Sunday, 29 October 2017

11 Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar

Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar_ Skripsi merupakan tugas akhir seorang mahasiswa tingkat strata satu (S1) guna meraih gelar sarjana, skripsi sendiri merupakan suatu karya ilmiah yang disusun secar sistematis dan biasanya penyusunannya berpedoman pada ketentuan dari kampus masing-masing.

11 Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar

Tidak sedikit mahasiswa yang terkendala dalam menyusun skripsinya, hal tersebut lantaran perencanaan dan eksekusi penyelesaian skripsinya yang kurang baik sehingga berdampak pada molornya waktu penyelesaian tugas skripsi.

Baca juga: 8 Tantangan Berat Saat Kuliah S2

Namun tak jarang pula mahasiswa malah kebingungan dalam menentukan tema atau judul skripsi yang akan dijadikan landasan awal dalam menyusun skripsi, skripsi memang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan kuliahnya.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Memilih judul skripsi yang baik dan benar memang diperlukan analisa yang tepat agar judul/topik skripsi tersebut bisa sesuai ekspektasi dari penyusunnya. Akan tetapi bukan berarti masalah/hambatan yang muncul saat penyusunan skripsi membuat anda menjadi putus asa dalam menyusun skripsi anda.

Apalagi jika anda memilih jalan pintas dengan meminta orang lain untuk menyusun skripsi anda maka hal tersebut sangat tidak saya anjurkan, skripsi adalah karya monumental seorang calon sarjana, maka sangatlah bijak kiranya skripsi tersebut disusun oleh anda sendiri.

Tidak apa hasil karya skripsi anda kurang maksimal asalkan yang menyusunnya adalah anda sendiri, ketimbang skripsi anda dibuatkan oleh orang lain. Dalam tulisan ini saya akan sedikti berbagi bagaimana sih cara memilih judul skripsi yang baik atau dengan kata lain memilih judul skripsi yang bisa cepat selesai. Berikut tips Menentukan topik Skripsi Yang bisa anda jadikan refrensi dalam menyusun skripsi

11 Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar

1. Temukan masalahnya dan tentukan judulnya
Sebagian mahasiswa dalam menyusun skripsi terlebih dahulu dia memilih judul skripsi yang menurutnya baik kemudian melakukan analisa/observasi lapangan, padahal metode tersebut sebenarnya kurang tepat, hal yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu yakni mencari suatu topik permasalahan, topik penelitian yang bisa diangkat menjadi topik/tema/judul  skripsi.

Menentukan suatu topik skripsi yang berasumsi dari suatu masalah membuat anda akan leluasa dalam mengembangkan ide, metode dan solusi dalam penyusunan skripsi anda.

Lain halnya jika anda terlebih dahulu menentukan judul skripsi kemudian baru mencari permasalahan di lapangan karena bisa jadi judul yang pilih tidak memiliki fakta kontekstual di lapangan sehingga, bisa jadi masalah yang dibahas nantinya di dalam skripsi anda adalah masalah yang dibuat-buat/manipulasi.

2. Pilih judul/tema/topik skripsi yang bisa anda selesaikan tepat waktu
Jangan hanya karena ingin dianggap hebat lantas anda memilih judul skripsi yang sebenarnya sangat rumit dan sulit untuk diselesaikan, karena hal tersebut bisa berefek pada rentang waktu penyelesaiannya  yang cukup lama.

Oleh karena itu pertimbangkan alokasi waktu dalam memilih judul skripsi, pilihlah judul skripsi yang bisa anda selesaikan, karena jangan sampai anda memilih judul yang sulit dengan kobinasi beberapa variabel sehingga di tengah proses penyusunan skripsi, anda memilih menyerah dan hendak mengganti judul skripsi, anda tidak mau bukan hal tersebut menimpa anda. Maka dari itu anda dituntut bijak dalam memilih skripsi.

3. Relevan dengan disiplin ilmu anda
Mungkin tips ini sudah anda pahami semua, namun tidak ada salahnya saya membahasnya dalam artikel ini, bahwasanya dalam memilih judul/topik/tema skripsi sebaiknya disesuaikan dengan displin ilmu anda agar anda bisa menjadi lebih expert dalam menyusunnya.

Skripsi yang disusun sesuai dengan displin ilmu anda membuat anda bisa mendapatkan ide, solusi dalam proses penyusunan skripsi anda.

4. Pertimbangkan alokasi dana yang anda punya
Dalam memilih suatu judul skripsi jangan lupa pertimbangkan aspek biayanya karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam menyusun sebuah skripsi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai dari biaya penelitian, print, jilid, dan ujian skripsi.Maka dari itu penulis menyarankan pilih suatujudul srkripsi yang jenis penelitiannya tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

5. Perbanyak turun lapangan
Observasi awal adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum memilih dan menentukan judul skripsi, karena observasi faktual membuat anda kaya akan informasi yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam membuat judul skripsi yang baik.

Semakin sering anda melakukan pengamatan langsung ke lapangan maka ide/gagasan yang mungkin anda temukan akan semakin banyak.

6. Mencari referensi judul melalui skripsi yang telah ada
Jika anda ingin memilih judul skripsi penulis sarankan untuk banyak-banyak membaca skripsi senior-senior anda yang telah menyelesaikan kuliahnya, anda bisa sesekali jalan-jalan ke perpustakaan untuk mencari refrensi.

Anda juga bisa googling dan mencari ide-ide melalui topik-topik skripsi yang sebelumnya sudah ada, ide skripsi bukan hanya dengan membuat hasil karya skripsi yang baru akan tetapi mengembangkan penelitian skripsi yang sudah ada merupakan suatu pilihan logis yang bisa anda lakukan.

7. Rajin ikut menjadi peserta seminar ujian skripsi
Jika selama ini anda berpikir bahwa menemukan pola penyusunan skripsi hanya bisa dilakukan dengan banyak membaca dan observasi lapangan, maka hal tersebut memang tidak salah namun rajin ikut dalam kegiatan seminar skripsi yang sedang dilakukan oleh senior anda bisa menjadi peluang dalam menemukan judul skripsi yang bisa anda teliti.

Melalui kegiatan ujian/seminar skripsi anda akan paham bagaimana pola penelitian, cara menemukan masalah dan solusi yang bisa diterapkan.

8. Perbanyak meminta saran dan masukan
Dalam memilih dan menentukan judul skripsi tidak ada salahnya anda meminta saran dari teman anda atau senior anda yang telah menyelesaikan skripsinya, seperti kata pepatah semakin banyak orang yang berpikir kemungkinan solusi yang bisa didapatkan semakin banyak.

Dan jangan lupakan dosen pembimbing anda, karena dosen pembimbing skripsi yang ditunjuk untuk mebimbing anda dalam proses penyusunan skripsi bisanya sudah expert dalam pengetahuan seputar skripsi, maka dari itu meminta sara dan masukan dari dosen pembimbing adalah hal yang sebaiknya anda lakukan.

9. Pilih beberapa judul skripsi sebagai pilihan alternatif
Dalam memilih judul skripsi, anda jangan lupa menyediakan alternatif/solusi jikalau judul yang anda sudah persiapkan tidak sesuai ekspektasi anda. Caranya mudah saja anda tinggal memilih beberapa judul lain yang baik sebagai cadangan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait judul skripsi yang sudah anda finalisasi.

10. Pilih judul skripsi yang hasil penelitiannya bisa memberi manfaat pada orang lain
Jika kita melakukan sesuatu dengan niat agar hal yang kita lakukan tersebut bisa memberi manfaat untuk orang lain maka yakinlah bahwasanya tuhan akan memberikan anda solusi dalam mengatasi setiap masalah yang menimpa anda dalam proses penyusunan skripsi tersebut.

Mungkin anda akan dapat berbagai tantangan dan rintangan dalam proses penyusnan skripsi anda akan tetapi tuhan akan selalu memperlihatkan jalan keluar/solusi yang benar, karena niat anda pada awalnya yakni ingin membantu orang lain.

11. Rajin membaca jurnal
Jurnal adalah saran terakhir dari penulis bagi anda dalam memilih/menetukan judul skripsi, perbanyak membaca jurnal-jurnal ilmiah karena bisa jadi melalui jurnal tersebut anda akan mendapatkan ide/gagasan dalam penyusunan skripsi anda.

Demikianlah beberapa 11 Cara Memilih dan Menentukan Judul Skripsi Yang Baik dan Benar, penulis sendiri bukannya mau menyombongkan diri, namun saat ini penulis telah menyelasaikan kuliah S2 dan berprofesi sebagai dosen dan dalam penyusunan skripsi dan tesis penulis semuanya dikerjakan sendiri, namun juga senantisa meminta bantuan orang lain “karena tidak ada manusia yang sempurna”, semoga bermanfaat

1 comments so far

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon