Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) _ Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. 

Baca juga: Syarat dan cara pendaftaran PPG bersubsidi 2017

PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005. Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan suatu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru. apasih hal potensial dan keuntungan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) ? berikut sedikit ulasan tentang 


Baca juga: Soal dan kunci jawaban pretest PPG

Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)
sumber:hobzz
Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)

1. Meningkatkan Skill dan Kemampuan Guru 
Guru yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) sudah dapat dipastikan akan memiliki skill dan kemampuan yang semakin meningkat hal tersebut di karenakan metode pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan PPG memiliki standar tinggi, serta guru akan diajar oleh tenaga pengajar profesional yang ahli dibidangnya.  

Rekomendasi: Download Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018

Selama mengikuti kegiatan PPG, guru harus bersedia berkutat dengan penyusunan media pembelajaran, perangkat pembelajaran serta menyusun penelitian tindakan kelas (PTK) tidak hanya sampai diwilayah teori tapi guru juga akan melakukan praktik lapangan sekitar 6 bulan sampai 1 tahun disekolah.

2. Bergelar Sebagai Guru Profesional (Gr)
Guru yang telah menyelesaikan pendidikan profesi guru (PPG) akan bergelar (Gr) atau guru profesional, hal menggambarkan bahwa kemampuan guru yang telah mengikuti kegiatan PPG bisa dikatakan telah memenuhi kriteria standar maksimal seorang pendidik. pemberian gelar (Gr) kepada guru yang telah mengikuti PPG juga untuk membedakan antara guru yang telah mengikuti PPG dan guru yang belum mengikuti PPG.

3. Mendapat Sertifikat Pendidik dan Sertifikasi
Keuntungan selanjutnya jika mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) adalah guru yang terkait akan mendapat sertifikat pendidik, sertifikat pendidik tersebut sebagai bukti bahwa guru yang bersangkutan memang layak untuk menjadi guru, selain itu guru tersebut berhak mendapat tunjangan sertfikasi yang setara gaji pokoknya yang akan diberikan pertriwulan baik guru tersebut berstatus sebagai PNS ataupun masih berstatus honorer dengan syarat telah memiliki NUPTK

4. Bisa Mendaftar Guru Garis Depan (GGD) atau Guru SILN
Keuntungan lain jika telah mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG) namun belum berstatus PNS adalah sertifikat pendidik yang didapatkan bisa digunakan untuk mendaftar sebagai guru garis depan (GGD) atau bisa mendaftar menjadi guru di sekolah indonesia yang ada di luar negeri atau biasa disebut sebagai guru SILN.

5. Peluang Lapangan Kerja Semakin Banyak
Hal yang menarik ketika seseorang telah mengikuti pendidikan profesi guru adalah prospek lapangan kerja yang akan menjadi semakin luas, jika biasanya status guru tersebut hanya sebatas sebagai guru honorer namun setelah mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) maka peluang untuk mendapat pekerjaan dengan gaji yang lumayan menjanjikan semakin besar. 

Demikianlah Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), namun sejatinya, mengikuti pendidikan profesi guru memang adalah sebuah keharusan jika kita berharap generasi penerus bangsa menjadi semakin hebat dan berkualitas. maka hal tersebut harus dimulai dari meningkatkan kualitas gurunya.

0 Response to "Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel