah untuk anak anda yakni sesuaikan sekolah yang anda pilih dengan bakat dan minat anak anda. Logikanya sederhana saja mislanya anak anda memiliki kemampuan dalam bidang olahraga maka tidak mungkin bukan anda memasukkanya di sekolah lebih menekankan bidang seni pada muridnya. Tujuan memilih sekolah  yang sesuai dengan bakat dan minat yakni agar bakat dan minat anak bisa lebih dimaskimalkan.

5. Memilih sekolah yang terintegrasi atau terpadu
Apa sih yang dimaksud sekolah terpadu? sekolah terpadu adalah sekolah yang menempatkan SD, SMP dan SMA dalam satu atap atau dalam satu ruang lingkup, apa keuntungan menyekolahkan anak di sekolah yang terpadu? Keuntungannya adalah anak anda bisa memiliki banyak kenalan atau teman baik dari tingkatan SD, SMP dan SMA. 

Selain itu misalkan anak anda masih duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama ketika lulus, dia sudah tidak canggung lagi ketika melanjutkan pendidikan di SMP atau SMA karena mereka sudah saling kenal satu sama lain jadi perilaku bully atau ospek yang biasa dilakukan oleh kelas yang lebih tinggi terhadap murid baru bisa diminimalisir. 

Selain itu jika anda menyekolahkan anak anda di sekolah terpadu akan membuat ilmu dan pengetahuan yang dipelajari anak akan lebih terstruktur karena kurikulum sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dikelola oleh lembaga yang sama, jadi dalam penerapannya akan lebih terarah dan terstruktur dengan jelas.

6. Memilih sekolah yang menerapkan full day school. 
Full day school adalah kegiatan belajar yang dimulai dari jam 07.30 sampai jam 16.00, kelebihan full day school bagi anak adalah anak akan memiliki waktu belajar yang lebih banyak, anak juga akan banyak menghabiskan waktu di sekolah

Sehingga banyak melakukan interaksi positif baik dengan temannya maupun dengan gurunya melalui kondisi tersebut karakter anak akan lebih cepat terbentuk dan kegiatan full day school juga membuat anak kurang bergaul dengan lingkungan masyarakat sehingga meminimalisir pengaruh negatif dari lingkungan masyarakat karena usia anak-anak atau remaja adalah usia dimana anak muda terpengaruh oleh keadaan sekitarnya. Dengan memaksimalkan pembentukan karakter anak akan membuat anak memiliki filter atau pondasi yang kuat untuk menolak pengaruh negatif ketika telah tamat dari sekolah. 

7. Memilih sekolah yang transparan dan akuntabel 
Salah satu aspek yang mesti diperhatikan ketika meilih sekolah untuk anak anda adalah apakah sekolah tersebut memiliki manajemen yang terbuka atau transparan, seperti ketika ada pungutan atau pembayaran yang dibebankan kepada siswa, sekolah menjelaskan secara rinci tujuan pungutan tersebut. 

Sekolah yang menjunjung tinggi aspek transpransi sangat kecil kemungkinan akan terjadi pungutan liar (pungli) yang meresahkan siswa dan orang tua. Dan ketika ada dana sekolah dari pemerintah akan lebih tepat sasaran misalkan dana bos yang digunakan sebagaimana mestinya, dana gratis, dana dari yayasan dan lain-lain.

Demikianlah 7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak yang bisa anda coba lakukan dalam memilih sekolah untuk anak anda, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon