Saturday, 6 May 2017

Syarat Dan Cara Pendaftaran Program PPG Bersubsidi 2017

Syarat Dan Cara Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bersubsidi 2017 _ Bagi anda lulusan Fresh graduate atau bagi anda yang masih berumur di bawah 28 tahun dan memiliki minat besar untuk mengenyam pendidikan profesi guru sebaiknya segera mempersiapkan diri. Pasalnya pemerintah telah resmi membuka pendaftaran untuk mengikuti pendidikan profesi guru mulai tanggal 8 Mei sampai 20 Mei 2017.

Baca juga: Syarat dan cara pendaftaran PPG dalam Jabatan (PPGJ) Tahun 2017


Dalam penerimaan peserta PPG kali ini, peserta akan mendapat biaya subsidi/bantuan pendidikan dari pemerinyah sebesar Rp. 7.500.000/semester/orang, Sebuah angka yang cukup lumayan, mengingat jika anda hendak mengikuti kegiatan PPG dengan biaya sendiri, sudah pasti akan membuat anda, merogoh kocek lebih dalam.

Baca juga: 7 Keuntungan mengikuti PPG bersubsidi 2017

Namun untuk biaya hidup, akomodasi dan biaya komsumsi selama PPG sepenuhnya ditanggung oleh peserta pendidikan profesi guru (PPG). Untuk tempat tinggal sendiri, peserta PPG bersubsidi 2017 akan diasramakan di LPTK yang menjadi pelaksana kegiatan PPG 2017.

Baca juga: 6 Tantangan berat dalam mengikuti PPG bersubsidi 2017

Ada dua formasi penerimaan peserta PPG yang akan dibuka pada tahun ini yakni; pendidikan profesi guru (PPG) umum dan pendidikan profesi guru (PPG) kolaboratif:

Daftar program studi dan program keahlian PPG 2017
Setidaknya ada beberapa program studi yang akan mendapat jatah perekrutan, untuk mengikuti pendidikan profesi guru, berikut program studi yang diberikan jatah untuk menerima peserta PPG bersubsidi 2017;
1. PGSD
2. PGPAUG
3. PLB
4. Pendidikan Matematika
5. Pendidikan Bahasa inggris
6. PJOK/PJKR
7. Teknik Kimia
8. Teknik Pengakapan Ikan
9. Agribisnis Produksi Ternak
10. Agribisnis Pengelolaan Hasil Pertanian dan Perikanan
11. Kepariwisataan
12. Teknik Ketenagalistrikan
13. Teknik Elektronika
14. Teknik Mesin
15. Agribisnis produksi tanaman
16.Teknik Otomotif.

Baca juga: Potensi dan keuntungan ikut PPG

Persyaratan Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bersubsidi 2017
Untuk mendaftar menjadi peserta pendidikan profesi guru (PPG) setidaknya ada beberapa persyratan umum yang mesti dipenuhi, berikut persyaratannya:
1. Lulusan S1/D4 program studi terakreditasi minimal B;
2. Berusia setinggi-tingginya 28 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG;
4. Calon mahasiswa terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI);
IPK minimal 3,00;

Dokumen yang diupload pada tahap seleksi administrasi
1. Mengupload foto,
2. Ijazah/SKL (Surat Keterangan Lulus)
3. Transkrip nilai

Dan dokumen-dokumen yang WAJIB diupload jika dinyatakan LULUS UJIAN TULIS/CBT:

1. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
2. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
3. Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

Baca juga: Syarat Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Bersubsidi 2017 (pendaftaran 21 mei-1 juni 2017)

Persyaratan mendaftar pendidikan profesi guru (PPG) SMK kolaboratif
Untuk SMK kolaboratif sendiri memiliki, beberapa persyaratan pendafatran, yakni sebagai berikut;
1. Boran isian pendaftaran calon peserta yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar dengan latar putih.
2. Fotokopi ijazah S1/D4 yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi asal
3. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisri oleh sekolah asal
4. Surat pernyataan kesedian mengikuti pendidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bersedia ditempatkan sesuai dengan tempat penugasan
5. surat keterangan berbadan sehat dari dokter
6. Surat keterangan bebas napza dari lembaga yang berwenang
7. Memilih jurusan yang sesuai/linear dengan latarbelakang pendidikan saatt kuliah; seperti yang ditunjukan pada tabel dibawah ini:


Alur seleksi penerimaan peserta pendidikan profesi guru (PPG)
Untuk alur seleksi dalam penerimaan peserta PPG terdiri dari beberapa tahap; berikut ilustrasinya;

Tahap I
  • Pengemuman/sosialisasi penerimaan calon mahasiswa
  • pendaftaran online disitus (http://ppg.ristekdikti.go.id) 8 mei-18 mei 2017
  • Seleksi administrasi 12 mei- 19 mei 2017
  • Penentuan (pengumuman) kelulusan seleksi administrasi 20 mei 2017
Tahap II
  • Tes kemampuan bidang (TKB)+ tes kemampuan akademik (TPA)+ TKBI 22 mei 24 mei 2017
  • Pengumuman kelusan tes TKB, TPA dan TKBI 25 mei 2017
Baca juga: Cara cek (ketedaftaran) ijazah di PDDIKTI (pangkalan data DIKTI)
Tahap III
  • Seleksi BMK dan verifikasi dokumen pendukung 29 mei-30 mei 2017
  • Pengumuman kelulusan seleksi BMK dan dokumen/pengumuman final 1 Juni 2017
Tahap IV
  • Pendidkan di LPTK (pendidikan PPG)/awla kuliah 5 Juni 2017 

Langkah-Langkah Mendaftar PPG Bersubsidi 2017 Secara Online

1. Buka laman resmi pendaftaran PPG bersubsidi 2017
Alamat resmi pendaftran PPG bersubsidi 2017 yakni  (http://ppg.ristekdikti.go.id), silahkan anda klik link tersebut atau anda bisa terlebih dahulu membaca langkah-langkah melakukan registrasi di situs ppg.ristekdikti.

Pertama-tama Ketika anda telah masuk laman resmi ppg.ristekdikti maka akan muncul tampilan awal seperti dibawah ini:


Setelah muncul laman/tampilan seperti di atas selanjutnya klik kata (pendaftaran telah dibuka) setelah anda meng-klik maka anda akan diarahkan apda laman selanjutnya

2. PIlih Jenis PPG yang ingin anda ikuti
Pada tampilan/laman selanjutnya anda akan diberikan pilihan, apakah ingin mendaftra PPG Reguler atau PPG Kolaboratif SMK (untuk pendaftran ppg kolaboratif smk belum bisa diakses). Namun terlebih dahulu anda baca syarat dan ketentuannya, untuk bisa memastikan, apakah anda sanggup memenuhi syarat ketentuan untuk ikut PPG bersubsidi.

Jika anda ingin mendaftar PPG reguler silahkan klik menu/kata lanjutkan pada bagian bawah, seperti gambar yang ada dibawah ini:



3. Isi biodata diri
Setelah anda mengklik kata lanjutkan akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Setelah muncul tampilan seperti diatas; silahkan isi
Provinsi asal perguruan tinggi S1
Nama perguruan tinggi S1
Nama program studi S1/D4
NIM
Tanggal/bulan/tahun kelahiran

Periksa kembali biodata diri, kemudian setelah clear, silahkan anda klik Lanjutkan.

4. Pilih lokasi tes dan jurusan PPG yang akan didaftari
Setelah anda mengklik kata lanjutkan. maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini;


Pertama-tama isi dulu nilai IPY/IPK anda selama kuliah, setelah diisi kemudian pilih lokasi untuk mengikuti tes dan pilih jurasan PPG yang ingin diikuti. Setelah diisi, silahkan periksa kembali dan setelah clear kemudian klik Simpan.

5. Anda akan mendapatkan Username dan Pasword
Setalah biodata dan lokasi tes telah dipilih maka anda akan mendapatkan psword dan username seperti gambar dibawah ini;


6. Login  menggunakan username dan pasword
Jika anda telah memiliki username silahkan log-in menggunakan username dan pasword yang anda dapatkan setelah menyelesaikan proses registrasi;
Menu log-in terdapat pada sudut kiri atas, seperti yang ditunjukan dalam lingkaran merah pada gambar diatas, setelah megklik tombol log-in maka akan muncul gambar seperti di bawah ini;

Isi username dan pasword sesuai dengan yang anda dapatkan, kemudian jangan lupa mengisi kode angka yang ada di bawah username dan pasword.

7. Isi validasi data
Selanjutnya setelah berhasil log-in maka akan tampil/muncul seperti gambar di bawah ini:


Setelah muncul seperti gambar diatas, silahkan isi semua biodata dengan lengkap dan benar, setelah itu klik simpan.

8. Mengisi data keluarga
Selanjutnya setelah melakukan validasi biodata pribadi, selanjutnya mengisi data keluarga, dengan cara mengklik kata "data keluarga" seperti contoh pada gambar di bawah

Silahkan isi semua kolom pada laman data keluarga dengan benar dan tepat, jika sudah selesai silahkan klik Simpan.

9. Validasi data akademik
Setelah selesai mengisi laman validasi data keluarga selanjutnya klik menu data akademik, seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini;

Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas maka selanjutnya isi no.ijazah, tanggal, bulan dan tahun dengan benar. kemudian klik simpan.

10. Validasi pilihan PPG
Selanjutnya klik menu validasi pilihan PPG, seperti gambar dibawah ini;

Setelah menu validasi pilihan PPG diklik maka akan muncul seperti gambar diatas, dalam pilihan tersebut peserta kemungkinan masih bisa merubah pilihan lokasi ujian PPG dan jurusan PPG yang dipilih. Namun jika lokasi dan pilihan jurusan PPG sudah dirasa tepat. silahkan klik simpan.

11. Unggah dokumen persyaratan PPG
Selnjutnya klik menu unggah dokumen, seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.

source: Pakpandani.we.id
silahkan unggah semua dokumen persyaratan yang telah discan, ukuran file hasil scan tidak boleh melebih 800 kb.
seperti :

Pada tahap seleksi administrasi berkas dokumen yang diunggah adalah sebagai berikut:
  • foto ukuran 4x6 dengan latar putih
  • hasil scan ijazah
  • hasil scan transkrip nilai
Dan dokumen-dokumen yang WAJIB diupload jika dinyatakan LULUS UJIAN TULIS/CBT:


  • Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  • Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  • Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

12. Cek pengumuman hasil seleksi administrasi
Setelah semua data berhasil anda validasi dengan benar selanjutnya silahkan cek pengumuman hasil selesksi administrasi. Namun pengumuman hasil seleksi administrasi kemungkina bisa diketahui beberapa hari setelah mendaftar atau pada tanggal 20 mei. jadi harus raji-rajin membuka web resmi PPG dikti untuk mengecek pengumuman kelulusan seleksi administrasi. Gambar di bawah ini menunjukan jika peserta lolos seleksi administrasi

Source: Pakpandani.web.id
13. Cetak formulir pendaftaran
Jika anda dinyatakan lulus maka anda kemungkinan akan mendapatkan format hasil lolos seleksi administrasi seperti gambar dibawah ini

Source: Pakpandani.web.id
Bukti pendaftaran tersebut kemungkinan akan digunakan sebagai tanda bukti kelulusan administrasi, dan dipelihatkan saat akan mengikuti tes tahap kedua yakni tes TPA, TKB, TKBI.

CATATAN: Jika kelengkapan berkas belum rampung, sebaiknya proses mendaftar dilakukan sampai pada tahap mendapatkan Username dan pasword. Jika kelengkapan berkas semua sudah lengkap silahkan login menggunakan username dan pasword tersebut dan lengkapi semua validasi data yang diminta. Jangan simpan data (finalisasi data) jika sebagian berkas belum diisi (upload) karena kemungkinan data tidak bisa lagi diubah.

Karena syarat pendaftaran telah diubah dan hanya beberapa berkas yang diwajibakan untuk diupload pada tahap seleksi administrsi, maka untuk pilihan finalisasi masih simpansiur, apakah harus difinalisaasi atau tidak. Namun jika semua kelengkapan berkas telah rampung diupload (ijazah, transkrip, foto, skck, bebas napza, sehat jasmani dan rohani, ket. belum menikah kemungkinan bisa difinalisasi

Call center
Jika membutuhkan bantuan, Silakan salurkan pertanyaan lewat saluran berikut:
 e-Mail: dit.pembelajaran@ristekdikti.go.id

Bagaimana, apakah setelah membaca tutorial tersebut anda telah siap mendaftar ? jika anda siap mendaftar silahkan klik link dibawah ini

286 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 286   Newer›   Newest»

Prodi pendidikan geografi gak ada ya?

Boleh tagu dapat informasi dari mana kak?
Terima kasih

Sumber infonya dari kemenrisdikti

Mau tanya kak.
Itu maksudnya kita gratis biaya semester dan dapat subsidi tiap semesternya,
Atau subsidi 7.5 juta persemester itu diberikan untuk bayar uang semester kak?

Kayanya pemerintah yang memberikan tunjangan pada peserta... Tapi ntahlah informasinya masih simpang-siur.... Dan kini pendaftarannya masih belum bisa diakses jadi sabar saja dulu

tes tahap kedua it online atau di lptk? dan seleksi bmk it ap kak? trmksh

tes tahap kedua online namun dan dilaksanakan dilembaga LTPTK

Apa berkas persyaratan harus disiapkan dlm bentuk softfile utk upload proses pendaftaran?misal skck dsb

Maksudnya peserta harus terdaftar di PDDIkti itu gmn caranya?

kak kalo yg bukan bersubsidi kolaborasi itu apa seperti sm3t atau kuliah diperguruan tinggi yg membuka ppg?

Assalamu Alaikum
maaf mohon tanya emangnya untuk jurusan ppkn tidak ada penerimaan atau bagaimna?
mohon tanggapanya

Slmt sore, ingin bertanya pak jika pndftran bersubsidi itu yg di terima 7,5jt memangnya jk biaya reguler berapa ya? Dan apbla diselenggarakan PPG bersubsidi di Jkt, Univ mna sja ya pak yg mengadakan membuka program tsb. Mhn infonya trmksh

saya mau daftar tapi kok belum bisa di akses yaaa . tolong pencerahannya :)@-)@-)@-)@-)@-)

Pendidikan biologi juga belum ada yaaa...

Ini asli gak mas brow???
gak hoax kan?

saya juga kurang tahu, akan tetapi alangkah baiknya jika berkas pendaftarannya juga disediakn dalam bentuk softfile

maaf ade, saya kurang mengerti apa yang anda maksud

saya juga belum tahu berapa biaya ppg jika menggunakan biaya pribadi, kalau di jakarta mungkin pelaksananya adalah UNJ

Tunggu beberapa saat atau satu, dua hari kedepan. Mungkin lagi dalam proses

kayanya untuk tahun ini formasi PPG untuk jurusan biologi belum dibuka, mungkin tahun depan De'

Sumbernya dari dikti, jika hoax, maka yang melakukan hoax adalah pihak dikti

apakah ppg bersubsidi ini bisa diikuti oleh guru honorer..??

Bisa sekali mba welda ci well. asalkan prodi dan jursan mba minimal terkreditasi B serta nama mba ada dipangkalan data dikti

Boleh minta link nya? Saya cari kok tidak ada ya

klik aja kata daftar di artikel di atas...nnti diarahkan langsung ke linknya

ppg.ristekdikti.go.id belum ada rilis mengenai hal hal yang tertulis layaknya artikel di atas. Cuman tertulis PENDAFTARAN SEGERA DIBUKA
Many thanks

kak, kenapa wkt sy buka websitenya masih tertulis "pendaftaran segera dibuka"?

Mungkin lagi dalam proses, sabar aja dulu de'

This comment has been removed by the author.

Bimbingan dan konseling / BK ada nggak pak??

Mungkin tidak ada mba loesty asri

Sabar aja mas harianto nunggu rilinsnya, mungkin masih dalam proses

Waduh piye sih kok nggak ada....padahal BK penting lho

Sabar aja Mba dan berdoa semoga tahun depan ada formasi untuk PPG BK

gimana cara lihat kita terdaftar di PDDIKTI kak?

tuh di artikel yang bertuliskan
baca juga: cara cek keterdaftaran di PDDIKTI,,,
tinggal klik aja..
nanti akan diperlihatkan tutorial caranya

Pelaksanaan ppg nya apa sama dengan tempat kita memilih tempat tes??? Terima kasih

Untuk penempatan saya juga kurang tahu apakah ditempatkan di lokasi pendaftaran awal atau malah diacak

Ka ketika saya daftar ga bisa bisa, disitu katanya tanggal lahir tidak cocok, teman saya pun begitu. Kenapa ya?

Kk waktu saya daftar sudah dapat use name dan pasword tp belum buka halaman dashbord karna jaringan lola kembali ke halaman semula.. Dicoba lagi katax anda sudah mendaftar tapi data data saya belum diisi.. Bagaimana yaa kk cara kembali ke halaman dashbord

Bisa jadi karena jaringan yang lagi jelek atau tanggal lahir harus disesuaikan dengan KTP atau biodata diijazah

Anda tinggal log-in menggunakan user's name dan password yang sudah dibuat

Maksud sy juga g2 kk.. Tapi menu log in x dimana yaa kk.. Belum ketemu ma sy. Mohon bantuan kk

PNS bisa ikut ppg bersubsidi gak?

Ada yang punya solusinya tanggal lahir tidak cocok?

Kakak sya mau tanya didaerah mana kampus yg menyelenggarakan ppg ini

Kalau menu login ada dibagian kiri atas dibagian bawah beranda

kayanya tidak bisa ade, karena PPG bersubsidi sistem kontrak dan adalah lagi kontrak lain setelah ikut ppg

Daerahnya bisa dilihat saat mendaftar... nanti tempat ujian bisa dipilih... dan kemungkinan ada banyak kampus yang akan jadi pelaksana PPG bersubsidi 2017

Sesuaikan tanggal lahir dengan yang di ijazah atau bisa juga coba cek adata anda di PDdikti, agar bisa disesuaikansaat mendaftar

Tapi pada data PDdikti tidak tercantum tanggal lahir, jd gmana?

Kalau begitu sesuaikan dengan tanggal lahir dengan yang ada diijazah

Sudah benar tapi tetap tidak cocok

Kak kalau kampus yg mengadakan ppg ini akreditasinya harus A ya?

Semua surat surat keterangan itu dilengkapi ketika registrasi awal atau setelah lulus tes?
Untuk surat keterangan belum menikah dan bersedia tidak menikah, yang menandatangi pakai materai orang tersebutkan?
Terimakasi

Kalau kampus yang ditunjuk sebagai pelaksana sebagian ada yang berstatus akreditasi B.....
Kalau peserta yang mau daftar minimal prodi dan jurusan tempat kuliahnya akreditasi b

Mungkin dlengkapi sejak awal sebsgai syarat kelulusan berkas untuk mengikuti tes...
Untuk surat keterangan bersedia tidak menikah yang bertanda tangan adalah orang terkait yang ingin mendaftar ppg

Daerah mana saja yg mengadakan ppg ini kak apakah juga ad dikalsel?

mau nanya ini PPG nya berapa lama ya?

trus PPG nya dimana ? apakah Universitas Sriwijaya jadi tempat PPG ?

Kalau tidak salah kemungkinan satu tahun

Kalau daftar online Apa membutuhkan SKCK, bebas narkoba dan Berbadan sehat? Atau kapan di butuhkan ya

waktu saya daftar pasword tidak muncul dan laman langsung tertutup. jadi saya gatau bukanya lagi karena gatau pasword, Bagaimana cara mengetahui pasword?

silahkan buka artikel dibawah ini
http://www.rijal09.com/2017/05/Langkah-Langkah-Mendaftar-PPG-Bersubsidi-2017-Secara-Online.html atau klik tulisan langkah-langkah mendaftar PPG online pada artikel di atas

mungkin harus isi ulang kembali biodata/mendaftar dari awal lagi

maaf kk numpang tanya, untuk tes onlinenya hrus ke universitas yg kta plih atau bsa dmna sja,, mksih kk

Tempat tes sesuai dengan lokasi tes yang kita pilih

Semua surat surat keterangan itu dilengkapi ketika registrasi awal atau setelah lulus tes?
Untuk surat keterangan belum menikah dan bersedia tidak menikah, yang menandatangi pakai materai orang tersebutkan?
Terimakasi

Seleksi administrasi tgl 12 mei - 19 mei, itu bagaimana kak.. Apakah perlu ke kampus penyelenggara ppg untuk seleksi administrasi atau mohon pencerahan kak. Masih bingung

Maaf numpang tanya. .Pendidikan kimia punya ada

kayanya dilengkapi saat registrasi awal

Seleksi administrasi itu secara online, maksudnya yakni semua berkas persyratan untuk mendaftar harus dipenuhi, supaya bisa lulus seleksi

Silahkan cek pada artikel diatas

mas saya mau tanya, apakah benar setelah ppg itu trus diwajibkan sm3t?

Kemngkinan iyya... tapi alangkah baiknya diikuti aja prosesnya

Untuk berkasnya, sya punya ket bebas narkoba sma skck, tpi itu buatnya rhun 2015 jadi harus olbuat yg baru lgi yach

Untuk berkasnya, sya punya ket bebas narkoba sma skck, tpi itu buatnya rhun 2015 jadi harus olbuat yg baru lgi yach

sepertinya haeus yang terbaru... karena skck hanya berlaku 1 tahun jadi kayanya skc yang pernah dibuat sudah expire

maaf ikut tanya, untuk berkas yg diupload seperti SKCK, SK sehat dr dokter, dll kalau diupload menyusul, misal mendaftar hari ini upload berkas-berkas 4 hari kemudian bisa tidak ya? jadi daftar dulu uploadnya nanti, bisa apa tidak? terima kasih atas jawabannya

untuk SK bebas napza (narkoba) di tulisan persyaratan dikeluarkan oleh BNN atau pihak yg berwenang. kalau minta di RSUD sekalian buat surat2 yg lain bisa tidak?

This comment has been removed by the author.

Kalau udah terlanjur Finalisasi Data tpi belum upload dokumen dan Photo gimana solusi nya kak? Udah buat baru tpi tulisannya anda telah terdaftar..

Assalamu alaikum
numpang nanya kembali, sy udh daftr utk lngkah pertama hnya jawaban hanya ini Gagal, webservice PD-DIKTI terputus/dalam proses maintenance?
kira bgaiamna nhe?
Terima kasih

Tunggu aja sampai servernya kembali membaik.... Jangka waktu pendaftarannya masih lama kok.... Sebaiknya lengkapi semua berkas persyaratan untuk di upload

Mungkin masih bisa diedit... Coba log-in kembali pakai username.... Dan coba edition kembali

Iyya pihak yang berwenang mengeluarkan surat bebas napza adalah rumah sakit setelah melakukan pemeriksaan oleh pihak dokter...

Sebaiknya bersamaan aja... Kahwatir jika persyaratan belum lengkap namun udah terlanjur tersave dan akhirnya tidak bisa lagi diedit

Misi...
Inii surat keterangn dan surat pernyataan beda kan??
Untuk tdk bersedia menikah selama PPG..
Jadi yang di upload itu pernyataan sajaa yang ada ttd dan materai...???

kak maaf tnya lg,, pas fto ltarnya wrna ap kk, yg anggi bca d gmbr warna merah d keterngan wrna putih..
trus surat kterngan sehat rohani t mntak d mna kk,, kta dkter gak da srat shat rohani

untuk surat bebas napza dan sehat jasmni rohani apa boleh dari puskesmas?

kak, boleh share format surat pernyataan Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa ? Trims

Ma'af saya ingin tahu, Nama-nama PTN yang dijadikan tempat PPG besubsidi 2017?

Mungkin sama saja... tinggal dibuat bahasa dalam berkas tersebut seperti ini: belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti PPG... mungkin dalam satu surat saja itu,

yang bertanda tangan mungkin peserta... dan bisa juga disyahkan oleh lurah jika perlu agar lebih meyakinkan

Untuk kampus pelaksana PPG kami belum punya info yang valid.... namun kemungkinan tempat pelaksana PPG sesuai dengan LPTK yang ditunjuk tahun-tahun sebelumnya.

Asslm...z mau bertax it ijazah yg di scan ijazah aali ato fto kopian yg ssh di legalisir...mohon infox
Trus klo bs ad cp yg bs z hubungi...mksih sblmx

Asslm...z mau bertax it ijazah yg di scan ijazah aali ato fto kopian yg ssh di legalisir...mohon infox
Trus klo bs ad cp yg bs z hubungi...mksih sblmx

Udah ngak bisa lagi kak di edit karena terlanjur Finalisasi Data... Apa ada cara lain?

Saya juga kurang terlalu paham jika validasi datanya sudah tahap finalisasi namun berkasnya ternyata belum rampung.. baiknya contacts pihak Dikti untuk minta solusi...Email-nya ada disitu laman resmi pendaftaran

Mohon maap kelanjutan PPG kalau udah lulus bagaimana pak?? Dan penempatan maksudnya di seluruh indonesia yaa.... atau semacam kuliah di kampus yg dipilih/penyelenggara. Karena kalau kayak sm3t keluar pulau butuh dana besar. Trimakasih

Kuliah di kampus LPTK yang menjadi penyelenggara PPG ...

Apak ppg ini khusus untuk umum, atau boleh juga yg berstatuss PNS dan non PNS

Apakah yg berstatus PNS boleh ikut daftar

Tidak bisa kayanya pak...

maaf ma tanya, untuk yang sudah mendaftar tapi hanya menyertakan ijazah lalu ingin mengedit syarat daftar PPG, gimana ya caranya? saya telpon ke direktorat selalu sibuk

terimakasih

Maaf kak mau tanya, klo daftar, kemudian upload dokumen persyaratanya menyusul bisa ga. Misal daftar skrng trus upload dokumen persyaratanya bsok, bisa tidak kak?
Terimakasih

This comment has been removed by the author.

Daftar saja sampai tahap mendapatkan user's name dan pasword....Nanti KLO berkasnya udah lengkap baru log-in pakai username tersebut untuk melengkapi semua berkas....
Usahakan jangan mengisi klik finalisasi jika semua berkas belum lengkap karena kemungkinan data sudah tidak bisa di edit lagi

Untuk upload dokumen Photo apa untuk Photo 3x4 harus di scan atau langsung ajah di upload

Bagaimana itu kak kalo blum d download berkasnya malah terklik tersimpan/finis? tolong kak arahannya

Kalau foto langsung aja di upload kan udah dalam bentuk softfile,,, ukuran filenya aja diperhatikan (tidak boleh lebih dari 800 kb)

Btw apa datanya sudah bisa diedit? kan kemarin udah tahap finalisasi namun belum rampung berkasnya? bagaimana caranya edit berkasnya?

Coba tanya yang koment diatasta itu... Ansar utama..
karena kemarin dia ngalamin hal yanv sama dengan kita

Pada langkah 1, kalau nama program studi tidak ada di daftar bagaimana ya?

apa sudah dibaca artikel di atas tentang daftar prodi yang dibuka? jika disitu ada prodi yang anda lulusi berarti kemungkinan prodi tersebut tercantum dalam proses medaftar namun jika tidak ada kemungkinan formasi GGD belum dibuka untuk prodi anda...memangya prodi anda apa?

kak, fasftonya latar merah atau putih

ikuti saja persyaratn dari PPG dikti,,, jika yang diminta putih maka sebaiknya putih dan jika yang diminta adalah warna merah sebaiknya merah...
tapi kalau tidak salah putih...atau coba baca kembali syaratnya

copian yang sudah dilegalisir

Bagaimana carata kak ansar ustar, apakah bisa d unduh kembali berkas untuk d lengkapi jika sudah tersimpan /finish?

Maaf mau tanya, di persyaratan yang trcantum di artikel atas tidak ada upload scan transkrip nilai, sedangkan di website nya ada, dan saya transkrip dar universitas belum ada, baru ada dari prodi apakah bisa digunakan ?? Terimakasih,

Maaf numpang nanya kalau surat keteranga jasmani dan rohani itu bikin nya dmana owh ya kira2 biayanya brapa juga t, soanya ada yg bilang biayaxa 1,5 jta lbih.
Klau bebas narkoba tu bikinya dimana ya

Sebaiknya gunakan transkrip resmi yang dari universitas..
namun jika memang transkrip resmi dari universitas belum bisa keluar sampai batas hari pendaftaran maka tidak ada anda coba gunakan transkrip dari prodi

Kalau tidak salah bikinnya di rumah sakit resmi pemerintah baik surat ket. sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba

Punten mau tanya, saya uda coba input data di tahap ke 1 pendaftaran tapi disitu tanggal lahir tidak cocok. jadi gmana ya min? Padahal tanggal nya sesuai dengan ktp atau pun ijazah dan akte jg. Mohon pencerahannya?

Banyak yang mengalami masalah yang sperti ade fitri apriyani hadapi... dan saya juga tidak terlalu paham bagaimana cara mengatasinya,, jadi alngkah baiknya contact email PPG dikti untuk menanyakan hal tersebut.

assalam kak sya mau nanya, bsa tidak di upload format surat keterangan sehat rohani? saya masih bingung mengurus surat keterangan rohani dimana? yang saya tahu surat keterangan sehat jasmani saja yang biasa diurus.. terus kak kalau format surat keterangan belum menikah dan bersedia tdk menikah selama program yg kakak upload itu kira kira bisa saya gunakan tidak? jd maksud sya surat ket. belum menikah sya pake format yg kakak upload sja, atau itu cuma sekedar contoh, tapi nanti buatnya di kantor lurah/desa sja? saya mohon kejelasannya kak, terima kasih

Kalau surat keterangan sehat rohani juga dibuat di rumah sakit... Tesnya sejenis tes psikologis... Untuk surat keterangan belum menikah sebaiknya jika ada yang dari kelurahan itu lebih bagus, asalkan ada redaksi katanya tentang ket. Belum menikah dan siap tidak menikah selama ppg

Mohon maaf saya mau tanya lagi, semua berkas diupload kan 1 file,misalnya transkrip nilai trnyata lebih dr 1 file,, harus di jdikan 1 file dulu atau bisa lebih dari 1 file? Terimakasih

Pendidikan bahasa inggris mas.

Jadikan aja 1 file biar lebih rapi... Kan bisa digabung filenya

Di universitas lain ada mas. Di universitas saya yg tidak ada..

Mas? kalau mau cek pengumuman kelulusan seleksi administrasi caranya gimana? saya cek disitusnya gak ada pilihan ini..

nunpang nanya kak. ijazah sama transkripnya yang asli ato photocopy legalisir? Terus hasil scannya dlm bntuk jpeg semuanya atau atay cuma gambar yang dlm jpeg yg lainnya pdf? Makasih sebelumnya

Bagaimna jika tgl masuk dan tgl kluar saya salah, dan saya terlanjur mndapatkan username dan password?

Kayanya masih bisa diubah... Tinggal log-in aja dan perbaiki validasi datanya

Apakah boleh mendaftar menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus)? Karena ijazah saya masih bulan September. Saya sudah menghubungi email dan telepon tetapi belum ada respon dari pihak sana?
Terinakasih

Hasil fotocopy yang kemudian di scan.... Untuk jenis/tipe dokumennya ada petunjuknya di dekag menu upload tentang jenis dokumen yang bisa di upload...Silahkan cek sendiri

Kayanya tidak boleh pakai SKL...Karena syaratnya adalah ijazah....

Pengulangan tanggal 20 Mei kalau tidak salah

kak aku nanya lagi maaf, itu ftocopy ijazah dan transkrip nilai yg akan di upload nanti, apakah harus berupa fto copy ijazah & transkrip nilai yg sudah dilegalisir terlebih dahulu, lalu di upload?? terima kasih.

Foto kopi yang telah di legalisir

maaf kak, tanya lagi. saya udah liat ket dekat upload dokumen. trus ada ket: file discan, brupa format jpeg/jpg tdk lebih dr 800kb. yang saya tanya yang jpeg/jpg itu cuma pasphoto atau semua file hrus dlm bntuk jpeg/jpg? soalnya saya tanya yang sudah pernah ppg, mereka uploadny dlu slain pasphoto, y lain dlm format pdf.

Selain foto, apakah file yang akan di upload nanti bisa dalam bntuk JPEG/JPG juga atau harus PDF?

ka kok tampilan websitenya personal saya tidak seperti digambar ya.. saya juga bingung mau uploadnya gimana..mohon bantuannya..syukran

Mungkin jaringan Ade lalod jadi tampilannya tidak versi web aslinya

Ikuti aja syarat yang ada terlampir di situ

Ikuti saja syarat yang ada

Selamat siang, saya mau tanya lagi,, sebenarnya persyaratannya ada upload transkrip nilai tidak ya? Soalnya ada teman saya yang upload ada yang tidak, siapa tau ada yabg sudah mendaftar, atau admin bisa menjawab,, terimakasih banyak,,

Selamat siang, saya mau tanya lagi,, sebenarnya persyaratannya ada upload transkrip nilai tidak ya? Soalnya ada teman saya yang upload ada yang tidak, siapa tau ada yabg sudah mendaftar, atau admin bisa menjawab,, terimakasih banyak,,

Iyya... ada transkrip sebagaii syarat kelengkapan berkas

Ijazah bukannya ijazah asli ya ug dcan bukan legalisir ?

ijazahnya yang copian dan dilegalisir

apa transkrip juga yang fotocopyan yg dilegalisir yang di scan?

ass....saya mau nanya bagaimana cara ngubah data yang telah di finalisasikan?

Kemumgkiman besar tidak bisa diubah lagi karena sudah difinalisasi

Jika umurnya 28 tahun tapi sudah lebih beberapa bulan per 31 desember, apakah sudah tidak memenuhi syarat?

gitu ya bg ...tapi saya cuma tinggal upload semua persyaratan lagi bg ...apakah ndag ada solusinya bg?

Jika tanggal kelulusan saya salah dan tidak sesuai dengan yang ada pada ijazah apa masih bisa diperbaiki kak, soalnya saya masih belum finalisasi.. Gimana tu kk?

Malam, saya mau tanya. di menu Unggah doc. tidak ada slot untuk upload transkrip nilai ya? atau file transkrip dijadikan satu dengan file ijazah di upload di kotak scan ijazah atau bagaimana?

kemudian untuk keterangan pass fotonya di gambar tutorial diatas kok keterangannya warna latar belakang bukan putih, bagaimana yang benar? mohon jawabannya kaka, makasih

Sepertinya ada slot yang khusus untuk upload hasil scan trankrip... oh iyya fotonya latar putih.. gambar di atas kurang tepat

Mungkin masih bisa diperbaiki.. silahkan login dan ubah data yang masih kurang tepat

ka mau tanya, ini masih soal kurangnya syarat yang belum di upload tapi sudah terlanjur di finalisasi, saaya sudah coba email ke ppg dikti tapi belum ada balasan sampai 3 hari , solusinya gimana ya ka ?

mohon bantuannya kak, saya sudah daftar sampai tahap upload berkas, tapi baru diuplod ijazah, saya langsung simpan. bagaimana solusinya kak? pagahal semua berkas sudah siap dan sudah saya scan.

kak klau waktu mendaftar ada tulisan gagal, data anda ada yang salah, belum terdaftar di PD-DIKTI atau webservice PD-DIKTI terputus/dalam proses maintenance. Silakan coba kembali beberapa saat lagi itu gimana ya? Mohon penjelasannya

kk mau tanya yg surat keterangan sehat jasmani, rohani sprti apa? yg ada surat keterangan sehat sama aja kan ?

surat keterangan sehat jasmani menganai kesehatan fisik,, sedangankan surat keterangn sehat rohani lebih kepada kesehatan jiwa atau psikologi

saya juga kurang paham bagaimana cara memulihkan data yang sudah di finalisasi

kemungkinan kampus atau ijazah anda tidak teregistrasi di dikti...
memangnya ade alumni dari mana?

Giatri Ramadhania delete 15 May 2017 at 20:09

kak mau tanya tentang surat pernyatan belum menikah sama atau tidak dengan surat keterangan belum menikah yang dirilis dari kelurahan

ok, mksh kk, tp klo misalny cuma ad srt ktrngn sehat jasmani aja, yg rohani ngk ada gmn? hrs y

pasti ada.. karena tidak mungkin dijadikan sebagai salah satu syarat kalau surat ket sehat rohani tidak ada

iyya urus aja di kelurahan

coba login kembali dan validasi ulang datanya

ehmmm... oke lh klo gtuu,mksh y

Selamat malam, saya mau tanya apakah dokumen (scanan) yang sudah di unggah dalam pendaftaran ppg tidak dapat diubah atau dihapus? Mohon infonya, terima kasih.

Cara ulang log in trus validasi ulang data itu bgmn y kak? Pilihan mana yg harus dipilih?
Mohon bantuannya kak..

Mas.
Saya mau nanya..kalau jenis kelamin yg ada di PDdikti tidak sesuai dengan yg sebenarnya..itu bagaimana..? Apa saya harus ikuti yg di pddikti.. Atau yg sesuai dengan ijazah..terims

IAIN Tulungagung kak. Terus itu ngurusnya di kampus atau bagaimana?

Teman2, yg tanggal lulus itu sama dengan tanggal wisuda atau tanggal sidang kompre ya? Trus klw tanggal lulus salah gimana tuh? Apa masih bisa diperbaiki?

Kemungkinan masih bisa... Coba login ulang dan upload dokumen barunya/perbarui dokumennya

Tanggal lulus itu biasanya sama dengan tanggal yudisium... Cek diijazahnya kemungkinan disitu ada tercantum tanggal lulusnya

kayakmn nih dak bisa di upload document y, ada tulisan y file y blum dipilih, pdahal kan file y bntk JPEG

Kak klau ada tlisan akreditasi bukan A/B wktu mendaftar berarti tidak bisa ikut program ini ya?
Tolong penjelasannya, makasih.

mau tanya donk,,, kok saya daftar awalnya ada informasi seperti ini ya,, Gagal, data anda ada yang salah, belum terdaftar di PD-DIKTI atau webservice PD-DIKTI terputus/dalam proses maintenance. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

ada yang bisa bantu????
terimakasihhh

saya udah cek di forlappddikti ada kok nama saya terdaftar disana, tapi pas saya mau daftar keterangannya begitu, kenapa ya???

Memang akreditasi jurusan dan prodi anda sudah berstatus B? jika bukan B mungkin hal tersebut ynag menjadi penyebabnya

bija jadi gegara jaringan yang lalod..coba lagi jika jaringan udah bagus

Mau tanya dong bagaimana jika foto yang kita uploud bukan berlatar belakang putih apa bisa masuk administrasi yah? soalnya di pendfataran tidak ada ketentuan foto berlatar belakang untuk PPG bersubsidi tapi SMk Kolaboratif

mau tanya dong, saya baca komentar yang diatas. kenapa ijazah yang di upload harus yang fotocopyan? bukannya lebih meyakinkan kalau yang di upload adalah ijazah asli ??

Tanggal yudisium? Bukan tgl kompre kak? Kok beda2 gitu ya... Temen aku ada yg tgl kompre sbg tgl lulusnya

Karena ijazah mudah dipalsukan namun jika menggunakn copian disertai dengan legalisir (legal) yang ada TTD dan stempel dari kampus

ada dua kemungkinan.. jurusan dan prodi anda tidak terakreditasi B atau gegara jaringan jelek

iyya mungkin hnya karena beda istilah ... ujian kompre samakan dengan ujian tutup dan saat ujian tutup dikukuhkan telah lulus.... jadi pakai aja tanggal komprenya

Ada informasi ralat dr situs pendaftaran PPG, jadi yang diupload yang pertama hanya iJazah, transkrip dan foto. Sedangkan dokumen lainnya baru wajib diupload setelah dinyatakan lulus tes. Apakah ini menandakan tidak ada seleksi berkas atau kita langsung bisa ikut tes nantinya?

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 286   Newer›   Newest»

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon