Thursday, 31 May 2018

11 Cara Agar Semangat Kuliah

11 Tips Cara Agar Semangat Kuliah_ Mengeyam pendidikan di bangku kuliah menjadi impian banyak orang, maklum saja karena dengan kuliah akan lebih memberikan peluang bagi seseorang untuk bisa menjadi sukses kepedapannya. Memang kuliah tidak menjamin seseorang akan sukses akan tetapi  dengan mengeyam pendidikan di bangku kuliah akan menjadi wadah dalam menempah seseorang menjadi pribadi yang berkompeten dalam bidangnya.

11 Tips Cara Agar Semangat Kuliah

Apalagi dewasa ini dalam mencari pekerjaan banyak perusahaan dan instansi  yang mensyaratkan calon pelamar harus lulusan bangku kuliah, hal tersebut bisa  menjadi nilai plus bagi anda yang mengeyam pendidikan di bangku kuliah.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Mengeyam pendidikan di bangku kuliah bukannya tanpa tantangan, ada banyak tantangan yang kadang ditemui saat menjalani pendidikan di bangku kuliah, saya sendiri lebih senang menyebut masalah yang dihadapi di bangku kuliah sebagai tantangan bukan rintangan.

Memang apa beda antara kata tantangan dan rintangan? Secara artian sebenarnya sama-sama merujuk kepada suatu masalah namun dalam segi pemaknaan, tantangan lebih mengarah kepada cara pandang yang optimis (positif) sedangkan rintangan mengarah kepada cara pandang yang pesimis (negative).

Kembali ke topic pembahasan kita yakni “tips agar semangat kuliah”. Apa beda antara tahun pertama (semester 1 & 2) tahun kedua (semester 3 & 4) tahun ketiga (semester 5 & 6) dan tahun ke-empat (7 & 8) dalam kuliah ? yah jelas berbeda, biasanya tahun pertama kondisi psikologis mahasasiwa sedang dalam semangat-semangatnya dalam menjalani perkuliahan, sedangkan tahun ke-dua dan ketiga adalah titik-titik jenuh dalam menjalani kuliah dan tahun ke-empat adalah fase dimana seorang mahasiwa akan tersibukkan dengan berbagai aktivitas; mulai dari kuliah kerja nyata dan menyusun skripsi sehingga mahasiswa yang bersangkutan akan merasa waktu berlalu begitu cepat, namun terkadang hal tersebut tidak berlaku bagi semua mahasiswa. Setiap mahasiwa memiliki persepsi tersendiri dalam memandang perkuliahan yang dia jalani.

Lantas hal apa saja yang bisa dilakukan agar saat semangat kuliah mulai down, perasaan mulai jenuh dengan aktivitas perkuliahan anda bisa menjadi lebih bergairah dan semangat kembali untuk kuliah? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba;

11 Tips Cara Agar Semangat Kuliah

1. Buat list/daftar mimpi yang ingin anda wujudkan selama kuliah dan setelah kuliah
Seorang mahasiswa harus memiliki tujuan yang jelas kenapa dia kuliah, mahasiswa yang ikut-ikutan kuliah tanpa memiliki target yang jelas dalam kuliah dan setelah kuliah, pastinya tidak memiliki motivasi dan ambisi yang besar saat kuliah.

Nah yang pertama sebaiknya anda lakukan saat kuliah adalah membuat list mimpi-mimpi yang ingin anda capai selama kuliah dan setelah selesai kuliah. Mimpi adalah harapan dan harapan yang akan membuat anda menjadi kuat, berambisi, temotivasi.

Dalam bermimpi jangan tanggung-tanggung, bermimpilah setinggi mungkin, karena kata Ir Soekarno (presiden pertama RI) “bermimpilah setinggi langit, jikalaupun anda terjatuh maka anda akan terjatuh di antara bintang-bintang. Dengan mimpi dan harapan akan menjadi energi dan sugesti pada diri untuk terus berusaha agar mimpi-mimpi yang diharapkan bisa benar-benar terwujud.

2. Temukan kompetitor dan jadikan dia rival anda
Dalam teori ahli yang bernama Skinner, mengatakan bahwa stimulus yang diberikan akan menghasilkan respon balik atau dengan kata lain “aksi menghasilkan reaksi”. Terkadang kita tidak semangat dalam kuliah karena tidak menemukan pemicu untuk membuat kita bersemangat untuk kuliah.

Oleh karena itu agar anda semangat kuliah, maka temukanlah orang yang cerdas, pintar dan jenius dalam kelas anda dan jadikan dia sebagai rival. Berusahalah untuk bisa menyamainya bahkan melampaui dirinya.

Cobalah pelajari bagaimana cara teman anda yang cerdas, jenius dan pintar tersebut dalam belajar, guru terbaik terkadang adalah lawan/rival kita, jadi banyak-banyaklah belajar dari rival anda, agar anda bisa minimal seperti dirnya atau bahkan menjadi lebih baik darinya.

3. Ingat dengan orang yang ingin anda bahagiakan
Salah satu kebahagian terbesar dari seorang mahasiswa adalah ketika mampu membuat bangga orang-orang yang dia sayangi. Orang yang anda sayangi bisa menjadi alasan kenapa anda harus terus berjuang dalam perkuliahan.

Alangkah bahagianya jika anda mampu sukses dan membagi kesuksesan dengan orang yang anda sayangi. Orangtua, calon pendamping hidup atau siapapun yang penting dalam hidup anda adalah sosok-sosok yang mesti anda buat bahagia, maka dari itu jangan biarkan semangat anda kendor dalam menempuh pendidikan kuliah.

4. Me-manage waktu
Jika anda tidak bisa membagi waktu dengan baik maka bisa membuat anda kurang fokus terhadap hal-hal yang mesti diprioritaskan. Agar agenda anda jelas maka buatlah big plan (rencana) yang
terstruktur atau lebih tepatnya buat jadwal kegiatan sehari-hari.

Waktu adalah pedang dalam istilah arab, waktu adalah uang dalam istilah cina dan waktu adalah peluang kesempatan, sehingga jangan biarkan waktu anda berlalu begitu saja tanpa melakukan hal yang bermanfaat.

5. Perbanyak relasi
Salah satu penyebab seorang mahasiswa kurang semangat dalam kuliah adalah kegiatan yang biasa dilakukan cenderung monotong (kuliah pulang, kuliah pulang, kuliah pulang dan begitu seterusnya) tidak ada variasi dalam aktivitas membuat proses kuliah cenderung membosankan/menjenuhkan
Lantas apa solusinya? Salah satu solusinya yakni dengan memperbanyak relasi/teman (teman yang bisa menularkan semangat-semangat positif), semakin banyak teman semakin bagus dan dalam konsep rezeki, teman bisa dikatakan sebagai salah satu pintu rezeki.

Jika memiliki banyak teman anda bisa memiliki/membuat banyak kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif atau bermanfaat. Ajak teman anda untuk melakukan bakti social dengan membantu orang-orang yang ada di sekitar anda, yakin dan percaya bahwasanya jika kita dengan niat tulus membantu oranglain maka esensinya akan memberikan feedback pada anda untuk terus positif, bahagia, puas, senang dan tentunya bersemangat.

6. Berlibur
Banyaknya tugas, dosen yang killer, biaya kuliah yang mahal bisa menjadi pemicu anda menjadi kurang semangat dalam kuliah. Sesekali anda bisa berlibur untuk melepaskan semua hiru pikuk dan kepenatan terkait perkuliahan.

Dan pada dasarnya setiap pekerjaan/profesi pasti akan membuat seseorang merasa jenuh, tinggal anda bersikap bijak dalam menyikapi kejenuhan tersebut. Berlibur ada salah satu solusi yang cukup efektif untuk membuat pikiran anda kembali fresh.

7. Kerja sambil kuliah
TIdak banyak mahasiswa yang bisa menggeluti kegiatan kuliah sembari kerja, beberapa mahasiswa memang kuliah sambil kerja, hal tersebut tak lepas dari kondisi keuangan yang kurang mendukung, sehingga perlu bekerja guna memenuhi biaya kuliah.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Jika anda tidak semangat dalam kuliah, maka bekerja sambil kuliah bisa anda lakukan untuk men-chalenge diri anda. Walaupun anda memiliki biaya yang cukup untuk kuliah tapi anda bisa mencoba bekerja guna menjadi pribadi yang mandiri dan tak selalu bergantung pada orangtua.
Kuliah dengan biaya dari hasil keringat sendiri pasti jauh lebih berkesan, tuntutan biaya kuliah akan memicu anda untuk menjadi energik, semangat dan tergerak.

8. Meng-komparasi diri anda (mencari perbandingan diri)
Coba and abaca buku yang mengulas tentang tokoh-tokoh yang sukses dengan merintis karir mulai dari nol, pelajari bagaimana cara berpikir mereka, pelajari cara mereka menyikapi keadaan, pelajari cara mereka dalam belajar saat kuliah.

Dan mulailah katakana pada diri anda “jika mereka saja yang dulunya penuh keterbatasan dalam hidupnya bisa mencapai kesuksesan, masa saya tidak!!! Saya pasti bisa seperti mereka, saya bahkan bisa melampaui mereka”.

Yakin saja ada banyak orang berhasil sukses yang kondisi ekonominya dan kondisi fisiknya jauh di bawah anda, nah jika mereka saja bisa sukses kenapa anda tidak. Tidak ada yang bisa menghalangi anda dari mimpi anda selain diri anda sendiri.

9. Pulang kampung dan mengunjungi orangtua
Jika anda adalah anak rantau yang pergi ke kota untuk kuliah, maka sesekali jika sedang libur pulanglah untuk menjenguk orangtua anda. Lihatlah dengan seksama kondisi fisik orangtua anda, kulit mereka bisa jadi mulai keriput, tenaga mereka bisa jadi tak seperti dulu lagi. Renungkanlah tentang berapa besar perjuangan mereka untuk menguliahkan anda.

Jangan biarkan semangat anda kendor, karena kebahagian terbesar orangtua adalah ketika bisa melihat anda sukses. Yakinkan diri anda bahwa anda bisa sukses dan SAYApun yakin bahwa anda yang sedang membaca artikel ini pasti bisa berhasil, pasti bisa sukses.

Dulu penulis juga diliputi pasang surut dalam kuliahnya, bahkan pernah penulis/admin blog ini ingin berhenti kuliah karena suatu hal, namun karena ketidaktegaan terhadap orangtua maka sayapun bertekad untuk bisa menyelesaikan kuliah.

Alhasil setelah sempat cuti selama 1 semester, saya kemudian memburu ketertinggalan saya dari teman-teman seangkatan saya dengan memprogram ulang mata kuliah saya di kelas junior saya. Dengan semangat dan keinginan membahagiakan orangtua akhirnya penulis berhasil menyelesaikan kuliah tepat waktu dan diwisuda bersama dengan teman seangkatan saya.

Dan saat ini, berkat doa-doa orangtua saya, akhirnya saya bisa lulus menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi di Indonesia tengah. Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi untuk dicapai, dengan semangat dan keyakinan yang besar semua bisa dicapai.

Bahkan admin/penulis tidak pernah bermimpi bisa menjadi dosen, namun seberapapun indah rencana kita, lebih indah lagi rencana allah untuk kita. Jika kita berusaha taat dan berserah diri maka allah akan memberikan kita rezeki yang tak terduga-duga dan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi.

10. Berdoa
Tahukah anda bahwa senjata yang paling ampuh dari orang yang beriman adalah Doa, maka jangan pernah lewatkan untuk berdoa untuk mengawali hari anda dan dalam berbagai aktivitas anda. Sesungguhnya hati kita ada dalam genggaman ALLAH SWT, jadi perasaan semangat dan tidak semangat tidak lepas dari ketentuan ALLAH. Jadi selalu melibatkan ALLAH dalam segala aktivitas anda adalah hal yang paling bijak.

11. Ikut berbagai lomba
Untuk memicu semangat anda dalam kuliah juga bisa dilakukan dengan rajin mengikuti perlombaan-perlombaan, baik dalam lingkup kampus sendiri maupun dalam lingkup nasional. Kompetisi akan membuat anda terus berusaha menguji batas kemampuan anda dan bisa mejadi ajang dalam mengukur kompetensi yang anda miliki.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa memicu semangat anda untuk kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jika ada hal yang kurang jelas, anda bisa bertanya dan berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini.

cara meningkatkan semangat belajar mahasiswa, motivasi untuk mahasiswa yang malas belajar, semangat kuliah sayang, cara agar lebih semangat kuliah, semangat kuliah sambil kerja, kata kata semangat kuliah, motivasi kuliah, kata motivasi kuliah

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon